Dark
Light

Transaksi di Camera.co.id Dengan Kaspay

1 min read
June 22, 2010

Kaskus tampaknya semakin memperluas penggunaan payment system mereka, Kaspay, ke pihak ketiga. Pengumuman yang muncul dari tweet Andrew Darwis, founder Kaskus siang ini berbunyi “Online shopping diskrg pembayaran bisamenggunakan Kaspay.com Camera.co.id , .”

Sejak diperkenalkan akhir tahun lalu memang belum terlihat agresivitas Kaspay sebagai alternatif payment gateway di Indonesia. Dua situs yang menggunakan Kaspay ini baru PlayOn, sebuah situs online gaming, dan situs e-commerce Indo.co.id. Selain itu tentunya juga bisa digunakan untuk bertransaksi di jaringan Kaskus, mulai dari  pembelian pulsa dan pembelian iklan di Kaskus, hingga ke program donasi mereka.

Camera.co.id sendiri sebelumnya sudah punya cara bertransaksi sendiri yang mereka klaim “hanya 3 menit,” tapi kalau dilihat runutannya sepertinya cukup panjang. Prosesnya seperti biasa layaknya online shopping di sini, melibatkan transfer bank dan konfirmasi pembayaran yang masih terhitung online, tapi ngga real-time.

Dengan Kaspay ini, ditawarkan alternatif pembayaran yang lain, dan karena sifatnya yang memotong saldo maka seharusnya transaksi pun menjadi lebih cepat dan lancar.

Kaspay memang masih belum bisa disebut payment system yang ideal, tapi keberadaannya sudah mempermudah transaksi online. Tinggal tingkat adopsinya aja yang masih harus ditingkatkan. Memang masih ditunggu inovasi payment gateway yang paling cocok untuk kondisi pasar Indonesia, yang notabene terbiasa dengan transaksi cash.

Dan akhirnya gue bisa juga ternyata bikin postingan tentang Kaskus tanpa harus memakai jargon-jargon khas mereka. Mangstab Gan! Oh, dammit.

4 Comments

  1. Question : masihkah valid kalo bilang bahwa Kaspay ini melayani Micropayment? Sepertinya udah masuk ke transaksi yang bukan micro 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Where Have You Been, Google?

Next Story

Quora Siap Digunakan Oleh Publik

Latest from Blog

Don't Miss

Bisnis Xendit 2021

Xendit Memproses Transaksi Lebih dari 171 Triliun Rupiah, Pertumbuhan Terbesar dari Produk Digital

Startup payment gateway Xendit mengungkapkan sepanjang tahun ini (periode 30

Xendit Targets SME Players, to Release Online Store and Business App

Xendit’s focus on empowering the MSME sector, including individual traders