Dark
Light

The World First Dashboard Engine dari Netvibes

1 min read
April 15, 2010

Setelah beberapa minggu yang lalu merubah tagline mereka menjadi Dashboard Everything sebagai jawaban akan real-time web, kini Netvibes meluncurkan dashboard engine pertama mereka.

Real time memang terus menjadi trend, berbagai perusahaan saling berlomba untuk ikut masuk dalam perkembangan ini, termasuk juga Netvibes. Seperti yang ditulis dalam rilis resmi mereka kini user ingin selalu ter-update dengan berbagai topik yang relevan bagi mereka secara real-time dalam satu tempat.

Di fitur yang baru ini user bisa membuat smart dashboard yang secara otomatis akan melacak photo, video, news, feeds, hasil pencarian, serta percakapan yang ada di Twitter dengan topik spesifik tertentu, dan semuanya bisa di atur untuk disatukan pada satu tampilan .

Misalnya saya tertarik dengan tema atau konten yang bermutan teknologi, maka saya tinggal mengetikkan kata kunci berupa Technology dan menekan tab next, maka nantinya Netvibes akan menyusun secara otomatis dashboard saya dengan tema teknologi, dan secara otomatis juga akan ‘dikumpulkan’ video,berita dari berbagai portal, percakapan seputar teknologi yang di rangkum dari Twitter, WikiAnswer, Yahoo!Answer, dan lain-lain, serta ada juga hasil pencarian dari Google, dan semuanya berkaitan dengan tema atau kata kunci teknologi, anda juga bisa menambahkan foto yang disediakan Netvibes sebagai background dari dashboard anda.

Jika anda ingin merubah, menambah  feed, widgets anda tinggal mengklik add content, anda juga bisa menghapus, dan mengatur dengan fitur drag n drop. Jika anda telah pernah menggunakan Netvibes maka langkah selanjutnya sama seperti ketika mengelola dashboard seperti biasanya.

Netvibes juga memberikan kebebasan pada user untuk menambahkan dashboard dengan berbagai tema atau kata kunci sebanyak yang user mau.

Bagi anda sudah mempunyai akun di Netvibes, anda cukup menuju ke tab dashboard, lalu klik new, sedangkan untuk anda yang belum mempunyai akun di netvibes, anda bisa menuju ke link ini dan mencoba dashboard engine ini dan sign up belakangan.

Aplikasi yang berhubungan dengan startpage atau dashboard memang sempat ramai, mulai dari My Yahoo!, iGoogle, sampai uStart yang pernah dibahas di DailySocial, dan perkembangan dari Netvibes ini sepertinya akan memanaskan kembali persaingan di aplikasi sejenis, apalagi dengan statement yang cukup provokatif  ‘the world’s first dashboard engine.’

Bagaimana pendapat anda? Apakah perkembangan dari Netvibes ini membuat anda tertarik untuk mencobanya? Atau anda punya pendapat lain, mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

HootSuite Luncurkan Fitur Baru

Next Story

Login Koprol Lewat Google dan Twitter

Latest from Blog

Don't Miss

HubSehat Launches Second Opinion Feature, Providing In-Depth Diagnosis

HubSehat, one of the healthtech startups in Indonesia has launched
Fitur Second Opinion HubSehat

HubSehat Luncurkan Fitur “Second Opinion”, Mantapkan Pasien dengan Diagnosis Mendalam

HubSehat, salah satu startup healthtech di Indonesia meluncurkan fitur terbarunya “second opinion”.