Gaming News

Platform Cloud Gaming Skyegrid Luncurkan Game AAA Baru dan Fitur Skyegrid Media

11 Oct 2018 | Ayyub Mustofa
Skyegrid ingin menggaet media-media game lokal untuk pengadaan konten berita

Perusahaan penyedia layanan cloud gaming lokal, Skyegrid, baru saja mengumumkan penambahan sejumlah game menarik ke dalam koleksi mereka. Beberapa di antara game baru tersebut antara lain Paladins: Champions of the Realm, Path of Exile, DC Universe Online, Warhammer 40.000: Eternal Crusade, Smite, dan lain-lain.

Dengan tambahan judul-judul tersebut, hingga tanggal 1 Oktober 2018 Skyegrid telah mengantongi 56 judul game populer di dalam platformnya. Dari semua judul itu 22 di antaranya bisa langsung dimainkan secara streaming, sementara 34 sisanya hanya bisa dimainkan bila pengguna sudah memilikinya terlebih dahulu di akun Steam masing-masing.

Skyegrid | Paladins
Paladins, salah satu game yang tersedia di Skyegrid

Skyegrid juga masih akan terus menambahkan game baru di bulan Oktober ini. Beberapa game yang direncanakan masuk mencakup No Man’s Sky, Fallout 4, Rise of the Tomb Raider, serta For Honor. Skyegrid juga membuka peluang lebar bagi para developer game PC asal Indonesia untuk menerbitkan atau mendistribusikan game buatan mereka di platform ini.

“Target kami masih sama. Sekitar 100 hingga 150 game di akhir tahun. Dan, komposisi game lokal bisa didongkrak jadi 15 – 20 persen pada akhir tahun 2019,” demikian kata Rolly Edward, CEO Skyegrid, dalam siaran pers. “Kami juga akan memperbanyak bendahara game-game yang berlisensi, sehingga pelanggan non-Steam juga mempunyai banyak pilihan,” lanjutnya.

Skyegrid | Games
Beberapa koleksi game di Skyegrid | Sumber: Skygrid

Selain penambahan pustaka game, Skyegrid saat ini juga fokus pada dua hal lain. Pertama adalah pengoptimalan pengalaman bermain, yang kedua yaitu peluncuran fitur baru bernama Skyegrid Media. Cloud gaming memang masih termasuk teknologi baru dan butuh jaringan infrastruktur yang baik agar bisa dinikmati dengan nyaman.

Rolly mengaku bahwa Skyegrid terus berusaha mengurangi network latency yang sangat berpengaruh terhadap pengalaman bermain. Pengoptimalan ini berlaku untuk semua platform yang mendukung aplikasi Skyegrid, baik itu PC Windows, MacOS, Android, Google Chrome, hingga Xbox One.

Skyegrid | Skyegrid Media
Tampilan Skyegrid Media

Sementara itu Skyegrid Media adalah usaha Skyegrid untuk menyajikan pengalaman gaming yang lebih kaya. Tidak hanya bermain, pengguna juga bisa menikmati berita-berita terbaru seputar dunia game. Skyegrid juga ingin berkolaborasi, terutama dengan situs-situs media game lokal ternama yang lebih senior, dalam pengadaan konten Skyegrid Media.

“Alangkah indahnya jika kami dan teman-teman media lainnya bisa berkolaborasi, berlandaskan mutualisme, bertumbuh kembang bersama-sama gamer Skyegrid, pengembang dan penerbit di dalamnya, serta mitra perusahaan seperti GameSir, dan asosiasi,” pungkas Rolly.