10 Tools untuk Membuat Prompt ChatGPT dan Berbagai Generative AI Lain

Output yang dihasilkan generative AI sangat bergantung pada input yang pengguna cantumkan. Berikut tools untuk membantu membuat prompt AI yang lebih baik

Menggunakan tools AI macam ChatGPT maupun Stable Diffusion itu gampang-gampang susah. Gampang karena siapa pun bisa bertanya atau memberikan instruksi dan mendapatkan hasil yang sesuai, susah karena hasilnya mungkin bakal terkesan terlalu generik.

Hal ini dikarenakan output yang dihasilkan tools AI sangatlah bergantung pada input yang pengguna berikan. Semakin detail input atau prompt yang pengguna cantumkan, biasanya semakin detail pula output yang dihasilkan oleh tools AI. Perbedaan tingkat kepiawaian menuliskan prompt untuk tools AI ini pada akhirnya menciptakan profesi baru yang dikenal dengan nama prompt engineer.

Menjadi prompt engineer bukanlah tugas yang mudah. Sama seperti seorang software engineer yang perlu menguasai bahasa pemrograman, seorang prompt engineer pun juga perlu menguasai cara berinteraksi dengan tools AI secara efektif dan efisien. Kabar baiknya, sekarang sudah ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda membuat prompt AI yang lebih baik lagi.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 tools yang dapat membantu Anda menciptakan prompt untuk tools AI seperti ChatGPT, DALL-E, Midjourney, maupun Stable Diffusion. Apa pun tools AI yang Anda gunakan, selalu ada cara untuk memaksimalkan output-nya, dimulai dari pemilihan kata yang tepat pada prompt-nya.

EasyPrompt Library

Sesuai namanya, EasyPrompt Library memberikan akses yang mudah ke kumpulan prompt terbaik untuk ChatGPT. Anda bisa memilih dari berbagai kategori seperti copywriting, edukasi, finansial, SEO, maupun melakukan pencarian berdasarkan kata kunci.

Sudah menemukan prompt yang diinginkan? Langsung saja klik tombol Copy dan paste teksnya ke ChatGPT. Simpel, praktis, dan lebih hemat waktu daripada harus merangkai kata satu demi satu.

FlowGPT

Premis utama yang ditawarkan FlowGPT pada dasarnya cukup mirip seperti EasyPrompt Library tadi. Bedanya, FlowGPT memiliki tampilan yang lebih fancy sekaligus fitur komunitas yang lebih lengkap, termasuk halnya forum untuk berdiskusi.

FlowGPT juga memiliki fitur bernama Playground yang memungkinkan pengguna untuk menjajal langsung contoh prompt-nya tanpa harus berpindah tab browser. Kalau Anda butuh inspirasi contoh prompt untuk ChatGPT, jangan segan untuk berkunjung ke FlowGPT.

eCommerce Prompts

Dari namanya saja sudah kelihatan jelas bahwa eCommerce Prompts merupakan tempat yang tepat untuk mencari prompt AI terbaik seputar e-commerce. Database-nya mencakup lebih dari 2 juta prompt, dan pengguna dapat mengaksesnya dengan memilih sejumlah parameter dalam tampilan yang sangat mudah dipahami.

Jadi setelah memilih tipe konten yang hendak dibuat — entah itu deskripsi produk, email, laman FAQ, dan lain sebagainya — Anda tinggal memberikan sejumlah konteks seperti nama brand maupun tipe produk yang ditawarkan. Setiap parameter yang ditambahkan akan otomatis memodifikasi prompt yang dihasilkan, sehingga pengguna bisa mendapatkan prompt yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan spesifiknya masing-masing.

Promptly

Promptly bisa dibilang merupakan cara tergampang untuk mendapatkan contoh prompt ChatGPT dari berbagai topik dan kategori. Wujudnya yang berupa extension untuk browser Chrome berarti pengguna bisa langsung mencari contoh prompt dan menyalinnya tanpa perlu meninggalkan ChatGPT sama sekali.

PromptPerfect

Seperti namanya, Prompt Perfect merupakan tools untuk mengoptimalkan prompt AI yang Anda buat. Katakanlah Anda punya prompt ChatGPT yang terdiri dari 8 kata, PromptPerfect dapat mengelaborasi dan memperluasnya hingga mencakup 60 kata atau bahkan lebih, sehingga output yang Anda dapatkan juga bakal lebih detail lagi ketimbang jika Anda memakai prompt aslinya.

Di samping ChatGPT, PromptPerfect juga mendukung banyak model AI lain, di antaranya GPT-4, Claude, DALL-E, Stable Diffusion, dan Midjourney. Menariknya, selain mengoptimalkan prompt pengguna, PromptPerfect juga akan memberi penjelasan mengenai bagian apa saja yang telah dioptimalkan.

PromptPerfect merupakan tools berbayar dengan tarif mulai $10 per bulan, namun ia juga menawarkan versi gratisan dengan batas penggunaan.

Promptist

Anda hanya butuh prompt yang lebih baik untuk membuat gambar dan tidak perlu penjelasan mengenai bagian mana saja yang sudah dioptimalkan? Silakan coba Promptist, sebuah tools sederhana bikinan Microsoft yang spesifik dirancang untuk mengoptimalkan prompt buat Stable Diffusion versi 1.4.

Cara menggunakannya tidak lebih dari sebatas mengetikkan prompt dan mengklik tombol "Submit". Beberapa detik kemudian, Promptist akan menampilkan prompt yang sudah dimodifikasi dengan sederet kata sifat, yang kemudian bisa langsung Anda salin dan cantumkan ke Stable Diffusion.

Prompstacks

Kalau Anda ingin belajar dasar-dasar prompt engineering dan tidak sebatas mengandalkan tools yang terdapat dalam daftar ini untuk membuat prompt AI, maka Prompstacks patut Anda pertimbangkan. Secara sederhana, Prompstacks merupakan platform berbasis komunitas untuk belajar tentang tips dan trik menggunakan generative AI.

Ada banyak sekali dokumentasi teknis mengenai generative AI yang bisa dibaca secara gratis di Prompstacks. Alternatifnya, kalau Anda benar-benar ingin serius mendalami ChatGPT maupun Midjourney, Anda bisa mengikuti kursus berbayar yang dipandu oleh instruktur profesional.

Harapannya, setelah menghabiskan waktu di Prompstacks, Anda jadi bisa lebih efisien dan efektif dalam mengoperasikan berbagai tools generative AI.

PromptHero

PromptHero merupakan galeri online karya seni AI sekaligus tempat untuk mendapatkan contoh prompt buat berbagai AI image generator. Pada setiap gambar yang ada di PromptHero, Anda bisa melihat tools AI sekaligus prompt yang digunakan oleh kreatornya masing-masing. Anda juga bisa mencari gambar beserta prompt-nya berdasarkan kata kunci maupun berdasarkan tools AI pembuat gambar yang dipakai.

promptoMANIA

Ingin menciptakan gambar AI berdasarkan prompt sendiri, tapi bingung bagaimana cara membuat prompt yang mendetail? Gunakan fitur Prompt Builder yang ada di promptoMANIA. Tools ini mendukung berbagai model AI image generator, termasuk halnya Midjourney, Stable Diffusion, CF Spark, DALL-E, dan masih banyak lagi.

Selagi meracik prompt, pengguna bakal dihadapkan dengan segudang parameter kustomisasi. Menariknya, masing-masing parameter ini didampingi oleh ilustrasi sehingga pengguna bisa mendapatkan bayangan mengenai jenis gambar yang ingin dihasilkannya.

Kalau Anda selalu heran kenapa hasil gambar AI yang Anda buat terkesan generik dan tidak sesuai ekspektasi, silakan coba lagi dengan memanfaatkan tools gratis yang satu ini.

PromptBase

Sebaliknya, kalau Anda benar-benar ingin serius mendalami dunia karya seni AI dan butuh prompt yang dapat menghasilkan gambar-gambar bermutu, Anda bisa membelinya dari PromptBase. Ya, PromptBase merupakan marketplace khusus untuk memperdagangkan prompt AI.

Seperti yang saya sebutkan di awal, prompt engineering bukanlah pekerjaan mudah, dan PromptBase pada dasarnya menawarkan kita cara untuk memonetisasi usaha-usaha keras kita dalam memformulasikan prompt yang berkualitas.

Perlu dicatat, yang diperdagangkan di sini hanyalah sebatas teks prompt-nya saja, bukan hasil akhir gambarnya. Anda masih harus mencantumkan prompt tersebut ke tools AI yang sesuai untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan contoh gambarnya.

Gambar header: Matheus Bertelli via Pexels.