Twitter beberapa hari lalu meluncurkan Lifeline, sebuah fitur yang diluncurkan tim Twitter dari Tokyo yang membantu pengguna Twitter dari Jepang untuk menemukan informasi penting saat dibutuhkan, seperti saat bencana alam atau ketika layanan komunikasi sulit untuk dicapai.
Fitur ini merupakan hasil kemitraan antara Twitter dengan pemerintahan lokal dan regional Jepang. Dengan fitur ini penguna bisa mencari kode pos area tertentu di Twitter untuk mengetahui informasi tentang bencana di area tersebut yang muncul atau disebarkan dari akun atau tweet yang berasal dari area tertentu. Selain itu penguna juga bisa mencari informasi yang berasal dari media lokal, serta perusahaan perlengkapan yang menyediakan informasi tentang gas, air atau listrik. Pengguna juga bisa mengatur notifikasi untuk menerima tweet dari berbagai akun ini di perangkat bergerak mereka.
Media sosial kini menjadi bagian penting dalam berbagai momen kehidupan manusia, termasuk juga bencana alam, dimana laporan atau informasi yang hadir bisa lebih cepat dan berasal langsung dari lokasi. Belum lagi dengan dukungan perangkat mobile yang semakin bertumbuh pesat, real time information yang menggunakan media sosial bisa membatu penyebaran informasi. Twitter juga bukan satu-satunya yang meluncurkan fitur untuk membantu pengguna saat bencana, Facebook telah memperkenalkan ‘Disaster Message Board’ awal tahun ini.
Lifeline memang baru tersedia di Jepang saja, tetapi Twitter juga berharap fitur ini bisa dikembangkan untuk lokasi lain di seluruh dunia.