Dark
Light

Twitter Mulai Lakukan Pengujian Atas Fitur ‘Tweet Media’

1 min read
July 27, 2010

Twitter dikabarkan sedang melakukan pengujian atas fitur baru mereka, ‘Tweet Media’, yang berkaitan dengan inline media. Menu untuk fitur baru ini sempat muncul di bagian setting pada Twitter web. Fitur yang berhubungan dengan video dan gambar ini memungkinkan pengguna untuk melihat gambar dan video yang dibagikan oleh pengguna lain pada timeline mereka.

Seperti yang dituliskan Techcrunch, pilihan untuk mencoba fitur baru ini sempat muncul namun kini telah hilang kembali. Pilihan yang ada bisa dilakukan dengan memberikan tanda centang agar pengguna bisa melihat gambar dan video yang dibagikan oleh pengguna lain.

Belum jelas memang seperti apa fitur ini nantinya, tetapi, masih seperti yang dituliskan Techcrunch, agaknya fitur ini akan mirip dengan apa yang dimiliki oleh Brizzly, salah satu social client yang memungkinkan pengguna melihat update dari beberapa jejaring sosial, termasuk Twitter. Dimana pengguna bisa melihat secara inline berbagai media, gambar dan video langsung pada timeline mereka.

Gerak Twitter untuk memberikan berbagai fitur pada layanan web mereka memang sudah terlihat jauh-jauh hari, mulai dari hovercards, local trend sampai strategi monetisasi dan kini Tweet Media. Cepat atau lambat Twitter memang akan terus menambah fitur pada layanan web mereka, menurut saya salah satunya karena sistem monetisasi mereka, mulai dari akun @earlybird maupun dengan Promoted Tweet.

Dua monetisasi ini sangat bergantung pada layanan web mereka, jadi mau tidak mau Twitter juga harus memperbaharui layanan web mereka agar pengguna juga mau menggunakannya dan bukan hanya menggunakan layanan social streamreader atau twitter client.

Meski pilihan untuk mengaktifkan ‘Tweet Media’ telah dihilangkan, namun Twitter membenarkan bahwa mereka sedang melakukan pengujian atas fitur dan pengaturan mereka. Berikut pengumuman dari Twitter seperti yang saya kutip dari TechCrunch.

We’re constantly exploring features and settings. What you saw was a small test of a potential consumption setting for inline media. We show inline media on our own iPhone and Android apps.

Sayangnya saya juga terlambat untuk mencoba fitur ‘Tweet Media’ ini, karena di pengaturan Twitter web saya sudah tidak ada pilihan Tweet Media, namun mungkin saja dalam waktu dekat Twitter akan mengumumkan secara resmi fitur ini. Apakah Anda sempat melihat pengaturan fitur baru ini? Atau Anda punya pendapat lain atau kemungkinan fitur baru dari Twitter ini? Kolom komentar menanti pendapat Anda.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

  1. solusinya klo yg buka web twitter pake mozilla tinggal instal add on nya, power twitter, ntar juga gambar2,video bisa keliatan langsung di timeline….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tonehighway: Layanan Musik Via Web Buatan Lokal

Next Story

Catat Tanggalnya: 30 Juli 2010, Bancakan 2.0 Episode 5

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan