Dark
Light

Tweet Button Resmi Dari Twitter

1 min read
August 13, 2010

Twitter baru saja memperkenalkan Tweet Button. Makhluk apa ini? Pastinya kalau hobi keliling internet sudah familiar dengan tombol-tombol “Tweet this!” atau “Share on Twitter” yang ada di tiap-tiap halaman atau artikel website untuk membagikan berita tersebut lewat Twitter. Kalau sebelumnya fitur tersebut disediakan oleh pihak ketiga, kini Twitter secara resmi menyediakan sendiri tombol tersebut.

Simak cara kerja Tweet Button ini dari postingan Twitter sendiri:

Pemasangannya di website kita pun sangat mudah, tinggal menyisipkan baris kode yang disediakan di halaman Tweet Button mereka. Dalam seminggu ke depan Twitter mengungkapkan sudah ada 30 website besar yang sudah siap memakai tombol baru ini.

Menariknya, fitur ini memang diambil dari salah satu layanan pihak ketiga yang paling populer yaitu TweetMeme (termasuk dipakai oleh DailySocial). Sepertinya ada perjanjian kerjasama khusus antara Twitter dengan TweetMeme sehingga teknologi mereka diadopsi oleh Twitter.

Kalau ditilik dari video di atas dan halaman Tweet Button-nya, sepertinya Twitter tidak (atau belum) menyediakan perangkat analytics. Bisa jadi ini akan menjadi salah satu titik pengembangan yang dibantu oleh TweetMeme.

Ini berarti sekali lagi Twitter mengambil fitur atau layanan yang berkembang dari dasar layanan mereka sendiri menjadi fitur resmi mereka. Terhitung fitur seperti ReTweet dan penyingkat URL awalnya muncul dari perilaku pengguna yang kemudian dikembangkan oleh pihak ketiga, dan akhirnya diadopsi oleh Twitter menjadi fitur mereka.

Tidak hanya terbatas pada layanan, Twitter pun pernah mengakuisisi pengembang aplikasi mobile Tweetie dan menjadikannya sebagai mobile client resmi mereka.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tampilan Baru Album Foto Facebook Resmi Dirilis

Next Story

Twitpic Luncurkan Twitpic Labs

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan