29 May 2023

by Yubian Asfar

Tokopedia Bawa Fitur Augmented Reality (AR) dan Hadirkan Pengalaman Makeup Virtual

Para pengguna Tokopedia bisa melakukan sistem belanja kosmetik secara online yang lebih praktis dengan fitur ini

Perusahaan e-commerce asli Indonesia, Tokopedia baru saja menghadirkan fitur Augmented Reality (AR). Tokopedia menghadirkan fitur ini sebagai salah satu cara memasarkan berbagai produk makeup seperti lipstik, foundation, maskara, dan berbagai priduk lain.

Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan percobaan secara virtual saat ingin membeli makeup.

“Inovasi teknologi AR Tokopedia hadir berkat kolaborasi bersama mitra strategis demi memberikan nilai tambah pada pengalaman belanja online. Dengan fitur ini kami berharap bisa makin membantu masyarakat mendapatkan produk makeup yang sesuai dengan warna kulit,” ungkap Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia, Azzahra Rahmani Ali.

Tokopedia Bawa Fitur AR Untuk Makeup. Sumber: Tokopedia

Bagaimana cara menggunakannya? Anda bisa mencoba fitur AR Tokopedia dengancukup ketik dan klik ‘Virtual Try On’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, Anda bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, yuk!’.

“Masyarakat juga bisa memilih hingga 4 varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis. Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” tambah Azzahra.

Fitur Baru Lain: Keyboard Tokopedia dan Bagikan Alamat

Tokopedia Bawa Fitur AR Untuk Makeup. Sumber: Tokopedia

“Khusus untuk pengguna iOS, kini dapat menggunakan fitur Keyboard Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan barang yang ada di wishlist Tokopedia Anda ke teman atau kerabat dengan lebih mudah,” ujar Azzahra.

Untuk mengaktifkan fitur Keyboard Tokopedia, pengguna bisa klik Settings (Pengaturan) di perangkat iOS dengan aplikasi Tokopedia versi 2.217 atau yang lebih baru, kemudian pilih Tokopedia.

Selanjutnya, klik menu ‘Keyboards’ dan aktifkan toggle Tokopedia, serta Allow Full Access. Pengguna lalu hanya perlu ke aplikasi chat apa pun dan klik serta tahan ikon , dan klik Tokopedia.

Selain fitur Keyboard Tokopedia, Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Bagikan Alamat. “Masyarakat bisa mengirimkan hampers, hadiah atau berbagai produk lainnya kepada teman atau kerabat dengan lebih mudah melalui dengan menggunakan fitur Bagikan Alamat. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu ketik alamat penerima secara manual,” jelas Azzahra.

Bagi para pengguna Tokopedia yang menerima permintaan alamat, buka aplikasi Tokopedia dan klik ikon di halaman utama Tokopedia, lalu klik notifikasi permintaan alamat, misalnya ‘Toppers meminta alamat kamu!’ dan pilih alamat untuk dibagikan, kemudian klik ‘Bagikan Alamat’.

Pasar Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Pascapandemi

Tokopedia Bawa Fitur AR Untuk Makeup. Sumber: Tokopedia

Riset e-Conomy SEA 2022 mengungkapkan sekitar 80% konsumen digital di Indonesia akan meningkat atau setidaknya mempertahankan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

BPOM di sisi lain mengungkapkan, pada tahun 2022, jumlah pelaku usaha di industri kecantikan di Indonesia tumbuh 20,6% dari tahun 2021. Peningkatan tersebut didominasi oleh UMKM, yakni sebesar 83%.

Tokopedia di sisi lain menggencarkan inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun Anda berada.

Contoh manifestasinya adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli, dan Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.