Esports Ecosystem

TSM Juara Apex Legends Preseason Invitational

17 Sep 2019 | Ellavie Ichlasa Amalia
Sebelum Preseason Invitational, TSM telah memenangkan EXP Invitational

Team SoloMid menjadi juara dari Apex Legends Preseason Invitational. Dengan ini, mereka berhasil memenangkan dua turnamen Apex Legends berturut-turut. Sebelum Preseason Invitational, TSM telah berhasil memenangkan EXP Invitational pada Agustus lalu. Meskipun TSM berhasil memenangkan dua turnamen Apex Legends berturut-turut, itu bukan berarti mereka sangat mendominasi. Dalam Preseason Invitational, selisih poin antara TSM dengan juara kedua dan ketiga tidak lebih dari 10 poin.

Sama seperti PUBG dan Fortnite, Apex Legends adalah game battle royale. Dalam Preseason Invitational, tim yang berlaga akan mendapatkan poin berdasarkan performa, jumlah kill, dan posisi mereka pada akhir pertandingan. Tim yang mendapatkan nilai 50 poin akan masuk dalam pertandingan akhir. TSM mendapatkan 50 poin setelah pertandingan ke-5 dari total 11 pertandingan. Selain TSM, sejumlah tim esports ternama yang memperebutkan trofi Preseason Invitational antara lain Na’Vi, G2 Esports, dan Counter Logic Gaming. Tim 789 dari Rusia juga berhasil meraih 50 poin. Tim tersebut diangggap sebagai kuda hitam karena berhasil memenangkan winnerbracket pada hari sebelum babak final. Pertandingan berlangsung dengan ketat. TSM baru dipastikan sebagai juara pada pertandingan terakhir. Sebagai juara satu, TSM mendapatkan US$105 ribu, sementara di posisi kedua, Na’Vi membawa pulang US$75 ribu. Sementara tim 789 berhasil meraih peringkat enam dan memenangkan US$30 ribu.

Preseason Invitational diadakan di Krakow, Polandia. EA mengumumkan keberadaan turnamen tersebut pada Juli lalu. Dalam turnamen kali ini, ada 80 tim yang berlaga untuk memperebutkan total hadiah US$500 ribu. Masing-masing tim terdiri dari tiga orang. Tim TSM terdiri dari Jordan “Reps” Wolfe, Mac “Albralelie” Kenzie Beckwith, dan Phillip “ImperialHal” Dosen. Menariknya, meskipun TSM menjadi tim juara, tapi tidak ada satu pun anggotanya yang mendapatkan gelar “Apex Predator”, yang didapatkan oleh pemain yang paling sering membunuh pemain lainnya. Gelar itu dipegang oleh tiga orang yang memiliki jumlah kill yang sama, yaitu Nikita “clawz” Marchinsky dan Kirill “9impulse” Kostiv dari Na’Vi dan An “Selly” Jeong-hwan dari Wyvern. Tiga pemain yang mendapatkan gelar Apex Predator masing-masing mendapatkan US$2.666.

Preseason Invitational menjadi turnamen internasional pertama untuk game Apex Legends. Menurut juru bicara Respawn Entertainment, kompetisi tersebut menjadi turnamen terakhir sebelum musim pertandingan untuk tahun 2020 resmi dimulai. Sayangnya, tidak disebutkan kapan tepatnya musim pertandingan Apex Legends akan dimulai.

Sumber: win.gg, Dexerto, Dot Esports