24 September 2022

by Galih

Youtuber Dunkey Dirikan Perusahaan Publisher Indie sendiri, Bigmode

Dunkey ingin lebih banyak game indie bagus dapat lahir

Nama Videogamedunkey dikenal sebagai salah satu YouTuber gaming veteran yang masih aktif hingga sekarang. Namun YouTuber pecinta game-game Nintendo ini kini akan memasuki dunia baru, yaitu publikasi video game.

Dalam pengumuman terbarunya, YouTuber yang dikenal dengan panggilan Dunkey ini membuat video khusus yang berjudul "My Indie Game Publishing Company". Dalam video tersebut dirinya mengumumkan perusahaan publishing-nya yang diberi nama Bigmode.

Dunkey pun menjelaskan tentang dirinya yang telah memiliki pengalaman 11 tahun di industri video game. Pria bernama asli Jason Gastrow pun dengan bangga mengatakan bahwa dirinya telah menjajal berbagai game indie dan mempopulerkannya ke pasar mainstream.

Bersama sang istri Leah Gastrow, Bigmode Games pun diluncurkan untuk secara profesional dapat mempublikasikan game-game indie tersebut. Publikasi itu juga menjadi "Segel Persetujuan" untuk para gamer bahwa game tersebut telah memenuhi standar dari Dunkey.

Dunkey pun mengajak para developer game indie untuk memasukkan game mereka ke dalam Bigmode. Dunkey memastikan bahwa dirinya  tidak akan mencampuri proses kreatif dari para developer indie ini nantinya.

Tapi Dunkey menjelaskan bahwa dirinya tetap ingin terlibat dalam proses pengembangannya, karena dirinya lelah hanya bisa menunggu hingga game bagus tersebut muncul. Maka dari itu ia akan membantu game-game bagus tersebut dapat berhasil secara komersil.

Lucunya, bila melihat langsung ke dalam website dari Bigmode Games, maka terlihat bahwa mereka mencari para developer yang menyenangkan, faktual, original, bersemangat dan artistik. Bigmode juga menjelaskan bahwa para developer yang ingin mendaftar harus punya visi yang jelas dan kuat.

Sebagai publisher, Bigmode juga menawarkan beberapa pilihan jasa mulai dari pendanaan, dukungan pengembangan, manajemen komunitas dan PR, QA, porting, pelokalan, dan bahkan merchandising.

Untuk sekarang, Bigmode Games memang masih belum memiliki proyek game yang tengah dinaungi. Namun rasa skeptis ternyata sudah muncul dari para developer indie, ataupun para

">pengamat industri video game.

Hal tersebut dikarenakan sebuah publisher tidak bekerja sesederhana kurasi game semata. Akan ada tugas berat yang harus dihadapi seperti pemasaran, negosiasi dengan platfrom, penjualan, pengiriman, mengatur channel distribusi, hingga memecahkan berbagai masalah yang nanti muncul setelah game-nya diluncurkan.