Dark
Light

Virtual Shopping Dengan vsHub

1 min read
April 30, 2010

Belanja online memang sedang nge-trend di Indonesia, hampir bisa dipastikan tahun depan behavior pengguna Internet di Indonesia sudah mulai bergeser dan mulai sering berbelanja melalui internet. Terbukti dengan banyaknya startup ecommerce yang launching tahun ini, meskipun hampir semuanya masih memiliki the basic problem of online transaction : payment gateway.

Meski demikian, agaknya masalah ini sudah mulai bisa teratasi dengan masuknya vsHub sebagai salah satu perusahaan ecommerce. vsHub tadinya sudah mulai aktif di beberapa negara di Asia, namun baru-baru ini mulai masuk ke Indonesia untuk melayani transaksi online yang kian nge-trend.

Salah satu strong point dan diferensiasi yang ditawarkan oleh vsHub ini adalah mempermudah orang di Indonesia untuk berbelanja barang online dari vendor di luar negeri. vsHub memfasilitasi orang Indonesia untuk menikmati belanja online di toko online Amerika yang kebanyakan hanya menerima pembelian dari dalam AS saja. Diskon dan promonya pun banyak yang hanya berlaku untuk pelanggan asal AS. Itu satu masalah.

this movie + vsHub could mean disaster šŸ˜€

Masalah lain yang menurut saya paling krusial adalah pengiriman barang (shipment). Beberapa waktu lalu saya belanja sebuah action figure Batman di eBay dan butuh waktu 3 minggu sebelum akhirnya barang sampai ke saya. Itupun sepertinya packaging sudah diacak-acak oleh pihak kepabeanan. vsHub memfasilitasi pengiriman barang sampai 2-3 hari kerja setelah pembayaran sukses dilakukan, ekspress!

Cara kerjanya (menurut asumsi dan bayangan saya) vsHub ini memiliki kantor representative di AS yang, sesuai permintaan anda, akan membeli semua barang yang anda mau di toko online AS dengan memanfaatkan pengiriman domestik (dalam negeri) dan juga diskon serta promo domestik. Setelah barang sampai di kantor representative mereka, barulah dipackage vsHub dan dikirimkan kembali ke Indonesia dengan biaya pengiriman yang lebih murah.

Bahkan, vsHub memilik layanan bernama Concierge yang akan membelikan item apapun yang anda mau menggunakan credit card mereka. Hal ini dikarenakan beberapa toko menolak menerima credit card diluar AS, apalagi Indonesia yang sempat di blacklist karena tingginya kasus carding.

Well, this is one unique ecommerce concept that could actually work! Namun tentu harus terlebih dahulu mengedukasi pasar untuk berbelanja online, seperti yang dilakukan para pioneer situs ecommerce di Indonesia.

Satu lagi concern saya, kok saya belum melihat ada situs ecommerce yang UI-nya friendly ya? Kebanyakan design situs ecommerce kurang nyaman digunakan, masih kurang terstruktur dan dalam kasus vsHub ini saya merasa tampilannya seperti masih setengah jadi. Kurang greget rasanya.

disclosure : this is a paid post. But as always, i keep it objective.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

7 Comments

  1. Belanja secara online melalui internet kebanyakan dilakukan oleh mereka yang sibuk dan terbiasa dengan transaksi melalui internet. Tapi ada baiknya mencoba vsHub ini. Terima kasih atas informasi yang diberikan.

  2. wow..udah lama saya berharap bisa belanja d toko online AS, soalnya d sana banyak barang yang memang unik dan lebi 'mau' tapi suka terkendala sama pengiriman, dll. Mudah2an si vsHub ini beneran ngasi solusi ya..

    Btw, tadi disebutkan belum ada situs ecommerce yang UI friendly ya? jadi penasaran, yang UI friendly maksudnya kaya gmn ya? contohnya?

  3. yang saya penasaran, jika suatu saat portal e-commerce sudah mensupport market Indonesia, kemanakah vsHub akan melangkah?

    anyway, setuju sama point lu. situs e-commerce kok jarang yang UInya “rapih” ya? paling enak dilihat itu ya (in my own opinion) QiosQu.com besutannya stucel :p

  4. Saya membeli kamera dari amazon dan memakai jasa vsHub untuk shipping, memang harga shipping termasuk murah, tapi sdh 3 minggu lebih barang saya ga nongol2!!

    Berapa lama waktu untuk (standard shipment) yang dibutuhkan pengiriman untuk sampe ke indonesia?

    Kenapa bisa begitu ya? saya takut barang saya ilang n ga ada pemberitahuan apa2 sama sekali.
    Dari awal aga ragu mau menggunakan jasa vsHub, karna tidak ada testimoni yang meyakinkan.

  5. Saya punya pengalaman buruk menggunakan jasa vsHUB.

    vsHUB tidak bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan.

    Jangan percaya dengan apa yang mereka janjikan di FAQ mereka.

    Mereka menjanjikan 6-8 hari kerja , itu bull shit. mereka mengantarkan barang saya dlm 28 hari kerja itupun setelah saya mengirimkan email 4 kali menanyakan pengiriman brg saya tanpa balasan dan setelah yg email yg kelima dengan mengancam akan menuntut baru di balas email saya dan brg saya terima seminggu setelahnya.

    Perusahaan ini sangat mengecewakan dan tidak bertanggung jawab dan tidak jujur. Sudah pengirimannya terlambat jauh dari apa yg dijanjikan, saya kehilangan jam tangan, tas tertukar dan gift reward card saya hilang semua.

    setelah saya complain dan dibantu oleh ekspedisi lokal di Indonesia , mereka mengantarkan jam tangan saya yang tertinggal kata mereka. Tapi sampai saat tas dan gift reward saya belum dikembalikan.

    Saya menclaim mereka untuk refund ongkos kirim yg saya keluarkan sebesar Rp 2.976.000 dan free untuk satu invoice saya lagi disana, karena mereka membongkar 6 box barang saya dari toko2 yang berbeda dan mencampur semua barang saya dengan berantakan menjadi satu kardus.

    Point ini melanggar FAQ mereka karena dalam FAQ mereka tidak menerima pengemasan ulang dan akan mengirimkan dalam kardus resmi yg dikirimkan dari toko dan mengharuskan konsumen untuk menbayar full dalam ukuran metrix kardus-kardus tersebut.

    berikut point FAQ yang saya ,maksudkan:

    FAQ
    Pengiriman

    1. Kapan saya akan menerima pesanan saya setelah saya melakukan pembayaran?
    Setelah pembayaran dilakukan, barang-barang Anda akan dikirimkan dalam jangka waktu 6 ā€“ 8 hari kerja untuk Standard Shipment dan 2 ā€“ 3 hari kerja untuk Express Shipment.
    2. Dapatkah Anda mengemas kembali barang-barang saya menjadi kotak dengan ukuran yang lebih kecil?
    Kami tidak menerima pengemasan ulang: Semua barang akan dikirimkan dalam kemasan aslinya dari penjual.

    Setelah saya mendesak mereka unutk menyelesaikan , pada tgl 14 Januari saya mendapat telp dari orang yang mengatasnamakan dari vsHub , dia menyatakan akan menganti ongkos kirim saya dan tas saya pada hari senin tgl 17 januari 2011, tapi sampai saat ini tidak ada sama penggantian sama sekali.

    Bahkan saya mendapatkan email dari mereka tgl 17 Januari 2011 bahwa mereka akan memberikan discount 5% untuk invoice saya berikutnya yang sudah saya bayarkan full pada tanggal 13 januari 2011 dan tidak membahas sama sekali refund yang mereka janjikan dan akan menganti tas saya dengan sejumlah uang. Tas itu bahkan sudah bisa dibeli lagi karena sudah sold out.

    Perusahaan ini , bener2 bull shit.

  6. saya akan terus menposting postingan yang sama ini di semua tempat yang memungkinkan biar semua orang tahu bahwa perusahaan ini tidak bisa dipercaya. Saya punya semua dokumentasi email dan yang berhubungan dgn apa yang saya posting ini.

  7. sudah berkaliĀ² email saya tidak ditanggapi, saya sudah update email di account HD000951
    padahal ada 4 barang saya dialamat US, dan saya mau melakukan pembayaran untuk menarik barang saya
    bagaimana ini ? apakah saya masih harus percaya kepada vshub.com
    sedangkan saya telfon ke nomer +65 6242 9469. tidak pernah ada jawaban
    tolong update sekali lagi untuk order 1072
    dan saya akan menarik barang saya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Fitur Baru LinkedIn: Company Follow

Next Story

Twiterus Hidup Kembali. Bersama Indo.com.

Latest from Blog

Don't Miss

Blibli Resmi Buka BliBli Store, Toko Integrasi Online dan Offline

Blibli saat ini resmi membuka tokoĀ offline-nya. Pembukaan toko fisik ini

Perjalanan Satu Dekade Startup Indonesia: Kian Beragam dan Inovatif

Istilah ā€œRoma tidak dibangun dalam semalamā€ mungkin tepat disematkan pada