15 August 2022

by Galih

THQ Nordic Konfirmasi Gothic Remake, RPG Klasik Legendaris

Developer Alkimia Interactive siap mengajak pemain kembali ke Old Mine.

THQ Nordic tidak ingin ketinggalan dengan tren remake. Kali ini mereka mengumumkan Gothic Remake, RPG klasik yang legendaris.

Remaketentunya menjadi salah satu cara terbaik untuk menghidupkan kembali game lawas mereka dengan teknologi terbaru. Maka tidak mengherankan bila semakin banyak publisher dan developer yang mengambil langkah ini.

THQ Nordic juga tidak ingin ketinggalan dalam tren tersebut dan kini membawa seri RPG legendarisnya Gothic kembali. Pada kesempatan THQ Nordic Digital Showcase, developer Alkimia Interactive mengumumkan remake untuk Gothic serta melepas trailer perdananya.

Trailer perdana tersebut berfokus penuh pada lokasi Old Mine yang merupakan lokasi utama dalam game originalnya. Alkimia Interactive berusaha untuk membuat lokasi ikonik tersebut semirip mungkin dengan versi 2001-nya. Namun dengan perubahan signifikan dari berbagai aspek presentasinya.

Mulai dari tekstur, pencahayaan, dan berbagai detail visual dalam trailer tersebut tampak menakjubkan. Hal yang lumrah karena presentasi tersebut dilakukan menggunakan 'in-engine capture'. Sehingga mungkin akan ada sedikit perubahan pada gameplay-nya nanti.

Dalam deskripsi videonya, THQ Nordic memberikan sedikit deskripsi bergaya percakapan dalam game untuk memberikan gambaran apa yang akan dihadapi oleh para pemain di dalam Gothic 1 Remake nantinya.

Sebagai sebuah remake, Gothic 1 Remake kelihatannya akan tetap berpegang pada cerita originalnya secara penuh. Pemain akan tetap menjadi karakter "Nameless Hero" yang tiba sebagai seorang tahanan dan harus bertahan di koloni tambang yang dipenuhi dengan penjahat berbahaya.

Image Credit: THQ Nordic

Meskipun cerita dan lokasi dari game-nya akan diadaptasi penuh dari versi originalnya. Namun developer Alkimia Interactive menyebutkan bahwa mereka telah memodernisasi sistem pertarungan dalam Gothic 1 Remake. Sayangnya, improvisasi tersebut tidak ditunjukkan dalam trailer barunya tersebut.

Berbeda dengan versi originalnya yang hanya tersedia secara eksklusif untuk PC. THQ Nordic mengumumkan bahwa Gothic 1 Remake akan tersedia untuk PlayStation 5, Xbox Series X|S, dan juga PC via Steam. Laman Steam resmi untuk game ini bahkan telah tersedia shingga pemain dapat menambahkan game-nya ke dalam 'Wishlist'.

Sayangnya, THQ Nordic masih belum mengumumkan kapan mereka merilis Gothic 1 Remake ini. Melihat bahwa kolom kebutuhan spesifikasi PC-nya di Steam juga belum diisi penuh, maka sepertinya masih akan ada jeda waktu yang lumayan hingga game-nya siap dirilis.