Teknologi Kompresi Canggih "Kraken" Membuat Ukuran Game PS5 60% Lebih Kecil!

Teknologi kompresi file bernama "Kraken" ini sangat berguna untuk menghemat penyimpanan PS5 yang hanya 667,2GB.

PlayStation 5 merupakan console gaming terbaru besutan Sony. Dengan design futuristik, tentu saja teknologi di dalamnya juga canggih. Sony membawa teknologi-teknologi teranyar untuk PS5. Seperti SSD berkecepatan tinggi, real-time Ray Tracing, serta fps yang lebih tinggi untuk game-game baru maupun lama.

Image Credit: Sony

Di balik kelebihan-kelebihannya, console terbaru besutan Sony ini memiliki sebuah kelemahan, yaitu kapasitas NVMe SSD yang kecil. Meskipun SSD NVMe milik PS5 ini menyediakan waktu loading yang cepat, SSD NVMe yang dimiliki oleh PS5 hanya 825GB. Dan yang lebih parah, penyimpanan yang dapat digunakan hanya 667,2GB. Hal ini menjadi masalah, karena seiring waktu, file game-game akan semakin besar.

Untungnya, Sony memiliki teknologi kompresi file canggih untuk mengatasi masalah kekurangan penyimpanan itu. Teknologi kompresi ini sudah digunakan pada PS5. Dilansir dari Twisted Voxelgame Subnautica pada PS5 memakan penyimpanan hanya 5GB, sedangkan di PS4 memakan 14GB. Artinya, teknologi pada PS5 ini berhasil mengkompres file lebih dari 60% dari file di PS4.

Untuk game yang lebih besar dan berat seperti Control's Ultimate Edition hanya memakan 25,79GB pada PS5, sedangkan pada Xbox Series X memakan hingga 42,5GB. Dan artinya, teknologi ini mengurangi besar file hingga 39% pada PS5 jika dibandingkan dengan rivalnya. Sayangnya, cara kerja dari teknologi kompresi milik Sony ini masih belum diketahui. Tetapi, Sony memberikan nama untuk teknologinya ini "Kraken".

Secara garis besar, teknologi kompresi file tidak membutuhkan developer untuk mengoptimalisasikan game mereka untuk pengompresan. Oleh karena itu, semua game yang berada di dalam SSD PS5 harusnya dapat dikompres oleh Kraken.

Slot SSD PS5 (Image Credit: Sony)

Selain teknologi ini, PS5 juga memiliki slot M.2 NVMe untuk menambah penyimpanan. Anda hanya dapat memasang NVMe SSD bersertifikat Sony pada slot ini. Slot ini berada di dalam PS5 dan satu-satunya cara untuk mengaksesnya adalah membongkar console Anda. Tetapi untuk saat ini, slot masih dinonaktifkan oleh Sony. Sony menyatakan bahwa mereka akan mengaktifkan slot M.2 ini dengan update firmware di masa depan.

Update PS5 baru-baru ini juga mengizinkan Anda menggunakan USB Drive untuk menyimpan game. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk memindahkan game dari SSD internal storage ke eksternal dan sebaliknya. Anda dapat membaca artikel kami tentang ini lebih lanjut di sini.