Esports Ecosystem

UniPin Hadirkan SEACA 2019 Dengan Konsep dan Suasana Baru

23 Jul 2019 | Akbar Priono
Kini hadir dengan rangkaian SEA Millenial Expo, UIC, dan juga UCL

Salah satu kompetisi terbesar di Asia Tenggara, SEA Cyber Arena (SEACA), kembali hadir di tahun 2019. Tahun ini, kompetisi yang diselenggarakan oleh UniPin Esports mempertandingkan empat cabang game, yaitu Dota 2, Free Fire, PUBG Mobile, dan Tekken 7 sebagai cabang eksibisi.

Ada beberapa perbedaan yang terasa pada SEACA tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu. Absennya WESG dari rangkaian acara, menjadi salah satu hal yang cukup terasa pada SEACA 2019. Kendati demikian SEACA tahun ini menawarkan rangkaian acara dan suasana baru, lewat gelaran SEAME (SEA Millenial Expo), UIC (UniPin Indomaret Championship), UCL (UniPin City League), ditambah dengan venue acara yang berbeda, yaitu Balai Kartini.

Sumber: Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Hybrid – Akbar Priono

UIC merupakan bagian dari rangkaian Road to SEACA 2019. Mempertandingkan Free Fire, gelaran UIC bekerja sama dengan Indomaret, dan digelar di Indomaret terbesar di 24 kota di Indonesia. Sama seperti UIC, UCL juga merupakan bagian dari rangkaian SEACA 2019.

Bedanya, UCL diselenggarakan di 12 kota berbeda dengan mempertandingkan game yang sama, Free Fire. Nantinya, jawara-jawara dari rangkaian UIC dan UCL akan diundang untuk bertanding di main event SEACA 2019 pada bulan November mendatang.

“Hal ini mengingat semakin meningkatnya jumlah penggemar esports di Indonesia. Maka dari itu, lewat gelaran SEACA, UniPin adalah wujud nyata untuk mendukung minat dan hobi generasi muda Indonesia di bidang esports.” Ashadi Ang, CEO dan Co-Founder UniPin, dalam gelaran konfrensi pers yang diselenggarakan di Grand Indonesia pagi (23 Juli 2019) tadi.

Untuk gelaran utama SEACA 2019, nantinya akan ada kualifikasi di beberapa negara Asia Tenggara. Selain dari kualifikasi Indonesia, akan ada juga kualifikasi SEACA Filipina yang diselenggarakan pada Agustus 2019. Selanjutnya disusul dengan kualifikasi SEACA Malaysia yang diselenggarakan pada September 2019 mendatang.

Sumber: SEACA Official Media
Panggung megah SEACA 2018 yang diselenggarakan di Atrium Mall Taman Anggrek Sumber: SEACA Official Media

Kualifikasi akan diselenggarakan untuk cabang game Dota 2 dan PUBG Mobile. Nantinya, dari kualifikasi berjalan, akan dipilih 2 tim terbaik untuk bertanding di dalam gelaran utama SEACA 2019 di Indonesia, untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp2,4 miliar.

Kehadiran SEACA dapat menjadi wadah bagi Anda yang ingin merintis karir sebagai atlet esports di Indonesia. Dengan sistemnya yang terbuka, siapapun punya kesempatan yang sama untuk menjadi juara di dalam kompetisi ini. SEACA 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 10 November 2019 mendatang di Kartika Expo, Balai Kartini.