Tim Esports Atlanta Reign Pindahkan Markas ke Atlanta, Dapat Dukungan Pemerintah

Gubernur Georgia ingin menjadikan Atlanta sebagai pusat esports di Amerika Serikat

Ketika Ubisoft hendak mengadakan turnamen Major dari Rainbow Six Siege, pemerintah Raleigh berusaha untuk meyakinkan Ubisoft agar mereka mengadakan turnamen tersebut di kotanya. Dikabarkan, turnamen Major itu memberikan dampak pada perekonomian lokal sebesar US$1,45 juta atau sekitar Rp20,5 miliar. Sementara itu, pemerintah kota Shanghai memiliki rencana untuk menjadikan kotanya sebagai "ibukota esports". Mengingat pengadaan turnamen esports bisa mendorong perekononian lokal, tidak heran jika pemerintah kota berusaha menjadi ramah pada para pelaku esports. Tak terkecuali pemerintah negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Gubernur Georgia, Brian P. Kemp mengaku senang dengan keputusan Atlanta Esports Ventures untuk memindahkan markas Atlanta Reign, salah satu tim yang bertanding di Overwatch League, ke kawasan Midtown Atlanta. Mulai tahun depan Overwatch League memang akan menetapkan sistem kandang-tandang. Sayangnya, masih belum diketahui lokasi dari fasilitas esports ini. Pada Oktober 2019, Bisnow melaporkan bahwa properti seluas 13.200 kaki persegi di West Midtown Atlanta dibeli di bawah nama Atlanta Reign. Menurut CoStar, properti itu memiliki nilai US$2,27 juta, walau pihak Cox Enterprises dan Province, Inc. menolak untuk berkomentar terkait hal ini.

Kemp merasa, keputusan Atlanta Reign untuk membuat markas mereka di Atlanta merupakan satu langkah untuk menjadikan kota tersebut sebagai pusat esports di Amerika Serikat. "Dan pengumuman ini merupakan bukti akan besarnya industri teknologi dan hiburan di Georgia," katanya, lapor Esports Insider. Dia juga mengatakan, pembuatan fasilitas esports ini akan mendukung pemerintah untuk menyediakan 45 lowongan pekerjaan baru dan menarik investasi esports hingga US$100 juta untuk mengembangkan ekosistem esports di Atlanta.

Sumber: Esports Insider

Memang, pemerintah Atlanta tengah berusaha untuk menjadikan kotanya sebagai salah satu pusat esports di Amerika Serikat. Minggu lalu, Atlanta Sports Council meluncurkan Atlanta Esports Alliance, divisi yang dibuat dengan tujuan untuk mendorong agar semakin banyak pihak yang mengadakan kegiatan gaming dan esports di Atlanta. Dikabarkan, DreamHack Atlanta juga berhasil memecahkan rekor pengunjung dengan total pengunjung sebanyak 35 ribu orang. Belum lama ini, Atlanta Esports Ventures juga baru saja mengumumkan kerja sama dengan FaZe Clan untuk membuat Atlanta FaZe yang akan berlaga dalam Call of Duty League pada tahun depan.

"Negara Bagian Georgia sangat mendukung pengembangan esports di Atlanta," kata President dan CEO Atlanta Esports Ventures, Paul Hamilton. "Kolaborasi langsung dengan pemerintah kota membuat esports di kota ini menjadi lebih ramah bagi para fans ataupun pelaku industri esports. Tak hanya itu, ini juga merupakan bukti bahwa Atlanta merupakan tempat yang sangat ramah untuk esports."