Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Versi Remake dari Transport Tycoon, OpenTTD, Bisa Dimainkan Gratis Lewat Steam

3 April 2021Yabes Elia

Jika Anda bercita-cita ingin membangun jalan, lengkap dengan moda transportasi udara, darat, dan laut, mungkin Anda harus memainkan game yang satu ini. OpenTTD adalah versi remake dari Transport Tycook Deluxe yang open-sourced. Karena itu, Anda bisa mengunduh dan memainkannya gratis dari Steam atau dari laman resminya di tautan ini yang bisa dimainkan di Windows, Mac, ataupun Linux. Jika Anda tertarik melihat jeroannya, Anda juga bisa melihat source code-nya di GitHub.

Walaupun grafisnya memang jadul, game ini memiliki sistem pembangunan dan manajemen yang sangat komprehensif yang menjadikannya salah satu yang terbaik di genre ini.

OpenTTD sendiri sebenarnya bukan singkatan, setidaknya secara resminya, namun di laman Steam, deskripsi game terlihat lebih gamblang. “(Game) ini adalah game simulasi bisnis yang memungkinkan pemain mendapatkan uang dengan mengangkut para penumpang lewat moda transportasi darat, air, ataupun udara. (Game) ini adalah versi open-source dari remake dan ekspansi game Transport Tycoon Deluxe dari Chris Sawywer di tahun 1995.”

Image Credit: OpenTTD
Image Credit: OpenTTD

OpenTTD sebelumnya membutuhkan copy dari Transport Tycoon Deluxe karena menggunakan suara dan artwork-nya namun sekarang game ini sudah memiliki alternatif yang terikat dengan hak cipta. Jadi, Anda bisa langsung mengunduh dan memainkannya.

Bersamaan dengan rilisnya game ini di Steam, sang developernya juga mengeluarkan update 1.11 yang diklaim memberikan peningkatan performa, memperbaiki versi Mac, dan mengubah sejumlah aspek lainnya. Anda bisa melihat patch note-nya di tautan ini.

Game-game remake buatan fans sebenarnya memang tidak sedikit di luar sana — apalagi mengingat tren developer dan publisher game yang kian langka mengeluarkan franchise baru. Namun tidak banyak gamegame tersebut yang dirilis di platform resmi macam Steam, karena mungkin terkait dengan hak cipta/distribusi dari game aslinya. Apakah dengan masuknya OpenTTD di Steam, kita akan melihat lebih banyak lagi game open-source di sana? Hal ini dapat memiliki imbas yang positif karena harusnya ada lebih banyak orang yang bisa menikmati gamegame legendaris klasik yang gratis (dan tidak berusaha memiskinkan para pemainnya) seperti OpenTTD.

 

 

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV