3 August 2022

by Daniel Hamiaz

YouTuber ini Berhasil Mengubah Toilet jadi PC Gaming

Dan berfungsi penuh sebagai Toilet dan sebuah PC secara bersamaan.

Ingin punya PC gaming tapi juga berfungsi sebagai toilet? Anda bisa mengikuti cara-cara yang dilakukan oleh modder yang satu ini.

Apakah Anda pernah membayangkan bermain games menggunakan Mouse dan Keyboard di kamar mandi? Maksimal Anda hanya akan membawa handphone (atau mungkin konsol) Anda ke kamar mandi. Namun, ada seorang YouTuber yang berhasil merakit PC, yang dimasukkan ke dalam toilet-nya.

Ia adalah Basically Homeless. YouTuber asal Amerika Serikat ini mengunggah sebuah video berisikan hasil modifikasinya tersebut, mulai dari persiapan, proses pembuatannya, hingga hasil akhirnya. "toilet" yang ia gunakan juga sukses memainkan sebuah game dengan lancar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Basically Homeless mengakui ia menghabiskan waktu 2 bulan untuk merencanakan, mempelajari cara kerja pipa air, hingga belajar memotong keramik. Microcenter, sebuah toko komputer di Amerika Serikat, mensponsori dan menyediakan perangkat PC yang ia gunakan untuk merakit PC gaming-nya.

Cara kerja dari "toilet gaming" ini dapat dibilang cukup sederhana. Tangki yang digunakan untuk mengisi air flush, ia isi sebagian dengan komponen PC. Sedangkan sebagiannya lagi, digunakan untuk menyimpan air, dengan membuat sekat dari Plexiglass dan lem. Ia juga tak lupa memasang kipas dalam tangki ini, untuk menjaga suhu komputer agar tetap adem.

Untuk meningkatkan penampilan, ia juga membuat satu sisi tangki transparan beserta lampu RGB, layaknya seperti PC Gaming. Dengan demikian, penonton bisa melihat isi dari tangki tersebut, baik komponen-komponen yang digunakan serta mekanisme flushing dari toilet.

Karena casing yang digunakan adalah toilet yang dimodifikasi, komponen PC yang digunakan juga terbatas pada besar komponennya. Dengan demikian ia menggunakan motherboard Mini-ITX. Berikut ini spesifikasi lengkap yang diberikan:

Motherboard: Gigabyte AORUS Pro DDR5 Processor: Intel i7 12700. Memory: Trident Z5 RGB 64GB. GPU: Nvidia GeForce RTX 3060.

Tidak hanya komponen PC, Monitor, Keyboard, dan Mouse juga disediakan oleh sponsor.

Di video tersebut, ternyata modifikasi ini tidak langsung berjalan dengan mulus. Saat toilet ditancapkan, ternyata sekat yang ia buat, masih ditemukan kebocoran sedikit di bagian komponen PC. Untungya air tersebut tidak sampai merusak komponen. Dan untuk menguji coba performa toilet gaming ini, ia mencoba bermain CS:GO beberapa pertandingan.