Gaming News

Update VALORANT Act III Kembali Ubah Ranked System

06 Oct 2020 | Akbar Priono
Kini lawan/kawan Anda di mode kompetitif VALORANT hanya akan berbeda tiga tingkat lebih tinggi/rendah saja.

Pasca peluncuran, Riot Games sudah sempat memberikanroadmap atau rencana pengembangan atas game FPS terbaru besutan mereka yaitu VALORANT. Dalam rencana tersebut, Anna Donlon selaku Executive Producer VALORANT menjelaskan bahwa akan ada update Act/Babak setiap bulan, dan update Episode setiap 6 bulan. Setelah update Act 2 bulan Agustus lalu, Riot kini sudah mempersiapkan perubahan-perubahan berarti yang akan rilis untuk Act 3 di bulan Oktober.

Salah satu perubahan yang akan dilakukan, adalah perubahan untuk sistem kompetitif. Dijelaskan oleh David Cole selaku DesignLead, Competitive dari Riot Games, nantinya Anda hanya bisa bermain mode kompetitif dengan pemain lain dengan perbedaan rank, maksimal tiga tingkat. Awalnya, pemain dengan rank Silver 3 akan dipasangkan dengan pemain dengan rank paling tinggi Platinum 1. Kini, sistem tersebut diubah sehingga pemain rank Silver 3 maksimal hanya bisa main dengan pemain rank Gold 1 saja.

David Cole menjelaskan perubahan ini dilakukan untuk mengurangi ketidakseimbangan dalam mode kompetitif, dan tentunya membuat mode kompetitif menjadi semakin bersaing. Selain perbedaan rank dalam mode kompetitif dibuat jadi lebih ketat, Act 3 juga mempersiapkan beberapa perubahan lain dalam hal mode kompetitif.

Perubahan tersebut termasuk, perubahan sistem naik/turun rank di tingkat Immortal yang kini ditentukan sepenuhnya oleh menang/kalah. Sebelumnya, penentuan naik/turun rank ditentukan oleh performa, termasuk pada rank Immortal.

Selain itu, update VALORANT Act III juga akan memberikan pemain keleluasaan untuk memilih server. Agar permainan lebih bersaing, pemain tentunya harus dapat bermain dengan keadaan terbaik, termasuk server terbaik agar ping lebih rendah. Perubahan tersebut dibuat atas dasar pemikiran tersebut, namun David Cole menjelaskan bahwa nantinya sistem ini akan meningkatkan kemungkinan pemain mendapat server yang diinginkan, walau tidak dipastikan 100%.

Sumber: playvalorant.com
Sistem rank VALORANT yang diungkap Riot Games untuk pertama kalinya pada update 1.02. Sumber: playvalorant.com

Pasca rilis bulan Juni 2020 lalu, Riot Games terbilang cukup aktif memperbaiki berbagai macam hal di dalam game VALORANT, termasuk mode kompetitif. Perubahan ini bisa dibilang sebagai perubahan kedua yang dilakukan oleh Riot Games terhadap mode kompetitif, dengan perubahan pertama dilakukan ketika mereka memutuskan untuk rilis mode ini di Update 1.02.

Dengan perubahan sistem perbedaan rank yang lebih ketat, mode rank tentunya jadi bisa lebih bersaing, dan diharapkan bisa mempermudah pemain untuk dapat climbing. Mengingat naik/turun rank yang ditentukan berdasarkan baik/buruk performa, perbedaan climbing jadi lebih sulit, terutama untuk pemain yang punya skill bersaing. Performa pemain tersebut kemungkinan besar akan tertutupi oleh kawan/lawan yang punya beda rank lebih jauh, baik ketika menang atau kalah, yang membuat peningkatan rank cenderung lebih sedikit.