Dark
Light

Daftar Turnamen Esports Terpopuler di April 2022

6 mins read
May 9, 2022
MPL ID S9 menjadi turnamen esports terpopuler selama 3 bulan berturut-turut.

Bulan April 2022 menjadi akhir dari beberapa liga esports nasional/regional. Tiga dari lima slot dalam daftar turnamen esports terpopuler di April 2022 diisi oleh liga nasional/regional tersebut. Sementara dua slot terakhir diisi oleh Twitch Rivals dan kompetisi VALORANT.

Berikut lima kompetisi esports paling populer pada April 2022, menurut data dari Esports Charts.

5. Twitch Rivals Creator Series: North America Kick-off, ft. Fortnite Zero Build

Peringkat lima dalam daftar turnamen esports paling populer di April 2022 diduduki oleh Twitch Rivals Creator Series: North America Kick-off, ft. Fortnite Zero Build, yang menawarkan total hadiah sebesar US$100 ribu. Twitch Rivals merupakan kompetisi esports yang mengadu kreator konten atau mantan pemain profesional. Untuk mengadakan Twitch Rivals kali ini, Twitch menggandeng developer Fortnite, Epic Games. Sesuai namanya, Twitch Rivals itu akan memanfaatkan mode terbaru di Fortnite, yaitu Fortnite Zero Build.

Viewership dari Creator Series: North America Kick-off, ft. Fortnite Zero Build. | Sumber: Esports Charts

Twitch Rivals Creator Series: North America Kick-off, ft. Fortnite Zero Build hanya digelar selama dua hari, yaitu pada 3-4 April 2022. Walau durasi siaran kompetisi tersebut hanya 3 jam 45 menit, ia berhasil mendapatkan 3,98 juta views dan 1,79 juta jam hours watched. Pada puncaknya, jumlah penonton dari Twitch Rivals itu mencapai 557,7 ribu orang, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 476,5 ribu orang.

4. LEC Spring 2022

Dalam daftar turnamen esports terpopuler di April 2022, League of Legends European Championship (LEC) Spring 2022 duduk di peringket 4, dengan jumlah peak viewers sebanyak 723,1 ribu orang. Babak final, yang mempertemukan G2 Esports dengan Rogue Esports, menjadi pertandingan paling populer sepanjang LEC Spring 2022. Sementara babak terpopuler ke-2 adalah babak semifinal, yang merupakan pertandingan antara G2 dan Fnatic. Pada puncaknya, pertandingan itu ditonton oleh 568,9 ribu orang.

Dimulai pada 14 Januari 2022, LEC Spring 2022 berakhir pada 10 April 2022. Secara total, durasi siaran dari kompetisi itu mencapai 134 jam 50 menit. Kompetisi tersebut mendapatkan 44,8 juta views, dengan jumlah hours watched sebanyak 36,5 juta jam. Jumlah penonton rata-rata dari LEC Spring 2022 mencapai 270,7 ribu orang.

Rogue keluar sebagai juara dari LEC Spring 2022, setelah mengalahkan G2 dengan skor 3-0. Meskipun begitu, G2 berhasil meraih gelar sebagai tim paling populer di LEC Spring 2022. Tim Eropa itu mendapatkan 13,06 juta jam hours watched dan jumlah penonton rata-rata sebanyak 351 ribu orang. Fnatic menjadi tim terpopuler ke-2, diikuti oleh Rogue.

Pertandingan dan tim terpopuler di LEC Spring 2022. | Sumber: Esports Charts

LEC Spring 2022 disiarkan di empat platform streaming game. Twitch menjadi platform terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 567,7 ribu orang. Di Twitch, LEC Spring 2022 disiarkan di 14 channels. Liga regional tersebut mendapatkan 29,6 juta views, serta 183,6 ribu follows.

Sementara itu, YouTube menjadi platform favorit ke-2 untuk menonton LEC Spring 2022. Di Youtube, LEC Spring 2022 mendapatkan 15,2 juta views, 192,5 ribu likes, dengan jumlah peak viewers sebanyak 154,3 ribu orang. Disiarkan dalam 13 bahasa, siaran LEC Spring 2022 dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer. Siaran Bahasa Inggris dari LEC Spring 2022 mendapatkan peak viewers sebanyak 465,6 ribu orang.

3. VCT 2022: Stage 1 Masters Reykjavik

Menawarkan total hadiah sebesar US$675 ribu, VCT 2022: Stage 1 Masters Reykjavík digelar selama 2 minggu, yaitu pada 10-24 April 2022. Dengan tota airtime selama 79 jam 55 menit, kompetisi itu berhasil mendapatkan 47,2 juta views dan 33,3 juta jam hours watched.

Sementara itu, jumlah penonton rata-rata dari Masters Reykjavik adalah 416,2 ribu orang. Pada puncaknya, jumlah penonton dari kompetisi VALORANT itu mencapai 1,1 juta orang. Angka tersebut tercapai pada babak final, yang mengadu OpTic Gaming dan LOUD. Menurut Esports Charts, pertandingan itu menjadi pertandingan terpopuler ke-3 sepanjang sejarah kompetisi VALORANT.

Viewership dari VCT 2022: Stage 1 Masters Reykjavik. | Sumber: Esports Charts

OpTic berhasil membawa pulang trofi dari Mastesr Reykjavik. Tak hanya itu, mereka juga sukses menjadi tim esports terpopuler di kompetisi tersebut, setidaknya dari segi hours watched. Total hours watched yang didapat oleh tim OpTic mencapai 12,5 juta jam. Namun, dari segi average viewers, OpTic harus puas dengan peringkat ke-3. Mereka memiliki jumlah penonton rata-rata sebanyak 487 ribu orang. Sementara dari jumlah average viewers, LOUD ada di posisi pertama, dengan jumlah average viewers sebanyak 596 ribu orang.

Masters Reykjavik disiarkan di 73 channels Twitch. Di Twitch, kompetisi tersebut mendapatkan 29,4 juta views dan 550,7 ribu follows. Jumlah peak viewers dari Masters Reykjavik di Twitch mencapai 887,3 ribu orang. Hal itu berarti, Twitch merupakan platform favorit fans untuk menonton Masters Reykjavik. Sementara itu, YouTube menjadi platform terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 226,2 ribu orang. Di Youtube, total views yang didapat oleh Masters Reykjavik mencapai 17,3 juta views. Kompetisi itu juga mendapat 439 ribu likes.

Bahasa terpopuler untuk VCT 2022: Stage 1 Masters Reykjavik. | Sumber: Esports Charts

Kompetisi Masters Reykjavik disiarkan dalam 24 bahasa. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer, dengan peak viewers sebanyk 490,6 ribu orang. Siaran terpopuler ke-2 merupakan siaran dalam Bahasa Jepang, dengan jumlah peak viewers sebanyak 419,3 ribu orang, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Portugis, dengan jumlah peak viewers sebanyak 353,5 ribu orang.

Siaran dalam Bahasa Portugis ditonton oleh banyak orang berkat kehadiran LOUD, tim asal Brasil. Untuk menunjukkan dukungan mereka pada tim lokal, fans esports di Brasil terus menonton LOUD hingga babak final. Alhasil, jumlah penonton dari siaran dalam Bahasa Portugis pun melonjak naik.

2. LCK Spring 2022

Sama seperti pada Maret 2022, League of Legends Champions Korea (LCK) Spring 2022 masih menjadi runner-up dalam daftar turnamen esports terpopuler di April 2022. Pada bulan lalu, jumlah peak viewers dari kompetisi itu mencapai 1,37 juta orang, naik hampir dua kali lipat daripada peak viewers pada Maret 2022, yang hanya mencapai 736,8 ribu orang. Dengan kenaikan jumlah peak viewers tersebut, LCK Spring 2022 menjadi liga League of Legends regional dengan peak viewers paling tinggi sepanjang sejarah esports League of Legends.

Total peak viewers dari LCK Spring 2022 tercapai pada babak final, yang mengadu T1 dengan Gen.G. Memang, kedua tim itu merupakan tim terpopuler di LCK Spring 2022. Sepanjang LCK Spring 2022, T1 berhasil mendapatkan 27,53 juta jam hours watched dan 440 ribu average viewers. Sementara Gen.G mendapatkan 19,65 juta jam hours watched dan 353 ribu orang average viewers.

Pertandingan dan tim-tim favorit di LCK Spring 2022. | Sumber: Esports Charts

Secara keseluruhan, total durasi siaran dari LCK Spring 2022 mencapai 300 jam dan 25 menit. Kompetisi itu berhasil mendapatkan 74,6 juta views, serta 74,2 juta jam hours watched. Rata-rata, jumlah penonton dari LCK Spring 2022 mencapai 247 ribu orang. Mengingat LCK merupakan liga nasional Korea Selatan, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Korea menjadi siaran terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 691,4 ribu orang. Selain itu, siaran dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Vietnam juga populer. Siaran Bahasa Inggris mendapatkan 309,2 ribu peak viewers, sementara siaran dalam Bahasa Vietnam mendapatkan 266,5 ribu orang.

Platform dan bahasa terpopuler dari LCK Spring 2022. | Sumber: Esports Charts

Twitch menjadi platform favorit bagi fans esports untuk menonton LCK Spring 2022. Di platform tersebut, LCK Spring 2022 disiarkan di 26 channels dan mendapatkan 63,7 views serta 299,5 ribu follows. Jumlah peak viewers dari LCK Spring 2022 di Twitch menembus 875 ribu orang. Setelah Twitch, YouTube masih menjadi platform favorit ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 286,5 ribu orang. Selain itu, di YouTube, LCK Spring 2022 berhasil mengumpulkan 10,6 juta views dan 99,9 ribu likes.

1. MPL ID Season 9

Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 9 berhasil mempertahankan posisinya sebagai kompetisi esports terpopuler pada April 2022. Dengan ini, MPL S9 merupakan liga esports paling populer selama tiga bulan berturut-turut. Tak hanya itu, jumlah peak viewers dari MPL ID S9 juga merupakan yang tertinggi, jika dibandingkan dengan liga nasional Mobile Legends lainnya, menurut Esports Charts.

RRQ Hoshi dan EVOS Legends merupakan dua tim favorit para penonton. Buktinya, sepanjang liga, RRQ berhasil mendapatkan 35,4 juta jam hours watched, sementara EVOS mendapatkan 30 juta jam hours watched. Dari segi average viewers, kedua tim itu juga merupakan tim favorit. RRQ Hoshi memiliki jumlah penonton rata-rata sebanyak 817 ribu orang dan EVOS, 673 ribu orang.

Pertandingan dan tim terpopuler sepanjang MPL ID S9. | Sumber: Esports Charts

Mulai digelar pada 18 Februari 2022, MPL ID S9 resmi berakhir pada 24 April 2022 lalu. Pada babak final, RRQ Hoshi bertemu dengan ONIC Esports. Namun, pertandingan itu hanya menjadi babak terpopuler ke-3 sepanjang MPL ID S9, dengan jumlah peak viewers sebanyak 1,9 juta orang.

Sementara pertandingan yang berhasil menarik perhatian paling banyak penonton adalah pertandingan antara EVOS Legends dan RRQ Hoshi pada Minggu ke-8, Hari ke-2. Ketika itu, pada puncaknya, ada 2,8 juta orang yang menonton pertandingan El Clasico. Pertandingan terpopuler ke-2 di MPL ID S9 juga merupakan pertandingan antara EVOS dan RRQ, yaitu pada hari ke-2 dari babak Playoff. Jumlah peak viewers dari pertandingan tersebut mencapai 2,06 juta orang.

Menawarkan total hadiah sebesasr US$300 ribu, MPL ID S9 memiliki total airtime selama 187 jam dan 10 menit. Secara total, liga Mobile Legends itu dapat mengumpulkan 295 juta views dan 82,8 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari MPL ID S9 mencapai 442,2 ribu orang.

Tentu saja, siaran dalam Bahasa Indonesia menjadi siaran dengan jumlah penonton terbanyak. Jumlah peak viewers dari siaran MPL ID S9 dalam Bahasa Indonesia mencapai 2,8 juta orang. Sementara siaran dalam Bahasa Inggris mendapatkan 272,5 ribu peak viewers dan siaran dalam Bahasa Malaysia mendapatkan 175,6 ribu peak viewers.

Platform dan bahasa terpopuler untuk MPL ID S9. | Sumber: Esports Charts

YouTube masih menjadi platform favorit para fans esports untuk menonton MPL ID S9. Di platform milik Google tersebut, MPL ID S9 mendapatkan 269,4 juta views, 3,1 juta likes, dan 1,8 juta peak viewers. Sementara Nimo TV menjadi platform streaming game favort ke-2, setelah YouTube. Jumlah peak viewers dari MPL ID S9 di Nimo TV mencapai 1,48 juta orang. Ironisnya, pada April 2022, Nimo TV resmi berhenti beroperasi.

Previous Story

NanoByte Token is a Cryptocurrency with Many Practical Use Cases

Next Story

Alter Ego Celeste Sukses Pertahankan Gelar VCT 2022: Game Changers APAC Open 3

Latest from Blog

Don't Miss

Erajaya Digital Adakan Turnamen Esports Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Dukungan Erajaya Digital terhadap industri esports Indonesia kini memasuki tahun
Tips RRQ Galaxy A35

Pro Player RRQ Bagikan Tips agar Mabar MLBB Semakin Jago dengan Galaxy A35 5G

RRQ Fiel membagikan beberapa tips bermain MLBB  untuk memaksimalkan Galaxy