Dark
Light

Urbanesia Mulai Rilis Fitur Baru dan Beberapa Rencana Mereka ke Depan

2 mins read
June 11, 2010

Apakah anda salah satu dari sekitar 94 orang yang hadir di StartupLokal meetup kemarin di Jakarta? Jika iya, pasti anda sempat melihat jadwal event ini di salah satu halaman web event Urbanesia. Well, ternyata itu adalah salah satu fitur terbaru yang sedang dikembangkan oleh Urbanesia.

Selina dari Urbanesia menjelaskan bahwa konsep event di Urbanesia ini adalah kerterkaitan antara event dan business profile. Jadi kalau anda punya akun di Urbanesia dan mampir ke halaman event, maka ketika anda menuliskan keyword di form lokasi event dan lokasi bisnis dimana event itu diadakan sudah tersedia di Urbanesia, maka informasi alamat dan kordinat latitude-longitude langsung dicatat. Selina menambahkan bahwa fitur event ini intinya, mirip location based search, tapi untuk event.

Salah satu tujuan fitur event dari Urbanesia ini salah satunya sesuai dengan karakter Urbanesia yaitu sebagai directory, jadi nantinya Urbanesia bisa menjadi directory event dari event besar sampai event kecil dan bisa mengkaver berbagai event kecil atau lokal dari pemilik bisnis dan event yang di submit oleh user di berbagai tempat. Ini merupakan situasi yang saling mendukung antara pengguna dan pemilik event, semakin banyak orang yang tau akan sebuah event dan bagi pengguna semakin mudah untuk mencari event sesuai dengan interest atau lokasi yang mereka cari.

Selina juga menjelaskan beberapa kelebihan dari fitur event Urbanesia ini dibandingkan dari layanan event seperti meetup.com atau event di Facebook, antara lain, event di Urbanesia di list berdasarkan kategori, jadi bisa dicari berdasarkan tidak hanya lokasi tetapi juga kategori, lalu keterkaitan antara pemilik bisnis dengan lokasi dimana event itu dilaksanakan, event di Urbanesia akan muncul di kalender host dan juga kalender event.

Kalau anda memperhatikan sebuah event misalnya link event ini, maka di bagian kanan halaman event akan terdapat kalender yang bisa menampilkan foto dari event yang bersangkutan. Untuk fasilitas foto seperti ini, fitur event di Urbanesia juga memungkinkan user untuk melakukan upload foto-foto event yang sudah lewat. Urbanesia juga akan menampilkan event yang menarik di halaman utama dari situs mereka.

Salah satu kelebihan lain yang ditawarkan adalah fasilitas event yang memungkinkan pengguna yang memiliki event berulang atau rutin untuk membuat multiple event dan tetap bisa melakukan perubahan keterangan event di page yang sama, sehingga user juga bisa melihat koleksi foto event-event yang sudah lewat.


Cukup banyak fasilitas yang ditawarkan Urbanesia atas fitur event ini, dan ternyata itu belum cukup, rencana ke depan, mereka akan menambah kemampuan fitur ini sehingga bisa diakses dari Google Calendar, Microsoft Outlook atau iCal. Untuk perkembangan tercepat, minggu depan fitur ini sudah bisa di search di layanan pencarian Urbanesia, berdasarkan nama, kategori atau lokasi.

Bagi saya Urbanesia yang bersifat directory bisa menjadi sesuatu yang besar, apalagi jika data atau tambahan lokasi beserta berbagai fasilitas yang ada bisa diperluas lagi, tidak hanya berkutat secara penuh di Jakarta saja. Dan ternyata mereka berencana untuk itu, karena Urbanesia merancang sistem mereka agar location aware, jadi nanti setelah Urbanesia stabil dan minim bug (kalau anda lihat dibagian kanan situs Urbanesia, mereka saat ini masih dalam taraf beta) maka mereka akan mulai melakukan ekspansi ke kota lain, seperti Bandung, Surabaya, Bali dan Medan. Serta akan mencoba memasarkan ke Singapura, Malaysia, dan Filipina dalam beberapa tahun ke depan, salah satu dukungan akan ekspansi ini sistem mereka juga sudah siap untuk layanan multi-lingual.

Apakah perkembangan fitur baru dari Urbanesia mengindikasikan bahwa startup ini akan menjadi ‘next bing thing’? Dengan investasi dari East Ventures dan mentoring dari mereka, exposure dari acara Echelon kemarin, bukan hal yang tidak mungkin Urbanesia akan berkembang pesat, meskipun saingan untuk layanan directory tidak sedikit. Dan tentu saja kita harus juga melihat perkembangan Urbanesia ke depan seperti apa.

Bagaimana dengan pendapat anda atas fitur event Urbanesia ini, serta kemungkinkan perkembangan apa yang bisa mereka lakukan? Dalam wawancara untuk menyusun artikel ini Selina juga mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan fitur baru bila ada masukan dari user, jadi anda tentu bisa mengusulkan fitur baru untuk layanan mereka di kolom komentar.

Artikel ini diolah dari wawancara yang saya lakukan dengan Urbanesia lewat email, salah satunya dengan Selina-Urbanesia.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Kini Anda Sudah Bisa Pasang Foto di Google Homepage

Next Story

Match Move Games Partnership Dengan Portal Berita Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Playground Web3 platform

Playground Hadirkan Platform untuk Menemukan Proyek dan Game Web3 Terpercaya

Meski kerap menjadi topik pembicaraan dalam setahun terakhir, tren Web3

Kiat Tepat Membangun “Growth” Bisnismu Melalui Pengembangan Produk

Banyak cara dilakukan untuk menarik dan meyakinkan orang agar membeli