Esports Ecosystem

Turnamen Esports Terpopuler Agustus 2020: PUBG Mobile dan MLBB Masih Perkasa

11 Sep 2020 | Akbar Priono
Tayangan PMWL 2020 East Region, dan MPL ID berhasil menyodok dua liga besar LoL, yaitu LEC dan LCK.

Bulan Juli 2020 lalu kita melihat banyak turnamen esports game mobile menguasai daftar tayangan esports terpopuler. Mobile Legends dan PUBG Mobile menjadi dua game yang mendapat sorotan, mengingat catatan penonton MPL Invitational yang berhasil menyalip LCK Korea Selatan, dan tayangan PUBG Mobile World League – East Region yang jumlah konsumsinya begitu besar di Indonesia.

Jelang pertengahan September 2020, Esports Charts kembali merilis laporan turnamen esports terpopuler, kali ini untuk bulan Agustus 2020. PUBG Mobile dan Mobile Legends ternyata masih perkasa bulan ini. Gelaran PMWL East yang dimenangkan oleh Bigetron RA menjadi tayangan esports paling banyak ditonton dengan jumlah penonton terbanyak di saat bersamaan (peak viewers) sebanyak 1.153.865 orang.

Catatan turnamen esports terpopuler bulan Agustus dari Esports Charts. Sumber: Esports Charts
Catatan turnamen esports terpopuler bulan Agustus dari Esports Charts. Sumber: Esports Charts

Mobile Legends mengisi peringkat 3 dengan laga El Classico di pekan pertama MPL ID 2020 Season 6, yang mencatatkan jumlah penonton terbanyak di saat bersamaan sebanyak 884.898 orang. Menariknya, dua liga esports yang terbilang baru tersebut, berhasil menyodok posisi liga-liga esports yang lebih matang.

Jumlah penonton esports MLBB lagi-lagi berhasil melampaui LCK, liga League of Legends kasta satu Korea Selatan. Dalam daftar tersebut LCK mengisi peringkat 4, dengan jumlah penonton terbanyak di saat bersamaan sebanyak 823.597 orang pada pertandingan antara Afreeca Freecs melawan T1, yang terjadi tanggal 26 Agustus lalu.

Sementara itu PMWL East menyalip LEC, liga League of Legends kasta satu Eropa. Dalam daftar tersebut LEC Summer mengisi peringkat 2, dengan jumlah penonton terbanyak di saat bersamaan sebanyak 900.377 orang pada pertandingan El Classico G2 vs Fnatic, yang terjadi tanggal 29 Agustus 2020 lalu.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah munculnya Fall Guys ke dalam daftar ini. Walau cuma mengisi peringkat 5 saja, namun Twitch Rivals Fall Guys Showdown berhasil mencatatkan jumlah penonton terbanyak di saat bersamaan sebanyak 565.971 orang pada pertandingan yang terselenggara tanggal 28 Agustus 2020 lalu.

Sumber: MPL ID
Laga El Classico masih menjadi salah satu laga yang paling menyedot perhatian khalayak esports MLBB Indonesia. Sumber: MPL ID

Jika melihat catatan ini, esportsgamemobile sepertinya masih tetap menunjukkan potensi yang menjanjikan di masa depan. Esports Indonesia juga menunjukkan potensi yang besar, jika melihat bagaimana jumlah penonton laga EVOS vs RRQ bisa lebih banyak dari jumlah penonton T1, yang merupakan salah satu tim League of Legends terbaik dunia.

Potensi besarnya esports Indonesia juga terlihat dalam skena PUBG Mobile. Menurut catatan terakhir dari Hybrid.co.id, tayangan bahasa Indonesia PMPL ID 2020 Season 2 sempat mencapai angka 2,3 juta views, tepatnya pada pertandingan week 3 day 3 (30 Agustus 2020).

Melihat hal ini, mungkin suatu hari nanti esportsgamemobile akan menjadi tren baru, yang lebih besar daripada esportsgame PC. Siapa yang tahu?