18 July 2022

by Glenn Kaonang

Tony Hawk Siap Buat Skatepark Virtual Terbesar di Metaverse

Skateboarder legendaris Tony Hawk mengumumkan kemitraannya dengan The Sandbox untuk membuat skatepark virtual terbesar di metaverse

Di dunia skateboarding, sepertinya tidak ada nama yang lebih terkenal ketimbang Tony Hawk. Skateboarder legendaris asal Amerika Serikat itu telah beberapa kali mendapati namanya dijadikan judul video game, dan beliau kini juga ingin menginvasi ranah lain yang tengah menjadi sorotan publik, yaitu metaverse.

Lewat siaran pers, Tony Hawk mengumumkan bahwa dirinya telah menjalin kerja sama dengan platform metaverse populer The Sandbox, dengan tujuan untuk menciptakan skatepark virtual terbesar di metaverse. Skatepark tersebut akan dibangun di atas lahan virtual berukuran 6x6 di dalam The Sandbox.

Buat yang tidak tahu, lahan virtual di The Sandbox merupakan aset NFT dengan nilai yang spektakuler. Pada marketplace NFT OpenSea, koleksi lahan virtual The Sandbox tercatat memiliki harga terendah (floor price) 1,97 ETH (± 43 jutaan rupiah) saat artikel ini ditulis, dan itu tentu saja untuk lahan berukuran 1x1.

Selain membangun skatepark megah yang dapat didatangi para pengguna metaverse, Tony Hawk juga akan berkolaborasi dengan platform NFT Autograph untuk menghadirkan koleksi NFT avatar yang terinspirasi Tony Hawk. Bukan cuma itu, koleksi NFT ini nantinya juga turut mencakup berbagai macam peralatan skateboarding, termasuk halnya papan skateboard yang Tony Hawk gunakan saat ia berhasil mengeksekusi trik sulit bernama "The 900" di tahun 1999.

The Sandbox bakal memastikan aset-aset NFT yang dibangun ini bersifat interoperable, yang berarti deretan avatarnya bakal dibuatkan versi voxel 3D yang sepenuhnya bisa dimainkan di metaverse.

Tentu saja, ini bukan pertama kalinya The Sandbox melangsungkan kolaborasi dengan sosok-sosok ternama. Mulai dari musisi seperti Deadmau5, Steve Aoki, dan Snoop Dogg, sampai perusahaan sekelas Ubisoft, semuanya sudah punya, atau setidaknya tengah mengembangkan proyek metaverse-nya masing-masing di The Sandbox.

The Sandbox sendiri merupakan anak perusahaan dari Animoca Brands, perusahaan pemodal ventura asal Hong Kong yang sangat getol berinvestasi di ranah Web3. Sejauh ini, total portofolio investasi Animoca Brands tercatat sudah menembus angka $1,5 miliar.

Sumber: CNBC. Gambar header: Hello I'm Nik via Unsplash.