Babak Kualifikasi Eropa Barat dari The International Jadi yang Terpopuler

Sementara babak kualifikasi untuk Asia Tenggara jadi babak kualifikasi terpopuler ke-2

The International 2022, kompetisi esports tahunan terbesar Dota 2, akan dimulai pada awal Oktober mendatang. Dan babak kualifikasi untuk The International tahun ini pun sudah selesai digelar di berbagai kawasan, mulai dari Amerika Utara, Tiongkok, sampai Asia Tenggara. Walau, masih ada satu kesempatan lagi bagi tim-tim esports untuk mendapatkan tiket ke The International, yaitu pada Last Chance Qualifier, yang akan digelar pada 8 Oktober 2022.

Berikut data viewership untuk setiap babak kualifikasi regional dari The International 2022, menurut data dari Esports Charts.

Eastern European Qualifiers

Empat belas tim dari Divisi 1 dan 2 Dota Pro Circuit 2021/2022 bertanding dalam The International 11 Eastern European Qualifiers. Babak kualifikasi itu menggunakan sistem Double Elimination.

Babak Grand Final dari Eastern European Qualifiers mempertemukan Outsiders dengan BetBoom Team. Setelah mengalahkan Outsiders dengan skor 3-0, BetBoom Team keluar sebagai juara dan mendapatkan tiket untuk bertanding di The International. Sementara itu, Outsiders dan Natus Vincere -- yang ada di peringkat ke-2 dan ke-3 -- mendapatkan kesempatan untuk berlaga di Last Chance Qualifier.

Viewership dari Eastern European Qualifiers. | Sumber: Esports Charts

Babak kualifikasi The International 2022 untuk kawasan Eropa Timur berhasil mengumpulkan 5,8 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari kompetisi itu mencapai 109 ribu orang.

Pada puncaknya, ada 266 ribu orang yang menonton babak kualifikasi ini. Menariknya, babak yang menarik perhatian paling banyak penonton bukanlah babak Grand Final, tapi pertandingan antara NAVI dan Outsiders di Winners Bracket. Meskipun begitu, BetBoom tetap menjadi tim paling populer sepanjang turnamen. Mereka mendapatkan total hours watched sebanyak 2,27 juta jam.

Siaran dalam Bahasa Rusia menjadi siaran terpopuler dari Eastern European Qualifiers, dengan jumlah peak viewers sebanyak 182,8 ribu orang. Sementara itu, Twitch merupakan platform streaming terpopuler untuk menonton babak kualifikasi ini. Di platform streaming itu, jumlah peak viewers dari Eastern European Qualifiers mencapai 220,5 ribu orang.

South America Qualifiers

Babak kualifikasi untuk Amerika Selatan dari The International digelar bersamaan dengan babak kualifikasi untuk Eropa Timur. Di kompetisi tersebut, ada 12 tim dari Divisi 1 dan 2 DPC 2021/2022 yang ikut serta. Sama seperti Eastern European Qualifiers, babak kualifikasi Amerika Selatan juga menggunakan sistem Double Elimination. Babak Grand Final dari kompetisi tersebut mempertemukan Infamous -- yang tidak pernah kalah satu kali pun -- dan Hakori. Namun, pada akhirnya, Hakori berhasil mengalahkan Infamous dengan skor 3-0.

Viewership dari South America Qualifiers. | Sumber: Esports Charts

South America Qualifiers mendapatkan 1,4 juta jam hours watched. Sementara itu, jumlah penonton rata-rata dari babak kualifikasi tersebut mencapai 26,7 ribu orang, dengan jumlah peak viewers mencapai 85,2 ribu orang.

Pertandingan paling populer dari South America Qualifiers merupakan pertandingan antara Infamous dan Hakori di babak Grand Final. Hakori juga menjadi tim terpopuler di sepanjang turnamen ini. Tim itu berhasil mendapatkan total hours watched sebanyak 564 ribu jam.

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 30,5 ribu orang, siaran dalam Bahasa Spanyol menjadi siaran paling populer, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Inggris, yang mendapatkan peak viewers sebanyak 26,7 ribu orang. Twitch masih menjadi platform streaming favorit untuk menonton babak kualifikasi ini.

North American Qualifiers

North American Qualifiers digelar setelah babak kualifikasi untuk Tiongkok selesai. Babak kualifikasi untuk Amerika Utara itu diikuti oleh 12 tim, dengan setengah tim berasal dari Divisi 1. Di babak Grand Final, Soniqs mengalahkan tim nouns dengan skor 3-0. Dengan begitu, Soniqs akan bisa ikut serta dalam The International 2022.

Viewership dari North American Qualifiers. | Sumber: Esports Charts

Secara total, babak kualifikasi untuk kawasan Amerika Utara ini mendapatkan 1,5 juta jam hours watched. Dari segi jumlah penonton rata-rata, kompetisi tersebut mendapatkan 29,8 ribu orang. Sementara jumlah peak viewers mencapai 81,2 ribu orang. Babak Grand Final menjadi babak terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 74,3 ribu orang. Selain keluar sebagai juara, Soniqs juga berhasil meraih gelar tim terpopuler, baik dari segi hours watched maupun average viewers.

China Qualifiers

Kompetisi China Qualifiers diikuti oleh 13 tim dari Divisi 1 dan Divisi 2. Royal Never Give Up (RNG) berhasil keluar sebagai pemenang dari babak kualifikasi ini, setelah mengalahkan Xtreme Gaming dengan skor 3-0 di babak Grand Final. Sementara itu, Vici Gaming meraih gelar sebagai juara ke-3. Dengan begitu, Xtreme Gaming dan Vici Gaming akan bertanding di Last Chance Qualifier, yang digelar pada 8-12 Oktober 2022.

Untuk viewership dari China Qualifiers, Esports Charts mengungkap bahwa mereka tidak akan menyertakan data dari platform streaming Tiongkok. Alasannya, karena data dari platform streaming game itu dianggap kurang bisa dipercaya. Menurut data dari Esports Charts, China Qualifiers mendapatkan 2,6 juta jam hours watched, dengan jumlah average viewers sebanyak 52,4 ribu orang dan peak viewers sebanyak 138,6 ribu orang.

Viewership dari Chinese Qualifiers. | Sumber: Esports Charts

China Qualifiers mencapai jumlah penonton tertinggi dalam pertandingan antara RNG dan Xtreme di babak Grand Final. Kedua tim itu juga merupakan dua tim terpopuler di babak kualifikasi dari The International untuk Tiongkok. Xtreme memiliki 75 ribu average viewers, sementara jumlah average viewers yang didapat dari RNG hanya 5 ribu orang lebih sedikit.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, China Qualifiers untuk The International 2022 lebih sukses. Buktinya, babak kualifikasi Tiongkok di tahun ini memiliki total hours watched 45% lebih banyak dari tahun lalu. Sementara jumlah average viewers naik 23%. Hanya saja, jumlah peak viewers dari babak kualifikasi Tiongkkok mengalami sedikit penurunan, yaitu sekitar 6%.

Western Europe Qualifiers

Western Europe dan Southeast Asia Qualifiers adalah dua babak kualifikasi terakhir untuk The International 2022. Di babak kualifikasi untuk Eropa Barat, Entity keluar sebagai juara. Sepanjang Western Europe Qualifier, tim Dmitry "Fishman" Polishchuk itu berhasil mengalahkan sejumlah tim ternama, seperti Alliance, Team Liquid, dan Team Secret. Tak hanya itu, mereka juga tidak pernah sekalipun kalah. Peringkat ke-2 dan ke-3 diduduki oleh Secret dan Liquid, yang akan mendapatkan kesempatan untuk bertanding di Last Chance Qualifier demi tiket ke The International.

Viewership dari Western Europe Qualifiers. | Sumber: Esports Charts

Babak kualifikasi untuk Eropa Barat mendapatkan 9,6 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari turnamen itu mencapai 151,2 ribu orang. Pada puncaknya, jumlah peak viewers dari Western Europe Qualifiers mencapai 342,7 ribu orang. Jika dibandingkan dengan babak kualifikasi dari kawasan lain, angka peak viewers yang didapat oleh Western Europe Qualifiers ini adalah yang tertinggi.

Walau tidak juara, Team Secret berhasil menjadi tim paling populer. Tim tersebut memberikan kontribusi sebanyak 51% pada total hours watched dari Western Europe Qualifiers. Sementara jumlah penonton rata-rata dari tim itu mencapai 204 ribu orang. Beberapa tim lain yang menarik perhatian penonton adalah Brame, Nigma Galaxy, Entity, dan Liquid.

Southeast Asia Qualifier

Dari Southeast Asia Qualifier, Talon Esports keluar sebagai juara. Tim tersebut berhasil melaju ke babak Grand Final tanpa kalah, setelah mengalahkan Lilgun, Polaris Esports, dan T1. Walau pertandingan dengan T1 berjalan alot, Talon tetap keluar sebagai juara dan mendapatkan tiket ke The International, dengan skor 3-2. Dengan ini, T1 dan Polaris harus bertanding di Last Chance Qualifier untuk memperebutkan slot di The International 2022.

Viewership dari Southeast Asia Qualifier. | Sumber: Esports Charts

Babak kualifikasi untuk Asia Tenggara ini mendapatkan 5 juta jam hours watched, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 86,7 ribu orang. Sementara peak viewers dari kompetisi tersebut mencapai 288,4 ribu orang. Angka itu tercapai pada babak final Lower Bracket, yang mempertemukan Talon dan T1. Dengan ini, Southeast Asia Qualifiers menjadi babak kualifikasi dengan jumlah penonton terbanyak ke-2.

Meskipun T1 hanya menjadi runner-up, mereka merupakan tim terpopuler sepanjang Southeast Asia Qualifiers. Tim itu mendapatkan jumlah penonton rata-rata sebanyak 172 ribu orang. Empat tim esports terpopuler lainnya adalah Talon Esports, Polaris, RSG, dan XctN.

Sumber header: Win.gg