8 October 2022

by Lukman Azis

Teknologi Gaming Pada Chipset Flagship MediaTek Dimensity 9000+

Mendukung gamer masa depan, Incredible Gamers oleh JC Hsu, Corporate VP, and GM of MediaTek's Wireless Communications Business Unit

Dimensity 9000+ adalah chipset smartphone flagship paling mutakhir dari MediaTek, SoC ini menggabungkan arsitektur CPU ARMv9 dengan proses teknologi 4 nm. Salah satu keunggulan ialah menawarkan pengalaman bermain game yang imersif dan mulus, sehingga dapat meningkatkan peluang para gamer untuk menang.

Menurut MediaTek, saat ini semakin banyak gamer yang beralih dari gamePC ke game mobile. Meskipun ada perubahan platform, mereka menginginkan pengalaman bermain game yang sama baiknya, atau bahkan lebih baik. Namun, untuk menyamai kemampuan gaming PC dalam smartphone, ada banyak tantangan besar yang perlu diatasi terkait perangkat keras.

Game konsol dan PC memanfaatkan teknologi seperti ray tracing yang tetap menjadi salah satu teknologi peningkatan grafis dan bekerja dengan menstimulasikan setiap sinar cahaya dalam adegan apapun menggunakan algoritme untuk efek nyata. Untuk mencapai hasil seperti ini pada smartphone, desain game mobile perlu mengatasi keterbatasan perangkat keras seperti daya tahan baterai.

Dengan pesatnya kemajuan kinerja chipset mobile dan spesifikasi layar, pengembang game bereksperimen dengan efek visual canggih untuk memberikan pengalaman imersif yang lebih baik kepada para gamer. Misalnya, game multiplayer online battle arena (MOBA) dan game balap saat ini menuntut frame rate yang lebih tinggi secara konsisten, sementara game open world mencari kualitas gambar yang lebih nyata.

JC Hsu, Corporate VP, and GM of MediaTek's Wireless Communications Business Unit mengatakan bahwa "pengalaman mendalam ini menggabungkan keahlian dan pemahaman kami seputar audio, visual, sentuhan, dan haptik. Teknisi kami terus-menerus mempelajari bagaimana faktor-faktor sensorik ini bekerja sama untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang super, cara mengukur pengalaman dalam istilah teknis yang terukur, dan menciptakan teknologi yang menghidupkan game", ungkapnya.

Untuk menghadirkan pengalaman yang diinginkan para gamer, pembuat chipset perlu mengelola efisiensi daya dan kontrol termal. Faktor-faktor tersebut bergantung pada masa pakai baterai dan kinerja, yang mendukung game dengan kebutuhan pemrosesan grafis tinggi sekaligus menjaga smartphone tetap dingin dan mencegah baterai terlalu panas.

MediaTek sendiri berusaha untuk terus mengembangkan teknologi yang memprioritaskan efisiensi daya dan kontrol termal. Hasilnya, chipset buatan MediaTek seperti Dimensity 9000+ dilengkapi dengan teknologi premium seperti real-time ray tracing, game AI-super resolution (game AI-SR), dan AI variable rate shading (AI-VRS).

Teknologi game AI-SR adalah contoh utama dari dedikasi MediaTek terhadap efisiensi daya. Dengan menggunakan GPU untuk merender gambar game dengan resolusi yang relatif rendah kemudian mengembalikan detail dan resolusi gambar melalui APU dan komputasi, game AI-SR mampu mengurangi konsumsi daya sembari tetap memberikan kualitas gambar yang mendekati asli.

Mengejar efisiensi daya tidak berhenti di situ. MediaTek HyperEngine 5.0 juga mendukung teknologi mobile ray tracing dual engine, yang sepenuhnya memanfaatkan kemampuan rendering GPU untuk mencapai pasca-pemrosesan gambar, yang semakin mempersempit kesenjangan pengalaman bermain game antara game mobile dan PC.