Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Update VALORANT 1.03: Perkuat Guardian, Hadirkan Overtime, dan Senjata Naga Hidup?

9 July 2020Akbar Priono

Pada Update VALORANT 1.03, Guardian dibuat jadi lebih murah, dan Overtime kini hadir untuk mode Competitive.

Sudah satu bulan berlalu sejak VALORANT rilis pertama kalinya pada 2 Juni 2020 kemarin. Maka dari itu, Riot Games pun sudah mulai merilis update untuk game ini satu per satu secara rutin. Pekan lalu kita sudah melihat beberapa hal. Ada perubahan untuk Ranked Mode di VALORANT yang diumumkan pada update 1.02. Riot juga mengumumkan rencana mereka dalam menyajikan konten di VALORANT lewat sajian serial video Dev Diary.

Kini, 2 pekan berlalu sejak update 1.02, maka sudah saatnya kita bersiap untuk VALORANT Update 1.03. Dua hari lalu, update terbaru ini diumumkan lewat akun twit resmi @PlayVALORANT. Update kali ini tidak banyak menghadirkan konten, namun ada sedikit perubahan balancing, serta perbaikan Quality of Life permainan.

Untuk balancing, VALORANT update 1.03 membuat senjata Guardian menjadi lebih relevan. Dalam blog post dijelaskan, perubahan ini dilakukan karena posisi Guardian dalam meta permainan yang agak aneh. Ini karena harga Guardian yang cuma sedikit lebih murah saja dibanding Vandal atau Phantom, namun punya tingkat kekuatan yang terlampau lemah.

Maka dari pada update terbaru, harga Guardian dibuat lebih murah, dari 2700 menjadi 2500. Selain itu, kemampuan tembak Guardian juga disesuaikan agar jadi lebih kuat. Kecepatan menembak ditingkatkan, kekuatan penetrasi senjata juga diperkuat.

Perubahan yang cukup besar dalam VALORANT update 1.03 ini adalah perubahan pada sistem Surrender dan beberapa perubahan Quality of Life dalam mode Competitive. Menyerah di dalam permainan kini dipermudah, namun hanya untuk mode Unrated saja.

Anda cuma perlu 80% vote, untuk dapat menyerah kalah pada mode Unrated. Jadi jika 4 dari 5 orang memilih untuk menyerah, permainan akan otomatis usai. Namun untuk mode Competitive, Anda tetap butuh seluruh anggota tim setuju untuk menyerah, untuk menyelesaikan permainan secara lebih cepat.

Sumber: Riot Games
Perubahan dari Sudden Death menjadi Overtime tentu akan membuat pertarungan jadi lebih sengit lagi jika keadaan kedua tim sama-sama saling imbang. Sumber: Riot Games

Selain itu, mode Competitive juga mendapatkan cara penentuan kemenangan baru, jika keadaan imbang 12-12 di akhir permainan. Sebelumnya, penentuan pemenang saat keadaan imbang adalah dengan Sudden Death. Pada ronde Sudden Death, pemain diberikan 5000 Credit dan 4 poin Ultimate. Siapa yang menang di ronde tersebut langsung menjadi pemenang permainan.

Pada update 1.03 nanti, penentuan kemenangan pada saat keadaan imbang akan menjadi lebih menantang. Sudden Death dihilangkan, diganti dengan Overtime. Pada Overtime Anda harus bisa menang 2 kali berturut-turut setelah skor imbang 12-12. Ketentuan ekonomi masih sama, 5000 Credit dan 4 poin Ultimate untuk semua pemain sepanjang Overtime berjalan. Setelah dua ronde, akan muncul vote yang fungsinya memilih, apakah Overtime diteruskan atau diakhiri saja yang akan memberi hasil seri.

Terakhir yang juga tak kalah menarik adalah skin senjata terbaru. Edisi skin ini diberi nama Ultra Edition, karena skin ini mengubah senjata Anda menjadi seekor naga kecil yang hidup! Skin bernama Elderflame ini akan hadir di Store tanggal 10 Juli 2020 mendatang. Belum ada informasi soal harga skin ini, namun melihat modifikasi yang begitu dinamis, bisa jadi harganya akan sama seperti Prism Edition atau mungkin malah lebih mahal.

Lebih lengkap, Anda bisa memeriksa langsung meluncur ke laman blog post catatan patch VALORANT 1.03. Jujur, saya menyukai perubahan yang diberikan pada Guardian. Tinggal kita lihat saja, akankah perubahan tersebut membuat Guardian menjadi terlalu kuat sehingga orang-orang jadi melupakan Phantom dan Vandal?