Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Upgrade Slot NVMe SSD di PlayStation 5 Disertai dengan Beberapa Syarat Rumit

1 August 2021Sean Edbert

Slot NVMe SSD pada PS5 akhirnya diaktifkan oleh Sony melalui update software beta.

Konsol terbaru besutan Sony, PlayStation 5 memang menjadi salah satu konsol yang diidam-idamkan oleh para gamer. Tetapi, banyak orang yang menganggap penyimpanan bawaan sebesar 667,2GB yang dimiliki PS5 terlalu kecil. Jika Anda salah satu dari orang yang menganggap begitu, jangan khawatir, Sony telah menempatkan slot M.2 NVMe SSD tambahan untuk menambah penyimpanan dari PS5. Namun, saat awal rilis, slot SSD tambahan di PS5 ini masih dinon-aktifkan atau dikunci oleh Sony.

Slot SSD PS5 (Image Credit: Sony)

Sekitar 8 bulan setelah debutnya, PlayStation 5 akhirnya mendapatkan update software versi 2.0 yang mengaktifkan slot SSD tambahan. Hal ini diumumkan langsung oleh Sony pada post terbaru di website mereka. Namun, untuk saat ini, update ini hanya bisa diakses oleh pengguna PlayStation 5 yang mengikuti program beta-test Sony di wilayah AS, Kanada, Jepang, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Sony telah memberikan panduan lengkap untuk menambahkan SSD untuk PlayStation 5 di website resmi mereka. Namun, bagi orang yang tidak berpengalaman di bidang per-SSDan, panduan ini kemungkinan akan membuat kepala pusing.

Untuk memasang SSD tambahan, terdapat beberapa persyaratan spesifikasi yang harus dipenuhi. Pertama, SSD harus memiliki interface PCIe Gen4x4 M.2 NVMe SSD. Lalu, kapasitasnya tidak boleh lebih dari 4TB atau kurang dari 250GB. SSD yang akan dipasang juga harus memiliki kecepatan baca lebih dari 5,500MB/s. Dan panjang dari SSD yang bisa digunakan harus 30mm, 42mm, 60mm, 80mm, atau 110mm.

Image Credit: Sony

SSD tambahan untuk PlayStation 5 juga harus memiliki heatsink untuk pendinginan. Anda harus menempelkan sendiri jika SSD tidak memiliki heatsink bawaan.

Jika ingin menambah SSD, Anda juga harus membongkar unit PlayStation 5 kalian sendiri dengan melepas casing luar dan slot SSD harusnya langsung terlihat. Setelah itu, buka tutup slot SSD, pasang SSD yang memenuhi kriteria di atas, rakit kembali PS5 Anda, dan selesai!

Meskipun update ini belum keluar untuk publik, penyimpanan tambahan untuk PS5 akan terwujud untuk semua orang sebentar lagi.

Dari awal, Sony ternyata sudah memperkirakan kekurangan penyimpanan di PS5. Selain slot SSD tambahan, Sony ternyata mengimplementasikan teknologi kompresi file canggih mereka bernama Kraken di PS5. Teknologi Kraken ini diklaim bisa memperkecil ukuran game PS5 hingga 60%. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang teknologi ini di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV