7 January 2016

by Bambang Winarso

Toshiba Hadirkan Dynapad, Lawan Seimbang Samsung Galaxy TabPro S

Toshiba Dynapad sambangi pasar Amerika dan Eropa

Toshiba memanfaatkan momentum perhelatan CES 2016 untuk memperkenalkan kembali tablet convertible terbarunya, Dynapad. Perlu diketahui bahwa tablet berukuran 12 inci dengan OS Windows 10 ini sudah pernah disibak tahun lalu. Kehadirannya di CES 2016 ditengarai merupakan batu loncatan bagi Toshiba untuk memboyong tabletnya ini ke pasar Eropa dan sejumlah kawasan di Amerika.

Toshiba Dynapad Windows 10 mengusung layar WUXGA+ 12 inci yang memiliki resolusi 1,920 x 1,280 piksel. Layarnya dibangun dari teknologi IPS plus tambahan anti-reflection yang memberikan kenyamana ketika digunakan dengan berbagai kondisi dan sudut pandang. Menimbang soal dimensi, Toshiba menjuluki tabletnya ini sebagai yang tertipis. Ketebalan Dynapad tercatat di 6,9mm dengan bobot 1,25lbs. Tapi jika dibandingkan dengan tablet Windows 10 terbaru Samsung, yakni Galaxy TabPro S, tampaknya Toshiba harus menarik klaimnya tersebut, sebab tablet Samsung ini ternyata masih lebih tipis, yakni 6,3mm dan bobot 1,53lbs.

Walau begitu, Toshiba Dynapad tetaplah sebuah perangkat tablet yang mempunyai daya tarik istimewa. Tablet mempunyai performa yang sangat menjanjikan, berupa prosesor Intel Atom x5 Z8300 berkecepatan 1.44 GHz serta dukungan RAM sebesar 4GB dan memori 64GB. Toshiba juga telah menjejalkan sejumlah aplikasi tambahan seperti TruNote, TruRecorder, TruNote Clip, TruCapture serta TruNote Share.

Tambahan lain yang tak kalah menggembirakan adalah sebuah stylus berakurasi tinggi Wacom Activate Electronics (ES) TruePen dengan level tekanan sebanyak 2.048. Stylus ini dirancang untuk mempermudah aktivitas pengguna baik ketika menjelajah dunia maya via Microsoft Edge atau ketika tenggelam dalam tumpukan dokumen Office.

Saat ini Toshiba sudah memajang tablet Windows 10 terbaru ini di situs resminya dengan banderol $649 per unit.

Sumber berita Firstpost dan Microsoft.