Esports Ecosystem

Turnamen Dota 2 DreamLeague Season 12 Akan Digelar di Rotterdam, Belanda

12 Jun 2019 | Ayyub Mustofa
Selain DreamLeague Season 12, Rotterdam juga menaungi turnamen CS:GO DreamHack Open 2019.

Gelaran DreamLeague telah lama menjadi salah satu ajang kompetisi yang prestisius di dunia esports Dota 2. Musim lalu DreamLeague Season 11 bahkan didapuk menjadi salah satu turnamen Major di Dota Pro Circuit (DPC) periode 2018 – 2019, dengan nama julukan Stockholm Major. Kali ini DreamHack selaku organizer akan memboyong DreamLeague Season 12 ke kota—bahkan negara—yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya, yaitu kota Rotterdam di Belanda.

Berhubung DreamHack adalah organizer yang berbasis di negara Swedia, umumnya turnamen DreamLeague pun digelar di Swedia pula. Sebelum ini hanya ada satu kali DreamLeague yang berlangsung di luar Swedia, yaitu DreamLeague Season 7 di Atlanta, Amerika Serikat. Jadi DreamLeague Season 11 punya posisi yang masih cukup spesial.

Seperti musim-musim sebelumnya, DreamLeague Season 12 masih disponsori oleh CORSAIR, dan menawarkan hadiah senilai total US$250.000 (sekitar Rp3,56 miliar). Acara dilangsungkan pada tanggal 18 – 20 Oktober 2019, berlokasi di gedung Rotterdam Ahoy yang memiliki kapasitas tempat duduk kurang lebih 16.000 penonton. Gedung ini beberapa waktu lalu juga digunakan oleh Riot Games untuk menggelar turnamen League of Legends European Championship (LEC) Spring Finals di bulan April.

Jumlah hadiah yang ditawarkan memang jauh lebih kecil daripada DreamLeague Season 11/Stockholm Major yang menawarkan hingga US$1.000.000. Itu karena DreamLeague Season 12 tidak termasuk ke dalam Dota Pro Circuit. Maklum, DPC periode 2018 – 2019 sebentar lagi akan berakhir, dan kita akan memasuki persiapan menuju turnamen The International 2019 pada bulan Agustus. Namun siapa tahu, bisa saja ada perubahan rencana dan DreamLeague Season 12 jadi bagian dari DPC musim 2019 – 2020. Masih ada waktu cukup panjang hingga bulan Oktober nanti.

DreamLeague Season 12 - Poster
Sumber: DreamHack

“Senang sekali bisa melanjutkan event besar musim lalu di Stockholm dengan mengirimkan pengalaman DreamLeague ke negara baru,” ujar co-CEO DreamHack, Marcus Lindmark, dilansir dari The Esports Observer. “DreamHack Rotterdam akan menjadi latar yang sempurna untuk CORSAIR DreamLeague Season 12 dengan ribuan penggemar esports dan gaming berkumpul di Rotterdam Ahoy untuk festival selama tiga hari.”

DreamHack Rotterdam adalah nama acara festival gaming yang menaungi turnamen DreamLeague Season 12. Acara ini merupakan menu utama dari ajang besar yang disebut Rotterdam Games Week. Selain turnamen Dota 2 DreamLeague Season 12, ada juga turnamen Counter-Strike: Global Offensive bernama DreamHack Open 2019 yang menawarkan hadiah senilai US$100.000. Omen by HP berperan sebagai presenting partner yang menjadi sponsor utama acara DreamHack Rotterdam.

Sumber: The Esports Observer, DreamHack, Rotterdam Games Week