Dark
Light

The Big Leap From Google

1 min read
December 9, 2009

google leapSelasa pagi atau lewat tengah malam kemarin, sebuah event dari Google menyedot perhatian banyak pihak yaitu Google search event, saya sebenarnya mencoba melihat real time video untuk event ini, tapi sampai subuh integrasi extension untuk videonya gagal, dan saya menyerah untuk pergi tidur. 🙂

Ada cukup banyak perkembangan yang diumumkan di event ini, saya mencoba menghighlight beberapa perkembangan saja, dan yang paling menarik bagi saya adalah Google real-time search.

As we know, real-time konten lagi menjadi bola panas yang terus berputar, menarik para giant untuk saling ikut menangkap bola ini. Kerjasama Yahoo-Facebook dan Google-Twitter hanya sebagian dari perputaran bola panas ini. Dan kini Google menyatakan dirinya sebagai yang paling terdepan, setidaknya untuk hasil pencarian real-time.

Aplikasi Google real-time search memang belum bisa dinikmati, anda baru bisa menikmatinya dalam beberapa hari kedepan, tapi jika anda sangat penasaran dengan layanan terbaru Google ini anda bisa mencobanya di Google Trends dan mengklik salah satu berita yang masuk dalam Hot Trends.

Secara sederhana, nantinya proses pencarian di Google akan menampilkan juga hasil dari sumber-sumber konten real-time. Jika biasanya hasil pencarian hanya menampilkan alamat situs atau link artikel terkait kini hasil pencarian juga akan menampilkan hasil-hasil pencarian real-time dari penyedia jasa layanan real-time seperti Facebook, MySpace, FriendFeed, Jaiku, Identi.ca dan tentunya Twitter, ditambah konten real-time yang terkait dari blog serta situs lain persis pada saat artikel atau konten itu di post.

Saya mencobanya dan, hmmm, aplikasi yang bagi saya cukup keren, hasil pencarian akan terdisplay mirip time line Twitter, bergerak kebawah berbarengan dengan berita terbaru yang muncul di web. Saya tidak tau apakah jaringan akan mempengaruihi layanan search real-time ini, ketika saya mencoba, kebetulan jaringan internet saya sedang bagus, jadi hampir tidak ada masalah.

Pertanyaan mendasar tentang seberapa jauh Google memasuki hidup anda tentu akan beredar di balik kemajuan yang Google luncurkan ini, apalagi pada event yang sama Google juga meluncurkan sebuah aplikasi baru yang berhubungan dengan pencarian suara serta gambar, yang nantinya memungkinkan anda menggunakan mesin pencari bukan dengan mengetikkan teks, tapi dengan foto, aplikasi ini diberi nama Google Goggles.

Sejauh yang saya tau, banyak orang yang tidak bisa lepas dari peran Google, sebagai mesin pencari paling besar, tentu bagi sebagian orang Google menjadi pilihan sebagai pintu masuk ke dunia internet. Dan, saya pikir, kemampuan Google dalam menyediakan fungsi pencarian real-time akan menambah ketergantungan orang pada mesin pencari ini. Bisa jadi nantinya tab Google tidak akan pernah anda tutup, karena berita real-time akan terus mengalir dan hasil pencarian terus bertambah.

Bagaimana dengan pendapat anda? Apakah anda juga addicted to Google seperti saya? Atau anda punya mesin pencari favorit lain? Mari, share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Barcamp Indonesia, This Weekend!

Next Story

Kaskus Bikin Real-time Search?

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan