5 July 2022

by Glenn Kaonang

Volume Perdagangan NFT Ethereum Turun Drastis di Bulan Juni

Volume perdagangan NFT di blockchain Ethereum turun hingga sebesar 55% pada bulan Juni, akan tetapi jumlah transaksinya cenderung stabil

Lesunya pasar crypto berdampak langsung terhadap pasar NFT. Merujuk pada data dari platform analyticsNansen, Decrypt melaporkan bahwa total volume perdagangan NFT di blockchain Ethereum turun sebanyak 55% sepanjang bulan Juni kemarin, dari 1,3 juta ETH menjadi 584 ribu ETH.

Kalau dihitung dari perspektif dolar, total volume perdagangannya turun sekitar 70% dari $2,6 miliar menjadi $672 juta. Penurunannya lebih signifikan akibat nilai tukar ETH terhadap dolar AS yang terus anjlok hingga 43% dalam sebulan terakhir. Juga ikut memperburuk keadaan adalah tren harga NFT yang cenderung turun.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh CryptoSlam, rata-rata harga NFT Ethereum turun sekitar 71% dari $2.463 di bulan Mei menjadi $703 di bulan Juni. Kalau melihat lima koleksi NFT teratas yang ada di OpenSea saat ini, rata-rata harganya pun cenderung stagnan, dengan pengecualian untuk CryptoPunks, yang mengalami kenaikan floor price sebesar 48%.

Singkat cerita, jumlah uang yang berputar di pasar NFT berkurang drastis selama bulan Juni. Meski begitu, para pegiat NFT sepertinya tidak kehilangan rasa antusiasmenya, sebab jumlah transaksi NFT yang terjadi selama bulan Juni tidak berubah banyak dibandingkan di bulan sebelumnya.

Di bulan Juni, OpenSea mencatat ada 1,476 juta NFT yang terjual di platformnya, hanya terpaut sedikit dari pencapaian di bulan Mei (1,478 juta NFT terjual). Padahal, jumlah transaksi di bulan Mei itu sebenarnya cukup banyak dipengaruhi oleh penjualan NFT dari proyek metaverse besutan kreator Bored Ape Yacht Club, Otherside. Tidak main-main, proyek tersebut mencatatkan volume perdagangan sebesar $561 juta hanya dalam 24 jam pertamanya.

Dilihat dari sudut pandang lain, yaitu jumlah orang yang memperdagangkan NFT, data dari platform analyticsDune menunjukkan bahwa ada kenaikan sebesar 6,5% perihal jumlah pengguna terdaftar yang menjalani setidaknya satu kali transaksi di marketplace OpenSea. Secara keseluruhan, jumlah trader aktif NFT Ethereum turun sekitar 16% dari 422 ribu menjadi 354 ribu.

Jadi meskipun volume perdagangan NFT turun drastis selama bulan Juni, para pegiat NFT rupanya masih terkesan sangat aktif membeli dan menjual koleksinya.

Sumber: Decrypt. Gambar header: Pixabay.