24 February 2023

by Glenn Kaonang

Ubisoft Luncurkan NFT Avatar Rabbids untuk Metaverse The Sandbox

Terdapat 2.066 avatar Rabbids yang dapat dimainkan di The Sandbox mulai 28 Februari

Ubisoft belum menyerah soal NFT. Studio game asal Prancis tersebut kembali meluncurkan NFT, kali ini yang berasal dari IP Rabbids mereka, dan yang diperuntukkan bagi game/metaverse The Sandbox.

Peluncuran NFT Rabbids ini datang setahun sejak Ubisoft resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan The Sandbox. Berbeda dari NFT bertema Rabbids yang sebelumnya sudah lebih dulu dirilis oleh The Sandbox, koleksi NFT baru ini terdiri dari 2.066 avatar Rabbids yang siap dijadikan playable character.

Avatar-avatar Rabbids itu di-mint di blockchain Polygon, dan Ubisoft mematok harga 100 SAND per avatar, atau kurang lebih setara 1,1 jutaan rupiah ketika artikel ini tayang. Ubisoft membagi NFT avatar Rabbids untuk The Sandbox ini ke dalam empat tier, dengan tier pertama sebagai yang paling langka. Sejalan dengan perayaan tahun kelinci pada hari raya Imlek tahun ini, Ubisoft pun tidak lupa mendandani avatar-avatar Rabbids dengan tema yang sesuai.

Seperti yang sudah disebutkan, avatar-avatar ini bukan sebatas untuk flexing di media sosial. Pasalnya, The Sandbox sudah menyiapkan sebuah game world khusus yang akan dirilis pada 28 Februari mendatang. Lebih lanjut, avatar Rabbids ini juga dideskripsikan sebagai elemen kunci bagi utilitas The Sandbox ke depannya, termasuk untuk memberikan pemiliknya akses ke peluncuran-peluncuran NFT baru yang selanjutnya.

Di antara studio game besar lain, Ubisoft termasuk salah satu yang paling antusias terhadap tren NFT — di samping Square Enix tentu saja. Ubisoft juga merupakan studio game besar pertama yang memberanikan diri untuk merilis in-game item dalam bentuk NFT.

Respons publik terhadap inisiatif NFT Ubisoft tersebut memang cenderung negatif, dan Ubisoft pun pada akhirnya juga mengakhiri inisiatif tersebut tidak lama kemudian. Pasca kegagalannya, Ubisoft kemudian menegaskan bahwa inisiatif NFT-nya sebenarnya baru sebatas coba-coba.

Pernyataan tersebut tentu tidak lebih dari sebatas upaya untuk memperbaiki citra perusahaan di mata publik. Namun itu bukan berarti Ubisoft sudah sepenuhnya menyerah dengan Web3 dan segala isinya, dan peluncuran NFT Rabbids ini merupakan salah satu indikasinya.

Sumber: Decrypt.