Dark
Light

Kini Anda Sudah Bisa Pasang Foto di Google Homepage

2 mins read
June 11, 2010

Ketika pertama kali muncul pengumuman dari Google yang meluncurkan fitur untuk mengganti tampilan halaman awal Google dengan foto atau gambar yang kita pilih sendiri, saya menjadi salah satu orang yang penasaran dengan apa yang bisa diberikan dari fitur ini.

Kini fitur ini telah bisa dinikmati oleh para pengguna Google di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dan saya sendiri juga langsung membuka Google.com dan mencoba fitur baru ini.

Well, saya harus bilang fitur ini cukup menyenangkan, dalam arti membuat saya tertarik untuk mencoba, setelah mencobanya terus terang saya menyukainya, tetapi bertahan berapa lama? Saya sendiri tidak yakin apakah saya akan sering mengganti tampilan gambar ini atau membiarkan hanya meng-upload satu gambar saja atau malah menonaktifkan fitur ini setelah beberapa waktu dan tetap pada tampilan ‘klasik’ homepage Google, putih-bersih-polos.

Untuk menikmati fitur ini cukup buka Google dari browser anda, geser mouse atau pointer untuk menampilkan pilihan fitur Google, cek link di pojok kiri bawah untuk pilihan mengganti background image. Akan ada pilihan untuk mengganti gambar yang diambil dari komputer anda, album Picasa anda, galeri yang disediakan Google, serta pilihan Editor yang menampilkan berbagai gambar dari seniman atau pilihan warna polos non putih. Jika anda memilih untuk meng-upload foto dari komputer anda dan memiliki akun di Picasa maka album yang anda pilih ini akan otomatis masuk ke album Picasa milik anda, bahkan anda bisa memilih kategori di mana foto itu akan ditempatkan.

Untuk ukuran foto yang bisa di upload, ketika saya mencoba salah satu foto berukuran kecil, ada notifikasi, foto harus lebih besar dari 800×600 pixels, sedangkan untuk jenis file foto yang bisa di upload adalah JPG, GIF, PNG. Setelah selesai, maka anda langsung bisa menikmati tampilan halaman awal Google dengan koleksi foto atau gambar yang anda punya.

Google telah melengkapi juga dengan pilihan untuk menonaktifkan personalisasi halaman awal ini, dengan klik pilihan di bagian kiri bawah seperti ketika anda melakukan pilihan untuk mengganti background. Rilis internasional untuk fitur ini mengalami ‘masalah’ ketika pertama kali roll-out untuk publik, banyak kritik dari para pengguna Google yang merasa kesal karena ternyata pada peluncuran awalnya. Untuk alasan promosi, Google menampilkan showcase foto yang dipilih oleh Google untuk jangka waktu selama 24 jam.

Namun dari posting resmi di blog mereka, Google beralasan bahwa sebenarnya dalam rilis awal atau semacam masa promosi dari Google background ini akan ditambahkan sebuah link untuk memberikan penjelasan pada pengguna tentang showcase dari pilihan gambar halaman awal Google, namun karena terdapat bug maka link ini tidak muncul, sehingga banyak pengguna yang memprotes karena mengira Google mengganti secara permanen tampilan halaman awal mereka, padahal dari pengumuman minggu sebelumnya Google mengatakan akan ada pilihan jika pengguna menginginkan untuk tetap pada pilihan tampilan ‘klasik’ Google.

Akhirnya Google tidak meneruskan showcase dari gambar pilihan mereka, tetapi langsung memberikan pilihan bagi pengguna yang tetap ingin menggunakan tampilan ‘klasik’. Untuk halaman awal yang menampilkan gambar pilihan pengguna, Google juga menambahkan logo empat bulat kecil diatas logo Google, yang berfungsi untuk melihat ‘doodle’ dari Google yang sedang dipajang.

Karena tidak menambah fungsi pada hasil pencarian, yang merupakah fungsi utama dari Google Search, serta proses uploading gambar yang lebih lama ketika pertama kali membuka halaman awal Google yang sudah dipersonalisasikan, sepertinya fitur ini tidak akan menjadi favorit banyak orang, karena tujuan membuka Google adalah loading yang cepat untuk melakukan pencarian yang cepat pula.

Fitur ini juga tidak memungkinkan anda untuk mengganti foto atau gambar secara langsung, tapi anda harus me-remove dulu gambar yang ada kemudian meng-upload kembali gambar atau foto yang baru. Dan, tentu saja anda harus punya akun Google dan log-in untuk menggunakan fitur penggantian background homepage ini.

Ok, berhubung sudah roll-out untuk publik, saya tentu akan mengajak para pembaca DailySocial untuk mencoba fitur Google ini dan membagi pendapatnya di kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

6 Comments

  1. Cukup kaget juga pas liat fitur ini karena saya mengaksesnya ketika tidak sedang login. bagaimanapun, fitur ini rasanya sebatas “suka2” saja ya, karena saya kalau googling juga lebih sering lewat toolbar / address bar browser :p

  2. saya sih masih bisa menggunakan fitur ini, tapi untuk bulat berwarna khas Google yang ada di atas logo Google seperti contoh di atas sudah tidak ada, jadi kalo mau balik lagi ketampilan 'bersih' kita harus menghilangkan gambar ato foto background…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Fundraising: Pit Stop Strategy ala Tokopedia

Next Story

Urbanesia Mulai Rilis Fitur Baru dan Beberapa Rencana Mereka ke Depan

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan