Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Tri Indonesia Luncurkan Ekosistem Gaming Bertajuk H3RO

30 September 2020Akbar Priono

Ekosistem H3RO mencoba memenuhi 3 aspek penting para gamers, yaitu konektivitas, wadah berkomunitas, dan kemudahan pembelian konten-konten digital.

Melihat geliat ekosistem gaming dan esports lokal, PT Hutchison 3 Indonesia akhirnya secara resmi meluncurkan ekosistem gaming sendiri yang bernama H3RO. Ekosistem tersebut menyertakan 3 aspek, yaitu konektivitas khusus untuk para gamers, hub untuk komunitas gaming dan esports, serta kemudahan akses terhadap konten digital serta aksesori untuk kebutuhan gaming.

Dalam hal konektivitas Tri menyediakan kartu perdana khusus bernama H3RO, yang memiliki kuota khusus untuk game-game tertentu. Dalam hal wadah komunitas gaming dan esports, Tri Indonesia menyediakan berbagai tips dan trik serta coachingclinic yang disajikan oleh para pelaku industri gaming dan esports lokal. Terakhir H3RO juga memudahkan akses terhadap konten digital serta aksesori gaming, lewat sistem pembayaran konten digital dengan pulsa, dan ecommerce khusus yang menyediakan aksesori untuk kebutuhan gaming.

Sumber: Tri Indonesia
Coaching Clinic dari Melondoto dengan topik seputar caster game menjadi salah satu bentuk sajian Tri Indonesia untuk komunitas. Sumber: Tri Indonesia

Terkait peluncuran ekosistem terbaru ini, Dolly Susanto selaku Chief Commercial Officer 3 Indonesia mengatakan. “Kini kian banyak orang beralih ke solusi digital untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Kami memprediksi gaming dengan segala keseruan, ketegangnan, dan kesenangannya akan menjadi bagian penting dalam kehidupan digital anak muda Indonesia. Prediksi kami benar, dengan pertumbuhan industri mobilegaming yang begitu cepat dan tidak menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Kami berharap H3RO gaming ecosystem akan menjadi jawaban atas segala kebutuhan para penggemar mobilegames untuk dapat meningkatkan pengalaman gaming mereka.”

Secara global, Newzoo sempat memprediksi bahwa jumlah pemain game di dunia akan mencapai angka 2,69 miliar orang di 2020, dan terus meningkat setelahnya. Dalam acara konfrensi pers, Dolly Susanto juga mengungkap data internal Tri Indonesia dalam hal gaming. Dolly mengatakan bahwa jumlah pengguna Tri yang bermain game meningkat sekitar 4,5 juta orang dalam satu tahun, yaitu dari 13 juta orang pada Agustus 2019, menjadi 17,5 juta orang pada Agustus 2020.

Lebih lanjut, Desmond Cheung selaku ChiefTechnicalOfficer3 Indonesia juga menjelaskan bagaimana komitmen PT Hutchison 3 Indonesia untuk terus membangun infrastruktur demi memberikan pengalaman penggunaan jaringan 4G yang terbaik. Beberapa di antaranya seperti kerja sama dengan DOCOMO untuk penerapan teknologi Narrow Beam Antenna, yang membuat konektivitas mobile di gedung tinggi jadi lebih stabil. Komitmen lain yang juga dilakukan untuk memperluas jaringan salah satunya adalah dengan membangun lebih dari 5000 BTS baru sejak dari Maret 2020 lalu, dan berencana menambah 300 BTS lagi hinggal akhir tahun 2020.

Sumber: Tri Indonesia
Sumber: Tri Indonesia

“Kami sadar jaringan internet yang unggul adalah bagian penting dari pengalaman bermain mobilegames.” Ucap Desmond Cheung. “Untuk itu, penyempurnaan jaringan adalah prioritas kami dalam mengembangkan gaming ecosystem. Sepanjang 2020, kami telah menerapkan berbagai teknologi seperti service awareness, packetcorenetwork, dan dynamicspectrumssharing. Kami senang ketika mengetahui bahwa pengalaman penggunaan internet di jaringan Tri berada di posisi yang sangat kompetitif bahkan tertinggi di aspek gamingexperience, berdasarkan dari laporan perusahaan analitik selular independen pada Juli 2020.” Lanjut Desmond menjelaskan.

Tri mungkin bisa dibilang sebagai perusahaan telekomunikasi ketiga yang gencar menyokong ekosistem gaming dan esports di Indonesia, setelah Telkomsel dan Smartfren yang terbilang sudah lebih dulu membuat berbagai inisiatif terkait gaming dan esports. Melihat ini, potensi masa depan ekosistem gaming dan esports sepertinya menjadi lebih cerah, mengingat banyaknya pihak yang turut mendukung, bahkan termasuk perusahaan telekomunikasi besar seperti PT Hutchison 3 Indonesia.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV