Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Turnamen Esports Terpopuler Bulan Juni 2021

16 July 2021Ellavie Ichlasa Amalia

Bulan lalu, turnamen Mobile Legends kembali menjadi turnamen esports paling populer

Daftar turnamen esports pada Juni 2021 terdiri dari kompetisi untuk berbagai game, mulai dari kompetisi mobile game untuk regional sampai kompetisi game PC di tingkat global. Tren ini sama seperti pada Mei 2021. Ketika itu, daftar turnamen esports terpopuler juga berisi kompetisi dari beragam game. Selain kompetisi esports, bulan lalu juga diramaikan oleh E3 2021. Beberapa event dalam E3 2021 — seperti Nintendo Direct 2021 dan Xbox & Bethesda Games Showcase 2021 — berhasil menarik perhatian banyak penonton.

Berikut daftar turnamen esports paling populer pada Juni 2021, menurut data dari Esports Charts.

5. Twitch Rivals x Call of Duty World Series of Warzone NA #1

Berbeda dengan kebanyakan turnamen esports, Twitch Rivals hanya mempertemukan para streamers. Kali ini, Twitch menggelar kompetisi Call of Duty untuk kawasan Amerika Utara. Twitch Rivals x Call of Duty World Series of Warzone NA #1 digelar pada 23-24 Juni 2021, dengan total hadiah sebesar US$300 ribu. Turnamen tersebut disiarkan selama 6 jam dan mendapatkan jumlah penonton rata-rata sebanyak 349 ribu. Secara keseluruhan, hours watched dari turnamen tersebut mencapai 1,9 juta jam. Sementara jumlah peak viewers dari Twitch Rivals kali ini mencapai 441 ribu orang.

Data penonton dari turnamen Twitch Rivals. | Sumber: Esports Charts

Karena digelar oleh Twitch, turnamen Twitch Rivals hanya disiarkan di platform tersebut. Secara total, ada 89 channels yang menyiarkan kompetisi tersebut dengan total views mencapai 2,5 juta views dan total follows mencapai 103,7 ribu follows. Turnamen Twitch Rivals disiarkan dalam lebih dari enam bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, Jerman, dan Rusia. Siaran berbahasa Inggris menjadi siaran yang paling populer, dengan total view mencapai 407,6 ribu views. Sementara bahasa terpopuler kedua adalah Prancis dengan 16 ribu views, diikuti oleh Italia, dengan 11 ribu views.

4. Arena of Valor World Cup 2021

Arena of Valor World Cup menjadi turnamen esports terpopuler ke-4 pada Juni 2021, dengan jumlah peak viewers sebanyak 550 ribu orang. Pertandingan yang berhasil menarik perhatian paling banyak penonton adalah babak yang mempertemukan MAD Team asal Taiwan dengan Team Flash asal Filipina. Kedua tim tersebut bertemu pada hari ketiga dari Arena of Valor World Cup.

Turnamen Arena of Valor World Cup disiarkan selama 118 jam dan berhasil mendapatkan 17,3 juta hours watched dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 147 ribu orang. Team Flash dari Filipina merupakan tim yang paling populer. Total hours watched dari tim esports tersebut mencapai 2,29 juta jam dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 247,1 ribu orang. Tim terpopuler kedua adalah Buriram United Esports dari Thailand. Tim itu memiliki jumlah penonton rata-rata sebanyak 191,3 ribu orang dan total hours watched sebanyak 3,48 juta jam.

Tim dan pertandingan terpopuler di Arena of Valor World Cup. | Sumber: Esports Charts

Di YouTube, siaran Arena of Valor World Cup berhasil mendapatkan 64,1 juta views dan 405 ribu likes. Siaran dari turnamen tersebut disiarkan dalam enam bahasa, yaitu bahasa Inggris, Indonesia, Spanyol, Mandarin, Thailand, dan Vietnam. Dari keenam bahasa tersebut, siaran dengan bahasa Vietnam menjadi yang paling populer, dengan peak viewers mencapai 412,8 ribu orang. Bahasa paling populer kedua adalah Thailand — dengan 149,5 ribu peak viewers — diikuti dengan Mandarin, dengan 52,3 ribu peak viewers.

3. WePlay AniMajor

Dengan jumlah peak viewers mencapai 645 ribu orang, WePlay AniMajor duduk di peringkat tiga dalam daftar turnamen esports paling populer pada Juni 2021. AniMajor juga merupakan turnamen Major Dota 2 terakhir sebelum The International. Dan turnamen tersebut berhasil menjadi turnamen non-TI terpopuler, dengan jumlah hours watched sebanyak 37,3 juta jam. Lama siaran dari WePlay AniMajor adalah 127 jam dan jumlah penonton rata-rata dari kompetisi itu mencapai 272,8 ribu orang.

Tim dan pertandingan yang populer di WePlay AniMajor. | Sumber: Esports Charts

Babak semifinal antara Evil Geniuses dan T1 menjadi pertandingan dengan jumlah penonton terbanyak. Sementara pertandingan terpopuler kedua adalah pertandingan yang mempertemukan EG dengan TNC Predator pada hari ke-3  dari babak playoff. Pertandingan final antara EG dengan PSG.LGD justru hanya menjadi pertandingan terpopuler ke-5, dengan jumlah peak viewers mencapai 445,8 ribu orang.

Di WePlay AniMajor, tim yang mendapatkan penonton paling banyak adalah Virtus.Pro, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 318,06 ribu orang. Sementara tim terpopuler kedua adalah Alliance — yang mendapatkan jumlah penonton rata-rata sebanyak 309,62 ribu orang — diikuti oleh T1, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 293,56 ribu orang.

2. LCK Summer 2021

Turnamen dari League of Legends kembali masuk dalam daftar turnamen esports terpopuler pada Juni 2021. Pada Mei 2021, League of Legends Champions Korea (LCK) Spring 2021 menjadi turnamen esports terpopuler ke-3. Pada Juni 2021, LCK Summer 2021 duduk di peringkat dua. Menawarkan total hadiah sebesar US$336 ribu, LCK Summer 2021 dimulai pada 9 Juni dan akan berakhir pada 15 Agustus 2021.

Saat ini, jumlah peak viewers dari LCK Summer 2021 mencapai 720 ribu orang. Pertandingan terpopuler dari LCK Summer 2021 adalah pertandingan yang mempertemukan T1 dengan Damwon KIA. Tidak aneh jika pertandingan tersebut menarik banyak penonton, mengingat T1 dan Damwon KIA merupakan dua tim terpopuler di LCK Summer 2021. Dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 298,87 ribu orang, T1 menjadi tim terpopuler di liga LOL Korea. Sementara Damwon KIA menjadi tim terpopuler kedua, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 237,71 ribu orang.

Data penonton dari LCK Summer 2021 di Twitch dan YouTube. } Sumber: Esports Charts

Sejauh ini, total air time dari LCK mencapai 154 jam, dengan jumlah hours watched sebanyak 28,5 juta jam dan jumlah penonton rata-rata sebanyak 185,4 ribu orang. Di YoutTube, siaran LCK Summer 2021 mendapatkan 7,7 juta views dengan 75,7 ribu likes. Siaran dalam bahasa Korea menjadi siaran yang paling populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 405,4 ribu orang, diikuti dengan siaran dalam bahasa Inggris dan Vietnam.

1. MLBB Southeast Asia Cup 2021

Gelar turnamen esports terpopuler pada Juni 2021 jatuh pada kompetisi Mobile Legends: Bang Bang. Dengan jumlah peak viewers mencapai 2,3 juta orang, MLBB Southeast Asia Cup 2021 berhasil menjadi turnamen esports terpopuler pada Juni 2021. Grand final menjadi babak yang paling populer. Dalam pertandingan tersebut, EVOS Esports bertemu dengan tim Execration dari Filipina. Tampaknya, pertandingan antara kedua tim itu memang selalu menarik perhatian. massa. Pasalnya, pertandingan terpopuler kedua juga merupakan pertandingan antara EVOS dan Execration, yaitu ketika mereka bertemu di babak playoff pada hari pertama. Pada pertandingan itu, jumlah peak viewers mencapai 1,9 juta orang.

Pertandingan dan tim terpopuler di MLBB Southeast Asia Cup. | Sumber: Esports Charts

Dari segi jumlah penonton rata-rata, EVOS unggul dari Execration dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 986,3 ribu orang. Namun, dari segi hours watched, Execration justru lebih unggul, dengan jumlah hours watched sebanyak 14,32 juta jam. Moonton menyiarkan Southeast Asia Cup 2021 di empat platform streaming, yaitu YouTube, Facebook, TikTok, dan NimoTV. YouTube menjadi platform paling populer, dengan jumlah peak viewers mencapai 1,2 juta orang. Namun, Facebook dan NimoTV juga berhasil menarik banyak penonton. Jumlah peak viewers di Facebook mencapai 710 ribu orang dan NimoTV 699 ribu orang.

*Disclosure: Esports Charts adalah Partner dari Hybrid.co.id.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV