Info
for SEO
Info

Tips Merekam Video Vertikal Untuk Instagram Reels Dengan Smartphone

15 March 2022Lukman Azis

Menjelaskan bagaimana setup video vertikal untuk Reels dan aksesori yang diperlukan

Konten video feed dan IGTV telah dilebur menjadi format video singkat terbaru Instagram, yaitu Reels. Berikut artikel bagi Anda yang sedang mencari tips Instagram Reels.

Dirilis di Indonesia pada Juni 2021 lalu, Instagram Reels mengalami pertumbuhan sangat pesat, bahkan Indonesia menjadi salah satu negara pembuat konten Reels teraktif di dunia.

Salah satu keunggulan Reels terletak pada dukungan audio, jadi tips Reels paling sederhana adalah tambahkan musik latar belakang dan sesuaikan ritmenya dengan gerakan konten. Kalau saya biasanya telah menyimpan audio yang mungkin akan digunakan nanti saat eksplorasi di tab Reels.

Fitur pembuatan video Reels di aplikasi Instagram cukup komplet, termasuk dukungan beragam efek AR. Kita bisa merekamnya langsung dari fitur kamera di aplikasi Instagram atau menggunakan bahan foto dan video yang tersimpan di penyimpanan smartphone.

Nah, berikut ini beberapa tips dan teknik merekam video untuk konten Instagram Reels.

Setup Video Vertikal untuk Instagram Reels

Tips Instagram Reels

Minggu lalu saya mendokumentasikan pertunjukkan seni alat musik angklung. Dari awal pembagian tugas saya sudah jelas, yaitu merekam video dalam format vertikal untuk konten Instagram Reels saja menggunakan smartphone.

Nah tantangan merekam dengan kamera utama smartphone yang dilengkapi lensa wide ialah posisi saya harus cukup dekat dan solusinya adalah tongsing. Ya, saya tak menyangka setelah sekian lama menggunakan tongsis kembali dan alat ini sangat membantu saya dalam proses syuting.

Kebanyakan tongsis didesain untuk perekaman horizontal, jadi saya harus menggunakannya secara miring dan yang juga penting pastikan tongsis tersebut terhubung dengan smartphone. Kebetulan saya memiliki dua tongsing, satu dilengkapi konektivitas Bluetooth dan satu lagi menggunakan kabel audio 3,5 mm.

Bicara mengenai port audio 3,5 mm, ternyata fitur ini juga membantu saya mendapatkan kualitas audio lebih baik. Kebetulan saya ada mikrofon eksternal Saramonic SR-XM1 dan bekerja dengan baik di ASUS Zenfone 8.

Fitur Perekaman Video Penting di Smartphone

Tips Instagram Reels

Masalah jaga jarak telah diatasi oleh tongsis dan terkait audio memanfaatkan keberadaan port audio 3,5 mm untuk memasang mikrofon eksternal. Sekarang fitur perekaman video penting apa saja di smartphone yang perlu dipertimbangkan oleh para content creator, terutama untuk rekam video Instagram Reels.

Dari segi hardware, pertama fitur OIS untuk memperoleh hasil footage dengan gerakan yang lebih stabil, terlebih saya menggunakan tongsis yang lebih riskan terhadap getaran tangan. Kalau budget Anda cukup untuk membeli smartphone flagship, smartphone dengan lensa telephoto bisa menambah variasi angle dan sudut pengambilan gambar.

Kalau dari segi software, pastikan smartphone memiliki mode kamera perekaman video pro atau manual dan opsi resolusi setidaknya 1080p pada 60 fps atau lebih bagus lagi mendukung 4K 60 fps. Dukungan frame rate dan resolusi tinggi akan menawarkan fleksibilitas saat post processing.

Sementara dengan mode video pro, kita bisa menyesuaikan pengaturan layaknya menggunakan kamera digital seperti mirrorless. Bila kondisi cahayanya cukup, kita bisa tekan menggunakan angka ISO paling kecil untuk mendapatkan kualitas terbaik yang bisa dihasilkan oleh kamera smartphone.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan shutter speed dua kali dari frame rate, sehingga bisa mendapatkan efek slow motion yang mulus. Bermain dengan manual fokus dan menyesuaikan tampilan warna dengan white balance.

Penutup

Tips terakhir untuk rekam video Instagram Reels ialah aktifkan pengaturan grid 3×3. Fitur ini dapat membantu Anda dalam mengatur komposisi dan juga bisa memandu agar video tetap lurus, tidak miring kesana kemari yang bikin penonton pusing.

Itulah beberapa tips dan teknik merekam video vertikal untuk konten Instagram Reels, sisanya tergantung kreativitas kalian. Cobalah berbagai angle dan sudut pengambilan gambar, perlu dicatat juga aturan fotografi tidaklah baku dan bebas berkreasi untuk mendapatkan hasil video Reels yang unik.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV