24 July 2022

by Adi Nawan

10 Tips dan Guide Penting Saat Memainkan Diablo Immortal

Tips-tips ini penting bagi para pemain baru maupun pemain lama.

Diablo Immortal sekarang sudah bisa dimainkan di Indonesia. Inilah tips Diablo Immortal bagi Anda agar tidak ketinggalan.

Game mobile terbaru Blizzard Entertainment, Diablo Immortal telah dirilis hampir dua bulan. Terlepas dari beragam kontroversi yang melekat pada game ini, tapi Diablo Immortal membuktikan bahwa game-nya memang memiliki kualitas yang dapat dinikmati oleh banyak orang.

Diablo Immortal memang tidak bisa lepas dari microtransaction, namun sebagai game free-to-play yang bisa dimainkan di mobile maupun PC, game ini memungkinkan siapa saja untuk mencoba memainkan game-nya.

Bila Anda merupakan salah satu pemain yang baru saja bermain atau bahkan sudah sejak awal dirilis. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama berpetualang dan memperkuat karakter Anda di Diablo Immortal.

Tips Diablo Immortal

1. Perhatikan dan ingat nama server sejak awal bermain

Image Credit: PCGamesN

Salah satu hal yang terlihat remeh pada awal bermain Diablo Immortal berada di awal permainannya. Jauh sebelum Anda mengakses karakter, perhatikan dan ingat-ingat nama server yang Anda mainkan.

Karena nantinya karakter Anda akan terikat pada server tersebut. Dan bila suatu saat Anda tidak sengaja berpindah ke server lain, Anda tidak akan kebingungan untuk mencari di server mana karakter Anda berada.

2. Pastikan Auto Pick Up Items menyala

Image Credit: Gamers Heroes

Sebagai sebuah game yang berbasis pada sistem “looting” atau mengambil item-item yang jatuh dari musuh yang dikalahkan, Diablo Immortal menyuruh pemain memunguti item secara manual.

Namun untungnya ada cara yang mempermudah pekerjaan tersebut yaitu dengan mengaktifkan fitur “Auto Pick Up” yang ada di pengaturan. Anda bahkan bisa memilih jenis item apa saja yang akan terambil secara otomatis.

3. Selalu bergerak selama bertempur

Ketika mengarungi dungeon, Anda akan menghadapi serbuan puluhan musuh sekaligus dalam sekali gelombang. Terlepas dari kelas apapun yang Anda ambil, menyerang dari satu tempat saja ternyata cukup merugikan karena kemungkinan serangan masuk dari musuh semakin besar.

Ada baiknya Anda selalu bergerak di sekitar area untuk menghindari serangan musuh, sekaligus memberikan waktu bagi kemampuan-kemampuan milik karakter Anda untuk menyelesaikan cooldown-nya.

4. Selesaikan Challenge Rift untuk meningkatkan kualitas item

Image Credit: Touby__

Kualitas item merupakan hal penting dalam Diablo Immortal, karena semakin bagus kualitas item yang dipasang pada karakter Anda semakin kuat juga karakter tersebut.

Maka dari itu menyelesaikan Challenge Rift secepat mungkin merupakan salah satu cara, karena ketika Anda mencapai level tertentu kualitas item baik yang dijatuhkan musuh maupun di vendor akan meningkat.

5. Gunakan item dan sumber daya dengan bijak

Image Credit: Reddit

Setelah bertempur melawan banyak musuh dan mengumpulkan item dan sumber daya, maka kini Anda harus mempelajari berbagai macam sumber daya yang Anda miliki.

Karena setiap sumber daya dan mata uang memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam game ini. Dan menyimpan uang untuk akhir game merupakan keputusan bijak yang berguna untuk Anda melakukan upgrade item nantinya.

6. Selalu gunakan Town Portal Scroll untuk mempersingkat waktu

Image Credit: Game Live Story

Map yang dimiliki oleh Diablo Immortal memang cukup luas untuk dijelajahi. Maka dari itu setelah menyelesaikan dungeon atau misi jangan berjalan manual untuk kembali.

Karena tentu saja hal tersebut akan menghabiskan waktu berharga Anda. Selalu gunakan teleport untuk dapat kembali ke Kota dengan aman dan cepat.

7. Usahakan bermain bersama teman klan atau Warband

Image Credit: Blizzard

Memainkan berbagai quest di Diablo Immortal seorang sendiri memang sah-sah saja dilakukan. Namun melakukannya bersama pemain lainnya ternyata akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Mulai dari misinya yang jelas akan lebih mudah, cepat, dan juga berjalan lebih lancar. Bermain dengan pemain dengan level yang lebih tinggi juga akan membuat karakter Anda dapat mendaki level dengan lebih cepat.

8. Jangan lewatkan Login Harian

Image Credit: norZZa

Sama halnya dengan game online pada umumnya, Diablo Immortal juga memberikan apresiasi terhadap para pemain yang login dan bermain secara rutin setiap harinya.

Menyisihkan sedikit waktu setiap harinya akan memberikan keuntungan yang lebih tinggi daripada bermain penuh selam satu hari dan melewatkan hari setelahnya. Karena Blizzard memberikan beragam hadiah item yang berharga hanya dengan login dan bermain sebentar setiap harinya.

9. Tetap Fokus pada Satu Karakter

Image Credit: Blizzard

Dalam Diablo Immortal, Blizzard memang menyediakan beberapa slot karakter yang dapat digunakan oleh pemain. Namun ada baiknya tetap berfokus pada satu karakter, karena mengelola lebih dari satu karakter tentu akan menghabiskan tenaga dua kali lipat.

Selain itu, sesi Endgame dari Diablo Immortal akan tetap membuatmu sibuk dengan beragam quest dan juga mode PvP. Sehingga membuat satu karakter memiliki item dan status terbaik adalah yang terpenting.

10. Bila ada bujet, membeli Battle Pass tidak ada salahnya

Image Credit: Eurogamer

Battle Pass mungkin menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak fans Diablo membenci Diablo Immortal. Kami paham bahwa banyak orang yang menganggap hadirnya Battle Pass ini merupakan kecurangan dan merugikan pemain yang tidak memilikinya.

Tapi bagi para pemain yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk terus bermain secara konsisten, Battle Pass bisa menjadi solusi untuk mendapatkan berbagai kosmetik dan juga item yang diperlukan untuk upgrade.

Verdict

Meskipun berstatus sebagai game mobile dan free-to-play namun Diablo Immortal menawarkan kualitas dan pengalaman bermain yang hampir sama dengan seri-seri sebelumnya.

Apalagi game ini juga memberikan fleksibilitas permainan sesuai dengan kebutuhan dan kemauan beragam pemainnya. Baik itu bermain sendiri, bermain bersama party, ataupun bermain melawan pemain lainnya.

Aspek grinding dan looting tentu tetap menjadi menu utama dalam Diablo Immortal ini. Angka yang dibutuhkan untuk memaksimalkan satu karakter memang cukup membuat geram, namun dapat menikmati berbagai hal yang disediakan secara cuma-cuma dalam game ini juga patut diapresiasi.

--

Buat yang ingin tahu lebih jauh soal seri Diablo, kami sempat menuliskan sejarah lengkapnya beberapa waktu lalu.