Dark
Light

Twitter Beli Tweetie

1 min read
April 10, 2010

Twitter baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Atebits, perusahaan pembuat Tweetie, aplikasi Twitter untuk iPhone. Dalam beberapa minggu ke depan, Tweetie akan diganti namanya jadi Twitter for iPhone dan harganya dibuat jadi gratis dari tadinya US$2.99.

Sebuah langkah yang agresif, tapi juga beresiko mengingat langkah ini sepertinya bakal bikin para pembuat aplikasi Twitter, yang juga menjadi tulang punggung besarnya tumbuh pesatnya mereka, bisa jadi merasa terancam.

Dari sisi strategis, jelas sekali bahwa Twitter melihat potensi pengguna di device bikinan Apple ini gede banget. Kemarin aja mereka baru ngumumin bahwa penjualan iPhone di dunia telah mencapai 50 juta unit, iPod touch 35 juta unit, dan iPad yang baru keluar seminggu udah terjual 450,000 unit. Pasar yang masif dan sangat menggiurkan yah.

Kemungkinan lainnya adalah inginnya mereka untuk terjun lebih dalam ke informasi lokasi, dengan menyediakan aplikasi yang lebih kuat dalam segi penyediaan layanan lokasi. Walaupun API lokasi ini sudah lama dibuka oleh Twitter, masih belum banyak aplikasi yang meneruskan informasinya dalam tweet-tweet yang dikirimkan.

Dari sisi para pembuat aplikasi, bisa jadi mereka bakal ciut, secara mereka cuma bermodalkan API yang diberikan oleh Twitter dengan akses terbatas, sementara Twitter sendiri nanti bisa dengan bebas mengakses aliran data mereka semaunya.

Langkah yang baik? Atau udah menuju “evil“? Silakan tinggalkan komentar lo di bawah ini.

16 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Kompas Luncurkan Situs Untuk Pencari Kerja

Next Story

Multiply Kini Berbahasa Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan