28 March 2022

by Glenn Kaonang

Tren Metaverse Tidak Terbendung, Bahkan Perusahaan Nutrisi Pun Berniat Menjajaki Metaverse

Dibantu WIR Group, Kalbe Nutritionals berniat memperluas jaringan produk dan layanannya ke metaverse lewat proyek “Nutrition for Life”

Hingar bingar metaverse terus merajalela sampai ke berbagai macam industri. Yang terbaru, PT Sanghiang Perkasa, atau yang mungkin lebih dikenal dengan nama Kalbe Nutririonals, mengumumkan rencananya untuk menjajaki metaverse. Dalam mewujudkan visinya tersebut, Kalbe Nutritionals menggandeng WIR Group, perusahaan pengembang teknologi metaverse yang beberapa kali menjadi sorotan publik belakangan ini berkat kolaborasinya dengan banyak perusahaan ternama tanah air.

Seperti dijelaskan dalam siaran persnya, melalui kerja sama ini, Kalbe Nutritionals berniat untuk memperluas jaringan produk serta layanannya ke dunia metaverse dalam proyek yang dinamakan "Nutrition for Life in Metaverse". Kerja sama ini diharapkan bisa memberi manfaat baik, tak hanya bagi perusahaan, tetapi juga buat masyarakat yang semakin erat dengan perkembangan ekosistem dunia digital.

"Kolaborasi dengan WIR Group ini menjadi jembatan bagi Kalbe Nutritionals untuk memberikan masyarakat khususnya generasi milenial, pengalaman dalam merasakan layanan serta produk nutrisi terbaik untuk bersama-sama menyehatkan bangsa hingga generasi ke depan," ucap Presiden Direktur Kalbe Nutritionals, Ongkie Tedjasurja.

Menurutnya, proyek Nutrition for Life ini merupakan upaya Kalbe Nutritionals untuk membantu pemerintah Indonesia dalam menurunkan angka stunting di tahun 2024 sebesar 14%. "Melalui kehadiran Kalbe Nutritionals di dunia metaverse, akan memberikan edukasi dan menyediakan nutrisi untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) termasuk edukasi dan nutrisi bagi kaum muda, dewasa, hingga orang tua. Inilah yang nantinya menjadikan experience yang ada di dunia metaverse akan berbeda bagi konsumen kami," imbuh Ongkie.

Dari pihak WIR Group sendiri, dijelaskan bahwa sebagai penyedia platform yang menggabungkan teknologi AR, VR, dan AI, mereka akan membangun infrastruktur digital berupa lahan virtual yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan dan diisi oleh beragam konten yang disesuaikan dengan kebutuhan Kalbe Nutritionals. Kehadiran Kalbe Nutritionals nantinya akan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai nutrisi dan kesehatan dengan cara yang lebih interaktif dan menghibur.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, Kalbe Nutritionals bukanlah perusahaan Indonesia pertama yang bermitra dengan WIR Group untuk menginisiasi langkah awalnya di metaverse. Belum lama ini, Bank Mandiri juga mengumumkan inisiatif metaverse-nya yang digarap bersama WIR Group.