6 February 2023

by Galih

Tekken 8 Konfirmasi Kehadiran Nina Williams dan Tes Alpha

Salah satu karakter ikonik favorit para fans Tekken ini akhirnya muncul

Tahun 2023 sepertinya menjadi tahun yang baik bagi para penggemar game fighting, dengan Street Fighter 6 dan Tekken 8 menjadi dua game yang paling ditunggu.

Tekken 8 sebelumnya telah tampil memukau dan bahkan memperlihatkan detail kisah yang akan diangkat. Dan kini Bandai Namco akhirnya membagikan detail baru, termasuk hadirnya salah satu karakter favorit pemain, Nina Williams.

Menjadi bagian dari perhelatan Tekken World Tour 2022 Global Finals, sutradara Tekken 8, Kohei "Nakatsu" Ikeda dan executive director Katsuhiro Harada muncul untuk membagikan beberapa informasi terbaru dari Tekken selanjutnya tersebut.

Melalui trailer terbarunya, Bandai Namco berfokus pada kembalinya agen mata-mata Nina Williams di Tekken 8. Nina tampil dengan kostum dan potongan rambut baru yang membuat karakternya memiliki aura yang lebih berbahaya daripada sebelumnya.

Bersamaan dengan kembalinya Nina, Nakatsu dan Harada juga menyoroti lebih dalam gameplay Tekken 8 yang lebih agresif. Keduanya menjelaskan cara kerja Rage System, Recoverable Gauge, Heat System, hingga Controller Style.

Yang mungkin akan menjadi perdebatan adalah pada Controller Style. Karena setelah bertahun-tahun, Tekken akhirnya memiliki mapping kontrol baru yang ditujukan untuk para pemain baru.

Image Credit: Bandai Namco

Kontrol baru tersebut disebut sebagai "Special Style", dan merupakan pengembangan dari fitur Easy Combo and Assist yang ada sebelumnya. Dengan kontrol ini, pemain tidak perlu mengingat kombinasi tombol yang harus ditekan saat melakukan kombo.

Karena setiap tombol nantinya akan berfungsi sebagai satu kombo tertentu. Nakatsu menjelaskan bahwa nantinya pemain hanya butuh menekan tombol menyerang, dan kombonya akan terbentuk sendiri layaknya game action.

Kombinasi dari berbagai sistem baru tersebut memang mengarahkan para pemain untuk lebih aktif menyerang demi dapat mendapatkan keunggulan dari musuhnya ketimbang bermain secara defensif atau mengandalkan counter-attack.

Menariknya, Bandai Namco akhirnya mengonfirmasi kehadiran tes alpha tertutup untuk Tekken 8 ini. Tes alpha tertutup ini nantinya akan dilaksanakan di beberapa lokasi di seluruh dunia.

Dari tes tersebut, Bandai Namco ingin mengumpulkan umpan balik mengenai sistem pertarungan baru yang mereka masukkan ke Tekken 8.

Sayangnya, Bandai Namco belum mengumumkan negara mana saja yang akan mendapat kesempatan untuk mengikuti tes alpha ini. Namun tanggal pelaksanaannya akan dilakukan bulan depan bersamaan dengan dilaksanakannya turnamen Evo Japan 2023.

Tekken 8 sendiri juga belum memiliki tanggal rilis pasti, namun tidak mustahil bagi Bandai Namco untuk merilis game ini di akhir tahun nanti.