Dark
Light

Usung Semangat ‘Jiwa Muda’, Meizu M2 Note Coba Tembus Pasar Smartphone Mid-Range

2 mins read
August 7, 2015

Kecuali bagi Anda yang gemar menikmati musik dan video secara mobile, nama Meizu mungkin kurang begitu familier. Didirikan Jack Wong 12 tahun silam, Meizu awalnya memang fokus pada produksi MP3 dan MP4 player. Tapi mungkin karena fungsi player musik mulai tergeser oleh kemunculan smartphone, Meizu memutuskan buat turut bermain di lini itu.

Bahkan sebelum masuk secara resmi ke Indonesia, reputasi Meizu pelan-pelan terdengar. Harga ekonomis, performa tinggi, dan output suara berkualitas merupakan sedikit contoh hal positif yang sering diucapkan para penggunanya. Kini mereka masuk dalam daftar sepuluh produsen handset terbesar di China. Dan pada tanggal 6 Agustus lalu, buat pertama kalinya Meizu melangkahkan kaki ke Indonesia lewat device bernama M2 Note, dibantu situs online shopping Lazada untuk proses pemasarannya.

Meizu M2 Note 08

Meizu M2 Note ditujukan untuk menyerbu pasar handset kelas middle-range. Ia adalah penerus M1 Note walaupun tidak diramu dengan jeroan top-end semisal seri MX. Dalam presentasi mereka, tim Meizu beberapa kali menyebutkan bahwa M2 Note disiapkan bagi generasi muda (atau konsumen ‘berjiwa muda’). Argumen tersebut tercermin dari penampilan luarnya.

Meizu M2 Note 07

Smartphone mengusung rancangan jenis unibody bermaterial polikarbonat. Meizu M2 Note sangat cocok untuk mereka yang menginginkan desain simpel dan tidak bertele-tele. Layar 5,5-incinya dibingkai frame hitam, diikuti tubuh bersudut membulat, lalu sisi pinggirnya melengkung seimbang hingga bagian datar pada punggung. Ada tiga tombol fisik di sana: power, volume, dan tombol berbentuk kapsul di tengah bernama mBack.

Meizu M2 Note 02

Info menarik: Meizu MX5 Bukan Lagi Misteri, Dikemas Apik dengan Balutan Layar 5,5 Inci

Meizu M2 Note 11

mBack mempunyai dua peran – tap untuk back, dan tekan buat kembali ke tampilan home. Menurut Deputy GM Meizu Technology Raymond Kwok, tombol multi-fungsi di tengah tersebut memastikan supaya navigasi konten jadi jauh lebih mudah. Di handset berlayar 5-inci lebih (M2 Note sudah dikategorikan sebagai phablet), biasanya jempol kita kesulitan meraih tombol di sisi yang berseberangan dengan tangan.

Meizu M2 Note 03

Karena berbahan dasar plastik, bobot M2 Note sangat ringan, hanya 149 gram. Namun seberapa enteng-kah 149 gram? Kwok menganalogikannya lewat sebuah ilustrasi: rasanya seperti mengeluarkan tangan Anda dari jendela mobil saat berkendara di kecepatan 60 kilometer per jam. Bagian menarik lain dari Meizu M2 Note terletak pada layar. Produsen menyuguhkan display beresolusi full-HD 1080p dengan kepadatan 400ppi lebih, diklaim melewati level Retina Display.

Meizu M2 Note 04

Demi mentenagai M2 Note, Meizu mengusung system-on-chip Mediatek MT6753, menyimpan prosesor quad-core 64-bit Cortex-A53 1,2GHz, GPU Mali-T720MP3, RAM 2GB, ditambah memori internal 16GB (ekspansi hingga 128GB via slot SIM 2), dan mengambil tenaga dari baterai 3.100mAh non-removable. Handset juga telah mendukung TDD-LTE dan FDD-LTE 4G.

Info menarik: Meizu M2, Smartphone ‘Wah’ Berharga Ramah

Meizu M2 Note turut dilengkapi sebuah kamera utama bersensor Samsung CMOS 13-megapixel, plus dual LED flash, serta kamera depan 5-Mp dengan fitur FotoNation ala ‘beautify‘.

Meizu M2 Note 05

Seperti sejumlah brand smartphone asal Tiongkok, M2 Note juga dibekali platform versi forked dari Android (5.1), yaitu FlyMe OS 4.5. Di China sendiri, adopsinya sudah cukup luas, dipakai lebih dari 20 juta jiwa. Platform ini dijanjikan akan memperoleh update konstan setiap bulan, dan kompatibel ke beragam device dalam ekosistem Connect To Meizu – meliputi wearable, audio system, hingga headset virtual reality.

Meizu M2 Note 06

Raymond Kwok sempat membahas inovasi teknologi mobile di Meizu, salah satunya berupa output audio high fidelity berkat amplifier dan DAC (digital-to-analog converter) canggih. Tidak mengherankan mengingat bidang suara dahulu merupakan spesialisasi mereka. Tapi sayang sekali kemampuan tersebut tidak ditawarkan dalam Meizu M2 Note, cuma terdapat di varian andalan seri MX.

Melalui press release, Director of Business Cooperation Ross Wang menuturkan bagaimana penggunaan mudah dan intuitif ialah aspek yang dipertimbangkan konsumen Indonesia ketika mencari smartphone, dan ini alasannya mengapa M2 Note dihadirkan di nusantara. Apalagi ia ditopang kombinasi desain apik dan harga terjangkau.

Meizu M2 Note 09

Gerbang pendaftaran pemesanan Meizu telah dibuka di Lazada. Smartphone dijajakan seharga Rp 2 juta untuk tipe 16GB berwarna abu-abu, dan dapat dibeli tanggal 14 Agustus 2015 nanti. Varian lainnya akan segera menyusul…

Previous Story

Intel Rilis Dua Prosesor Tahan Banting untuk Para Gamer

Next Story

Lewat Facebook Mentions, Facebook Juga Hadirkan Fitur Live Streaming

Latest from Blog

Don't Miss

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Belajar Mobile Photography, Kiat Memotret dengan Kamera Smartphone

Mobile photography adalah salah satu skill penting yang perlu dikuasai
Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,