Activision Umumkan Versi Remaster dari Tony Hawk's Pro Skater 1 dan 2

Tersedia di PS4, Xbox One, dan PC mulai 4 September 2020

Remaster dan remake sering kali dipandang sebagai 'metode malas' yang diterapkan developer game untuk meraup untung tanpa harus menciptakan konten yang benar-benar baru. Namun kalau dilihat dari perspektif lain, remaster dan remake juga bisa dianggap sebagai upaya untuk menghidupkan kembali mahakarya klasik, mengadaptasikannya dengan inovasi teknologi yang paling mutakhir.

Pada kenyataannya, sejumlah game mungkin lebih pantas dibuatkan versi remaster-nya ketimbang sekuel. Salah satu contohnya adalah Tony Hawk's Pro Skater 5, yang dilanda begitu banyak kendala teknis karena dibuat dan dirilis secara tergesa-gesa mendekati berakhirnya lisensi publikasi yang dipegang Activision di tahun 2015.

Penggemar sejati seri Tony Hawk's Pro Skater (THPS) pasti bakal lebih memilih memainkan versi remaster dari seri terbaiknya ketimbang berkutat dengan sekuel yang gagal seperti itu. Dan permintaan mereka rupanya bakal segera terkabulkan. Activision baru saja mengumumkan Tony Hawk's Pro Skater 1 and 2, remaster dari seri pertama dan kedua franchise THPS yang dirilis di tahun 1999 dan 2000.

Apa saja yang berubah dan apa yang dipertahankan? Yang berubah sudah pasti grafik, dan bisa kita lihat dari sejumlah screenshot-nya bahwa game ini sesuai dengan ekspektasi kita di tahun 2020 – 4K 60 fps kalau hardware Anda mampu. Activision memercayakan pengembangannya kepada Vicarious Visions, developer di balik remaster trilogi Crash Bandicoot, sekaligus yang dulunya pernah beberapa kali menggarap THPS versi Game Boy.

Soal konten, semua map dan karakter dari kedua game aslinya bakal kembali hadir di sini. Skater-skater kawak seperti Steve Caballero, Geoff Rowley, Bucky Lasek, Bob Burnquist, Chad Muska, dan masih banyak lagi, serta tentu saja Tony Hawk sendiri, bisa kembali dimainkan, lengkap bersama trik spesialnya masing-masing – "The 900"-nya Tony Hawk misalnya.

Deretan soundtrack THPS pertama dan kedua juga bakal kembali meramaikan versi remaster-nya, tapi sayang tidak semua karena terbentur perkara lisensi. Fitur Create-A-Skater maupun Create-A-Park tentu saja tersedia, kali ini dengan tingkat kustomisasi yang lebih mendetail, dan yang bisa dibagikan secara online dengan pemain lain.

Activision berencana merilis Tony Hawk's Pro Skater 1 and 2 pada tanggal 4 September 2020. Selain di PS4 dan Xbox One, game ini juga akan tersedia untuk PC via Epic Games Store. Selagi menunggu, tonton trailer memukaunya di bawah, yang juga menunjukkan komparasi langsung antara kedua game aslinya dengan versi remaster-nya ini.

Sumber: Video Games Chronicle dan Activision.