Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Universitas Bina Nusantara Raih Gelar Ganda di IEL University Series 2019

3 May 2019Ayyub Mustofa

Sementara itu, Universitas Multimedia Nusantara meraih runner-up ganda untuk MLBB dan Dota 2.

IEL University Series 2019 adalah kompetisi esports tingkat universitas yang berada di bawah naungan MIX 360 ESPORTS, digagas oleh IESPA, serta didukung oleh berbagai elemen pemerintahan. Dalam kompetisi ini, 12 kampus ternama Indonesia mengirim tim perwakilannya dan saling beradu memperebutkan hadiah senilai total Rp1 miliar di cabang Dota 2 dan Mobile Legends: Bang Bang. Tujuannya, selain untuk mencari bibit-bibit atlet esports baru, juga untuk mewadahi kompetisi tingkat mahasiswa baik di dalam negeri maupun nantinya berkembang ke level internasional.

Dalam babak final yang berlangsung pada tanggal 27 – 28 April 2019 lalu, delapan tim dari 6 universitas telah saling beradu untuk mencari siapa jawara IEL University Series. Mereka berasal dari kampus-kampus yang namanya mungkin sudah tak asing lagi di tanah air, antara lain Universitas Bina Nusantara, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Ciputra, Universitas Kristen Petra, serta terakhir Universitas Dian Nuswantoro.

IEL University Series 2019 - Binus Dota 2
Tim Dota 2 Universitas Bina Nusantara

Acara final ini digelar di lokasi LigaGame Arena, pusat esports baru yang berlokasi di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Acara final ini juga dimeriahkan oleh beberapa influencer ternama Indonesia, seperti Coki Pardede, Tretan Muslim, serta Lola Zieta. Meski IEL University Series 2019 merupakan turnamen amatir, Eddy Lim selaku Presiden IESPA melihat bahwa banyak bibit unggul muncul di sini.

“Sebagai bagian dari rangkaian liga universitas untuk tingkat amatir, IEL University Series 2019 telah berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Dari kompetisi ini, bibit-bibit unggul telah tampak, namun perjalanan kita dalam mengembangkan ekosistem esports tidak berhenti sampai di sini. Kita perlu mempersiapkan para pemenang juara umum Liga IEL di pelatnas esports SEA Games 2019 yang akan diselenggarakan dalam beberapa bulan mendatang. IESPA bersama dengan Kemenpora dan KOI pun turut memberikan dukungan penuh kepada para atlet agar dapat meraih prestasi yang maksimal,” tuturnya dalam siaran pers.

IEL University Series 2019 - UMN MLBB
Tim MLBB Universitas Multimedia Nusantara

IEL University Series 2019 memang memiliki posisi spesial sebagai kompetisi esports resmi tingkat universitas pertama di Indonesia yang didukung penuh oleh berbagai elemen penting olahraga. Termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IESPA). Selain itu kompetisi ini juga disahkan oleh Asian Electronic Sports Federation (AESF), dan nantinya akan menjadi bagian dari liga universitas resmi di bawah naungan IESPA.

Kampus yang berhasil menjadi juara di IEL University Series 2019 adalah Universitas Bina Nusantara. Hebatnya, kampus ini bukan hanya jadi juara di salah satu cabang pertandingan, tapi meraih gelar juara di keduanya, baik Dota 2 maupun Mobile Legends: Bang Bang. Mereka berhak mendapat hadiah senilai Rp374.000.000. Sementara itu Universitas Multimedia Nusantara meraih peringkat runner-up, juga di kedua cabang kompetisi. Mereka membawa pulang hadiah senilai total Rp243.000.000.

IEL University Series 2019 - UMN Dota 2
Tim Dota 2 Universitas Multimedia Nusantara

“IEL University Series 2019 resmi berakhir, kita semua patut berbangga karena kompetisi ini telah berlangsung secara sportif. Harapan kami di masa mendatang mereka dapat mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat dunia. Di samping itu, ini juga membuktikan bahwa esports bukanlah olahraga elektronik yang dapat dipandang sebelah mata melalui banyaknya respon positif yang kami terima dari pihak universitas dan juga para orang tua,” ujar Harry Kartono, COO MIX 360 ESPORTS.

Selamat kepada Universitas Bina Nusantara dan Universitas Multimedia Nusantara atas prestasinya! Semoga di masa depan dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi serta mengharumkan nama almamater maupun bangsa di dunia esports.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV