Dark
Light

Urbanesia Persiapkan Fitur Baru dan Akan Rilis API

1 min read
November 12, 2010

[blackbirdpie url=”http://twitter.com/Betanesia/status/28705216448″]

Urbanesia kini punya akun Twitter khusus yang memberikan informasi seputar berbagai fitur yang sedang dikembangkan, diuji atau yang akan dirilis secara publik, akun tersebut bernama @betanesia. Dari akun ini juga muncul kabar bahwa Urbanesia sedang mengembangkan fitur baru bernama Panoramic View.

Tweet yang menyebutkan uji fitur ini sebenarnya muncul akhir bulan Oktober yang lalu, saya sendiri pertama kali mengetahui fitur ini dari blog pribadi Tista, CIO dari Urbanesia. Panoramic view merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat foto secara 360 derajat dari lokasi tertentu yang ada di dalam direktori Urbanesia.

Saat ini, Urbanesia menyediakan fasilitas ini untuk lokasi Taman Mini Indonesia, ada dua foto yang bisa memberikan pemandangan 350 derajat, foto yang satu statis dan foto yang satu lagi bergerak otomatis untuk memberikan gambaran lokasi secara 360 derajat. Untuk mencoba melihat bagaimana fitur ini bekerja, Anda bisa menuju tautan ini.

Cara kerja Panoramic View ini adalah, klik pada foto tersebut lalu gunakan scroll untuk melihat tampilan foto secara 360 derajat, Anda bisa melihat ke atas foto, kiri dan kanan, terdapat pula fasilitas zoom-in dengan menggunakan tombol ‘shift’ serta zoom-out dengan menggunakan tombol ALT/Command untuk Mac.

Tambahan fitur yang cukup menarik bagi saya, fitur ini menggunakan teknologi Flash, meskipun proses unggah fitur ini agak lama ketika membuka halaman pertama kali, namun untuk kelengkapan informasi atas sebuah lokasi atau direktori tertentu di Urbanesia, saya pikir ini bisa menjadi fitur yang cukup menarik bagi para pengunjung situs Urbanesia dan juga pemiliki lokasi, terutama jika memang lokasi yang disediakan fasilitas ini memiliki bagian interior atau elemen desain yang akan tampak lebih menarik jika foto lokasi bisa dijelajah secara 360 derajat, seperti misalnya mall yang memiliki banyak elemen desain atau fasilitas yang akan tampak menarik jika dilihat secara menyeluruh.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang apakah fitur ini akan dirilis untuk umum dan ditempatkan pada semua direktori Urbanesia, saya mencoba mencari beberapa lokasi lain, sepertinya memang baru halaman Taman Mini Indonesia Indah saja yang memiliki fitur ini.

[blackbirdpie url=”http://twitter.com/tista/status/2756273745436673″]

Satu lagi berita baik bagi para pengembang yang telah menantikan rilis resmi API dari Urbanesia, kemarin Tista mengumumkan lewat Tweet-nya bahwa Urbanesia akan segera merilis API Urbanesia. API ini juga akan dirilis lewat Betanesia yang menjadi semacam labs untuk pengembangan fitur Urbanesia.

Seperti juga tentang Panoramic View, belum ada penjelasan resmi tentang detail API dari Urbanesia ini, saya mencoba mengontak Tista untuk mendapatkan informasi tambahan, dan akan membagikannya dengan pembaca DailySocial setelah mendapatkan jawaban.

Well, setelah Koprol yang akan merilis API mereka, kini Urbanesia juga akan memberikan fasiltas API bagi para developer yang membutuhkan, sepertinya, tahun depan akan dihiasi dengan semakin ramainya para perusahaan internet lokal yang melakukan rilis API, salah satu yang saya tunggu untuk merilis API mereka adalah Kaskus. 🙂

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Digg Luncurkan Fitur Baru: Breaking News

Next Story

RIM dan Strateginya di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Playground Web3 platform

Playground Hadirkan Platform untuk Menemukan Proyek dan Game Web3 Terpercaya

Meski kerap menjadi topik pembicaraan dalam setahun terakhir, tren Web3
Indonesia-Miliki-12-Gelar-Unicorn-di-Tahun-2021-Anggota-Baru-Muncul-di-Penghujung-Tahun

Indonesia Miliki 12 Gelar Startup Unicorn di Tahun 2021, Anggota Baru Muncul di Penghujung Tahun

Penghujung tahun 2021 memberikan kejutan kepada para pelaku dan startup