Esports Ecosystem

Tim BadBoyz Juara Kompetisi Mobile Legends RRQ Under 18 Tournament Pertama

04 Dec 2018 | Ayyub Mustofa
Selepas babak Grand Final, RRQ juga mengumumkan roster baru tim kedua mereka, RRQ Zen

Tim Esports Rex Regum baru saja selesai mengadakan turnamen Mobile Legends: Bang Bang khusus untuk pemain muda. Bernama lengkap RRQ UNDER 18 TOURNAMENT – RRQ Next Generation, kompetisi yang disponsori oleh Tokopedia dan didukung oleh Esports for Everyone ini adalah salah satu program Moonton yang bertujuan untuk mencari talenta muda sebagai kandidat roster tim RRQ Junior. Selain itu, tentu saja juga sebagai wadah bagi para penggemar Mobile Legends untuk menunjukkan kemampuannya.

Pada awalnya RRQ hanya membuka slot pendaftaran untuk 128 tim dari tanggal 1 – 9 November 2018 lalu. Akan tetapi ternyata jumlah peminat membludak luar biasa. Menurut caster Clara “Mongstar” saat tayangan live streaming Grand Final RRQ Under 18 Tournament, hanya dalam tiga hari saja ternyata jumlah peserta sudah mencapai 1800 orang. Akhirnya RRQ menambah slot tim menjadi 512 tim yang sebelumnya diseleksi terlebih dahulu.

Badboyz - Roster
Roster tim BadBoyz | Sumber: RRQ

Satu hal yang perlu diingat dari RRQ Under 18 Tournament, juara kompetisi ini tidak langsung direkrut menjadi tim RRQ Junior. RRQ melakukan seleksi secara individual. Mereka akan memperhatikan performa setiap pemain, seperti keahlian map control, penguasaan role, attitude, dan sebagainya. Walaupun sama sekali tidak menutup kemungkinan seluruh roster tim juara direkrut apabila mereka memang benar-benar bagus. “Jadi semua possible untuk jadi RRQ Junior. Dan kalau misalnya belum ada lima orang yang jadi RRQ Junior, kita akan membuka (turnamen) U-18 Season 2,” ujar caster Volva.

Setelah persaingan begitu ketat, akhirnya ada empat tim yang maju ke babak final playoff RRQ Under 18 Tournament. Mereka adalah tim BadBoyz, Cloudz, KING OF KINGS, dan Penghancur. Di babak semifinal, BadBoyz berhasil mengalahkan Penghancur, sementara Cloudz unggul atas KING OF KINGS. Jadilah babak Grand Final mempertemukan tim BadBoyz dengan tim Cloudz.

Cloudz - Roster
Susunan tim Cloudz | Sumber: RRQ

Grand Final ini berlangsung hanya dengan format best-of-three (bukan best-of-five seperti turnamen profesional biasanya), namun itu tidak mengurangi keseruannya. Mirip seperti di playoff MPL ID Season 2 beberapa waktu lalu, Claude selalu jadi hero langganan ban. Selain itu Alice juga sering mendapat ban. Mage satu ini sangat tanky dan punya mobilitas tinggi jadi wajar bila dipandang sangat merepotkan.

“Menurut saya yang akan menjadi juara adalah BadBoyz. Karena di hari pertama saya melihat keunggulan tim ini dari pemilihan hero yang tepat, strategi yang bagus dan teamwork mereka sangat kompak,” demikian prediksi dari salah satu pemain RRQ.O2, Liam. Tapi ternyata Cloudz justru mencuri poin terlebih dahulu. Kombinasi Kaja – Aldous dan Grock – Gusion dari Cloudz sangat efektif untuk gank, dan ini membuat tim BadBoyz kocar-kacir di ronde pertama.

RRQ U18 Tournament - Grand Final Draft
Draft ronde terakhir Grand Final RRQ U18 Tournament | Sumber: RRQ

Ronde kedua, BadBoyz merebut Grock dan Kaja saat draft, akan tetapi draft Cloudz juga cukup menyeramkan dengan hero seperti Chou, Gusion, dan Karrie. Poin kill kedua tim sempat cukup ketat di early game, tapi ini berubah ketika BadBoyz melakukan gank berlima di menit 10. Tiga orang hero Cloudz tewas sehingga BadBoyz bisa mengambil Lord dengan mudah. Cloudz sebetulnya berhasil menggagalkan push BadBoyz bersama Lord, tapi kemudian hero Karrie milik mereka “terculik” oleh BadBoyz sehingga mereka tak bisa melakukan perlawanan.

Ronde terakhir, BadBoyz memunculkan Clint, hero yang disebut-sebut JessNoLimit sebagai “Marksman terkuat MLBB Season 10”. Clint dilindungi oleh Grock, Martis, serta Ruby, tiga hero yang semuanya ahli melakukan Crowd Control. Cloudz dengan Kaja, Harley, dan Aldous sebetulnya sangat baik mengendalikan map di early game, bahkan merebut turret lebih dulu. Namun semakin lama permainan berjalan, damage dari Clint menjadi begitu besar. Permainan Grock yang sangat agresif juga ditunjukkan oleh BadBoyz sehingga Grock menjadi MVP di ronde ini. BadBoyz pun keluar sebagai juara.

Penghancur - Roster
Tim Penghancur yang menjadi juara ketiga | Sumber: RRQ

Berikut ini adalah para pemenang RRQ Under 18 Tournament beserta hadiah yang mereka terima:

  • Juara 1 – BadBoyz: Rp6.750.000 + 2000 Diamond/pemain + Sertifikat + 1 RRQ Merchandise bertanda tangan pemain RRQ
  • Juara 2 – Cloudz: Rp4.875.000 + 1000 Diamond/pemain + Sertifikat + 1 RRQ Merchandise bertanda tangan pemain RRQ
  • Juara 3 – Penghancur: Rp3.375.000 + 500 Diamond/pemain + Sertifikat + 1 RRQ Merchandise bertanda tangan pemain RRQ

Dalam babak Grand Final ini, RRQ juga mengumumkan roster baru dari tim profesional Mobile Legends mereka yang kedua yaitu RRQ Zen. Mereka adalah Scooby, Keenz, Haji, Vyn, dan Wizzking. Nama-nama yang mungkin sudah tidak asing di kalangan penggemar esports MLBB. Sebagian dari roster ini adalah “cabutan” dari tim Saints Indo saat mereka bertanding di turnamen Indonesia Pride Weekdays Challenge (IPWC).

RRQ Zen - Roster
Roster baru tim RRQ Zen | Sumber: RRQ

Selamat kepada tim BadBoyz yang telah menjadi juara RRQ UNDER 18 TOURNAMENT – RRQ Next Generation! Semoga ke depannya tim-tim muda ini bisa lebih berprestasi lagi. Daftar pemain yang direkrut menjadi tim RRQ Junior sendiri saat ini masih belum diumumkan, jadi kita tunggu saja informasi berikutnya. Siapa kira-kira yang akan menjadi pemain bintang Mobile Legends: Bang Bang berikutnya?

Sumber: RRQ