Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Tencent Kerja Sama dengan NVIDIA untuk Sediakan Cloud Gaming

19 December 2019Ellavie Ichlasa Amalia

Dalam kerja sama ini, Tencent akan menggunakan GPU NVIDIA dalam platform cloud gaming mereka

Cloud gaming dipercaya sebagai masa depan dari industri game. Karena itu, tidak heran jika banyak perusahaan yang berbondong-bondong untuk menyediakan layanan cloud gaming, mulai dari Sony, Microsoft sampai Google. Di Indonesia, juga ada perusahaan lokal yang menawarkan layanan cloud gaming seperti Skyegrid. Tak mau kalah, Tencent juga menyediakan layanan cloud gaming bernama START cloud gaming service. Sekarang, perusahaan Tiongkok itu mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan NVIDIA.

START telah mulai diuji pada tahun ini. Sama seperti layanan cloud gaming lainnya, START memungkinkan pengguna untuk memainkan game-game dengan spesifikasi tinggi pada semua komputer, terlepas dari spesifikasi pada komputer tersebut. Satu hal yang membedakan platform START dengan layanan cloud gaming lainnya adalah gamer dapat menyimpan setting dan file langsung pada platform tersebut.

Melalui START, Tencent Games ingin menawarkan layanan cloud gaming pada jutaan gamer di Tiongkok sehingga mereka tak perlu lagi pergi ke warung internet untuk bermain game. Sebagai gantinya, mereka bisa bermain game di rumah dengan komputer mereka, tak peduli apakah mereka memiliki komputer dengan spesifikasi yang memadai atau tidak.

NVIDIA juga punya GeForce Now. | Sumber: NVIDIA
NVIDIA juga punya GeForce Now. | Sumber: NVIDIA

“Sebagai salah satu perusahaan global terbesar dalam industri game, Tencent Games ingin menyediakan layanan cloud gaming yang memuaskan,” kata Jeff Fisher, Senior Vice President of Gaming, NVIDIA, dikutip dari Daily Esports. “Menggabungkan platform Tencent dengan teknologi GPU dari NVIDIA akan menyediakan pengalaman kelas dunia untuk semua gamer di dunia.” Melalui kerja sama ini, Tencent akan menggunakan GPU buatan NVIDIA pada platform START.

“NVIDIA merupakan pemimpin dalam mengembangkan GPU terbaik di dunia. Selain itu, mereka juga memiliki pengalaman dalam membuat solusi cloud. Dua hal ini akan membantu kami untuk menyediakan platform START pada jutaan gamer,” kata Steven Ma, Senior Vice President, Tencent, menurut pernyataan resmi. “Hari ini menandai kesempatan bagi kedua perusahaan untuk mendorong teknologi gaming agar menjadi lebih maju lagi.” Memang, sebelum ini, NVIDIA telah mengoperasikan layanan cloud gaming GeForce Now di beberapa negara di Amerika Utara dan Eropa. Tak hanya itu, mereka juga bekerja sama dengan SoftBank di Jepang dan LG Uplus di Korea Selatan.

Selain penggunaan GPU buatan NVIDIA pada platform cloud gaming Tencent, melalui kerja sama ini, Tencent dan NVIDIA juga akan mengembangkan laboratorium inovasi untuk game. Keduanya akan fokus untuk melakukan pengembangan terkait AI dalam game, optimasi game engine, dan teknik lighting, termasuk ray tracing dan light baking.

Sumber header: wccftech

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV