Dark
Light

Twitter Rilis Fitur Baru: Suggestions for You

1 min read
August 2, 2010

Twitter merilis fitur baru yang dinamakan ‘Suggestions for You’. Seperti namanya fitur ini memberikan rekomendasi atau usulan pada para pengguna Twitter tentang pengguna lain yang tidak mereka ikuti.

Setelah sebelumnya Twitter juga meluncurkan fitur yang berhubungan dengan pengguna, yaitu menampilkan hasil pencarian nama akun profil pengguna di Twitter dan pengujian akan  fitur  ‘You Both Follow‘, kini Twitter kembali menambahkan fitur baru yang berhubungan dengan pengalaman pengguna.

Seperti yang dijelaskan pada blog mereka, fitur ‘Suggestions for You’ ini akan memberikan usulan tentang pengguna yang belum Anda ikuti dengan berdasarkan pada beberapa faktor, termasuk dari data pengguna yang telah Anda ikuti serta pengikut dari pengguna yang Anda ikuti.

Fitur ini akan muncul di area ‘Find People’. Nantinya Twitter akan memberikan usulan pengguna mana saja yang mungkin menarik bagi Anda, ada dua button di bagian kanan pengguna yang diusulkan, Anda bisa langsung mengikuti penggguna tertentu atau jika Anda tidak tertarik untuk ikuti pengguna tertentu Anda bisa memilih ‘Hide’ dan Twitter akan mencoba untuk tidak akan mengusulkan pengguna itu lagi.

Di bagian profi pengguna yang diusulkan oleh Twitter akan terdapat juga keterangan tentang siapa saja yang mengikuti akun tersebut. Selain itu Twitter juga menambahkan fitur lain dimana nantinya ketika mengikuti pengguna baru maka Anda akan melihat rekomendasi/usulan tentang pengguna lain yang mungkin tertarik untuk Anda ikuti juga, dan seperti yang dituliskan oleh Techcrunch, nantinya ketika anda sedang melihat halaman profil pengguna tertentu, Anda juga akan melihat keterangan ‘Who to follow’ di area sekitar profil mereka yang memperlihatkan pengguna lain yang mungkin tertarik untuk Anda ikuti.


Twitter juga menjelaskan bahwa fitur ini juga akan tersedia bagi para pengembang, lewat API yang juga akan diluncurkan bagi pengembang pihak ketiga, sehingga mereka bisa menambahkan fitur rekomendasi/usulan pengguna ini pada layanan mereka.

Fitur ini jelas mengingatkan pada layanan yang serupa di Facebook, dimana pengguna juga bisa menemukan rekomendasi atau usulan atas pengguna lain yang bisa mereka tambah sebagai teman. Pertumbuhan dua layanan yang bisa dibilang paling populer ini juga terus meningkat, Facebook dengan 500 juta pengguna yang terus bertambah, serta Twitter yang baru saja melewati jumlah tweet yang ke 20 miliar.

Dengan semakin banyak pengguna yang menggunakan Twitter, meskipun terkesan meniru tetapi fitur tentang rekomendasi atau usulan atas pengguna lain ini bisa jadi adalah fitur yang ditunggu-tunggu, Anda sudah bisa menggunakan fitur ini? Bagaimana pendapat Anda?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

KlikBCA Rilis Mobile Web Dan Dukungan Smartphone

Next Story

Bancakan2.0 ep5, Location Based dan Announcement SparxUp

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan