19 August 2022

by Dimas Galih W.

Versi Global ColorOS 13 Diluncurkan, seri OPPO Reno8 Dipastikan Bisa Upgrade tahun ini

Berbasis Android 13, ColorOS 13 baru menampilkan Desain Aquamorphic. OPPO Janjikan Reno8 Series menerima versi Beta pada Tahun ini

Secara resmi, OPPO meluncurkan sistem operasi terbaru berbasis Android, ColorOS 13, kepada pengguna global. ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13 sekaligus memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang ringkas dan nyaman. ColorOS 13 yang baru diluncurkan ini mencakup serangkaian fitur baru untuk koneksi multi-perangkat. Dan ternyata, seri Reno8 adalah salah satu perangkat yang akan menerima pembaruan ColorOS 13 di tahun ini. Apa saja yang baru dari ColorOS 13?

ColorOS 13: Whats New

OPPO telah memperkenalkan desain aquamorphic baru ke ColorOS 13 yang terinspirasi oleh air. Antarmuka baru ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih intuitif melalui integrasi efek aquamorfik yang berbeda ke dalam animasi sistem, UI, dan mesin animasi quantum dengan prediksi perilaku baru untuk memberikan kontrol penuh pengguna. Selain itu, seri gambar Always-On Display baru disebut “Homeland”, menggambarkan kehidupan hewan liar di alam dengan animasi yang mengungkapkan perubahan di rumah tempat hewan hidup, berdasarkan perubahan suhu harian untuk meminta pengguna memperhatikan perubahan iklim dan bumi.

Pada UI baru ini juga terdapat Dynamic Computing Engine, solusi teknis tingkat ansistem pengembangan sendiri untuk menghadirkan sistem yang lebih mulus dan stabil serta peningkatan menyeluruh untuk pengalaman pengguna. Mesin ini menghadirkan dua peningkatan besar pada ColorOS 13, termasuk peningkatan masa pakai baterai dan kemampuan untuk membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Dynamic Computing Engine meningkatkan penjadwalan sumber daya perangkat keras untuk memperpanjang masa pakai baterai dengan mencapai keseimbangan antara kinerja tinggi dan konsumsi daya rendah. Hal tersebut juga sekaligus menjaga lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang, memungkinkan untuk beralih di antara beberapa aplikasi tanpa mengalami kelambatan saat beralih.

Salah satu pembaruan terbesar yang tiba di ColorOS 13 adalah Multi-screen Connect. Fitur ini sekarang mendukung konektivitas tanpa batas antara smartphone dan OPPO Pad Air, dan antara smartphone dan PC, meningkatkan produktivitas dan kenyamanan melalui file transfer yang mendukung lebih banyak format file tanpa batasan perangkat keras. Pengguna yang menghubungkan smartphone mereka ke PC melalui Multi-screen Connect juga akan mendapat manfaat karena dapat menampilkan beberapa aplikasi seluler secara bersamaan di layar PC.

ColorOS 13 mengintegrasikan fitur perlindungan privasi yang secara otomatis menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat, mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware. Selain itu, dengan fitur Nearby Wi-Fi, pengguna dapat menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi lokasi tertentu.

Teknologi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO, Pikselasi Otomatis dapat mengenali dan mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar obrolan secara otomatis dengan satu ketukan, dan Brankas Pribadi terbaru dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan (AES) yang banyak digunakan untuk memberikan tingkat keamanan. ColorOS 13 memberikan perlindungan privasi dan keselamatan yang dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

OPPO Reno  Series Sudah pasti kebagian

OPPO berencana untuk memperbarui hampir 35 model smartphone dalam setahun, yang mencakup lebih dari 60 negara dan wilayah, dan sebanyak 160 juta pengguna. Peluncuran ini akan dimulai dengan Find X5 Pro dan Find X5 hari ini dengan rilis resmi ColorOS 13. Sementara, Reno8 Series yang beredar di Indonesia yakni Reno8 Pro 5G akan mendapatkkan versi Beta pada September, disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO kemudian akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

Jadi, pengguna OPPO Reno8 di Indonesia harus sedikit bersabar. Yang pasti, sistem operasi Android 13 serta berbagai fitur yang hadir di ColorOS 13 akan bisa dirasakan sebelum tahun 2022 berakhir.