29 March 2023

by Daniel Hamiaz

TECNO Luncurkan SPARK 10 NFC dan SPARK 10 Pro NFC, 'Luas' dengan Harga Terjangkau

Dengan kamera belakang 50 MP serta memori hingga 16GB, seri SPARK 10 siap bersaing dengan HP entry level lain

TECNOTECNO baru saja memperkenalkan dua smartphone entry level mereka, yaitu SPARK 10 NFC dan SPARK 10 Pro NFC. Fitur utama yang ditawarkan oleh smartphone dari seri SPARK 10 ini adalah ruang penyimpanan internalnya yang luas serta kamera depan dan belakang yang Glowing.

SPARK 10 NFC

Kedua seri SPARK 10 NFC Series ini dilengkapi dengan kamera belakang 50 MP yang didukung oleh mode ASD dan teknologi 3D LUT, yang bisa mengarahkan posisi alami, yang disesuaikan dengan warna kulit.

Salah satu perbedaan paling kentara, selain di desain adalah kamera depan. SPARK 10 NFC punya kemare depan 8MP saja, sedangkan varian SPARK 10 PRO NFC hadir dengan kamera depan 32MP.

Untuk keperluan fotografi malam, SPARK 10 dan SPARK 10 Pro bisa menghasilkan gambar yang lebih jelas dengan Smart Super Night Filters, Super Night Algorithm, dan Dual Flash Light.

SPARK 10 PRO NFC

Seri SPARK 10 PRO NFC dibekali dengan kamera depan 32 MP yang lebih kuat, untuk menangkap setiap momen-momen indah. Dengan fitur smart focus, pengguna tidak perlu khawatir ketika momen tersebut datang secara tiba-tiba.

Selain itu, seri ini juga dilengkapi mode Beauty, AR Stickers, HDR, dan efek Bokeh serta mode sinematografi unik ketika digunakan untuk merekam video.

Kebutuhan swafoto juga sanggup dipuaskan dengan kamera depan 32 MP berteknologi 4-in-1 HW Remosaic. Dengan ukuran piksel 0,8um menjadi ukuran piksel lebih besar 1,6um dan sensitivitas area piksel yang bisa ditingkatkan hingga 400%, memungkinkan kamera ini dapat menangkap detail yang lebih baik saat mengambil gambar.

Dan untuk memastikan pengguna untuk mendapatkan selfie yang sempurna, terdapat fitur Dual Flash Light yang intesitas cahayanya bisa diatur hingga tiga tingkatan.

Memori dan Prosesor

Seri SPARK 10 memberikan sebuah HP dengan memori yang besar, untuk kegiatan multitasking tanpa delay. Dengan teknologi Memory Fusion, RAM bisa ditingkatkan hingga 16 GB. Untuk dapur pacu sendiri, SPARK 10 NFC menggunakan MediaTek Helio G37 sebagai otak dari komputasi perangkat.

Sedangkan untuk prosesor seri SPARK 10 Pro sudah menggunakan MediaTek Helio G88 untuk mendukung performa gaming yang baik dan responsif. Selain itu, terdapat fitur MediaTek HyperEngine 2.0, yang didukung oleh Algoritma GameTurbo dari TECNO, untuk pengalaman bermain game yang maksimal.

Software HiOS 12.6 yang dikombinasikan dengan Android 13 akan membuat pengalaman menggunakan SPARK 10 semakin sempurna.

Baterai dan Layar

Kedua seri SPARK 10 menggunakan baterai 5000mAh, dengan kemampuan pengisian cepat 18W. Dengan begitu, TECNO menjamin masa pakai baterai yang lebih tahan lama bahkan dalam penggunaan berat.

Untuk ukuran layar sendiri ada sedikit perbedaan, SPARK 10 hadir dengan 6.56 inci HD+ dengan dukungan refresh rate sampai 90Hz, Sedangkan untuk varian SPARK 10 PRO hadir dengan ukuran layar sebesar 6,78" FHD+ dan refresh rate 90Hz untuk kenyamanan, lalu dikombinasikan dengan layar beresolusi sangat tinggi dan warna DCI-P3, yang mampu membangun pengalaman visual yang imersif selama memakai ponsel.

NFC yang hadir di kedua perangkat

Baik TECNO Spark 10 maupun 10 Pro keduanya telah dilengkapi dengan NFC. Fitur ini dijelaskan pihak TECNO merupakan fitur yang dibutuhkan oleh pengguna. Kebutuhan untuk kemudahan mengisi e-money adalah salah satu yang ingin diberikan dari perangkat TECNO terbaru ini.

Dengan hadirnya NFC, perangkat entry level terbaru TECNO ini bisa menjadi alternatif, karena biasanya untuk perangkat entry level yang 'murah' fitur ini belum tersedia.

Harga dan Ketersediaan TECNO SPARK 10 NFC Series

SPARK 10 NFC dengan varian 4+4GB/128GB akan dibanderol seharga Rp1,699,000. Untuk seri ini, TECNO hanya mengeluarkan satu varian saja. Sedangkan untuk SPARK 10 Pro NFC, akan tersedia dalam dua varian, yaitu varian 8+8GB/128GB dengan harga Rp2.099.000,-, dan varian 8+8GB/256GB dengan harga Rp2.399.000,-

Untuk waktu pembelian, TECNO akan membuka program spesial. Akun resmi TECNO di Shopee akan membuka tahap Pre-Order untuk SPARK 10 Pro NFC secara eksklusif mulai tanggal 3-12 April 2023. Konsumen yang memesan melalui cara ini berkesempatan untuk mendapatkan voucher senilai Rp50 ribu, serta ShopeePay Later 0% hingga 6 bulan dengan total benefit hingga Rp350.000,-.

Setelah itu, Penjualan perdana SPARK 10 Pro NFC secara offline akan dimulai pada tanggal 13 April 2023 di Erafone Store. Produk juga bisa dibeli di berbagai marketplace seperti Shopee, Lazada, Akulaku, dan Tiktok Shop.

Sedangkan untuk seri SPARK 10 NFC, penjualan pertama baru akan dimulai pada 25 April 2023. Informasi lebih lanjut akan diumumkan melalui media sosial TECNO Indonesia.

SPARK 10 NFC tersedia dengan varian warna Meta Black, Meta Blue, dan Meta White, lalu untuk SPARK 10 Pro NFC dengan warna Starry Black dan Pearl White.