Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

TeamNXL Tunjuk CCO dan COO Baru Untuk Fokus Kembangkan Bisnis

7 October 2020Akbar Priono

Yohanes Auri, founder Flux Design/Idenya Flux mengisi posisi Chief Commercial Officer, sementara Henry Louis "TwoJ" mengisi posisi Chief Operation Officer.

Tanggal 4 Oktober 2020 lalu, TeamNXL,mengumumkan penunjukkan YohanesAuri sebagai pengisi posisi Chief Commercial Officer (CCO) di dalam manajemen organisasi. Yohanes Auri sendiri merupakan salah satu sosok pengusaha muda ternama, yang merupakan founder dari advertising/digital agency Flux Design dan Idenya Flux. Selain itu, TeamNXL sebelumnya juga sempat menunjuk Henry Louis “TwoJ”, ex-pro player League of Legends, untuk mengisi posisi Chief Operating Officer (COO) di dalam tubuh manajemen TeamNXL.

Mengutip blog post resmi TeamNXL, alasan penunjukkan dua sosok tersebut sebagai bagian manajemen adalah merupakan salah satu bentuk proses perubahan TeamNXL dari sekadar tim hobi menjadi bisnis. “15 tahun belakangan, saya menjalani ini semua (TeamNXL) sebagai hobi yang berkelanjutan. Kini, menimbang posisi esports yang sudah menjadi industri, saya merasa penting untuk shifting TeamNXL dari sekadar hobi menjadi bisnis. Dengan pengalaman yang ada sebagai pelaku selama ini, kami ingin menjalankan model bisnis yang kami rancang bersama-sama.” Tulis RichardPermana selaku Founder dan CEO TeamNXL di blog post .

Dalam rilis TeamNXL menjelaskan bahwa salah satu tugas Yohanes Auri selaku CCO adalah untuk mengatur sisi kreatif untuk setiap brand yang akan bekerja sama dengan TeamNXL.  Yohanes Auri adalah salah satu sosok pengusaha muda, yang namanya mendapat cukup banyak sorotan dalam prosesnya membangun Flux Design/Idenya Flux. Dalam 5 tahun, Yohanes Auri berhasil membangun bisnisnya dari sekadar “usaha di kamar tidur” menjadi perusahaan dengan omset miliaran rupiah.

Tercatat, Yohanes Auri bersama Idenya Flux sempat menangani beberapa rekan ternama seperti Sriwijaya Air, AIA, Siloam Hospital, Delfi, dan sebagainya. “Pertama saya mau branding TeamNXL agar dapat lebih diterima oleh kalangan gamers mobile. Dahulu TeamNXL terkenal di skena PC, sementara sekarang pasar gaming ada di mobile. Saya akui TeamNXL sekarang agak ketinggalan, jadi tugas saya adalah untuk meningkatkan brandimage TeamNXL agar dapat lebih diterima oleh gamersmobile. Kedua, saya juga akan coba membawa TeamNXL ke beberapa brand yang sudah pernah saya pegang via Idenya Flux.” Yohanes Auri menjabarkan sedikit strateginya untuk mengembangkan TeamNXL ke depan.

Sementara dari sisi lain, Henry Louis selaku COO akan fokus kepada aspek bisnis dari TeamNXL, termasuk strategi dalam membangun revenuestream, memperhatikan perkembangan tim, dan lain sebagainya. Dalam blog post, ditulis bahwa Henry Louis memiliki 2 target untuk mengembangkan TeamNXL, yaitu membangun divisi mobilegames yang benar-benar kuat, dan merekrut lebih banyak talent agar NXL semakin banyak dilirik.

Sumber: Garena Indonesia
Henry Louis “TwoJ” atau akrab disapa Juju (tengah memegang Piala), mantan pemain profesional League of Legends Indonesia yang sempat bermain bersama tim Fortius, kini mengemban kewajiban sebagai Chief Operation Officer dari TeamNXL | Sumber: Garena Indonesia

“Jadi TeamNXL nantinya tidak hanya menjadi sebuah tim esports, tapi juga talentagency. Untuk itu, saya sudah merekrut talent yang cukup besar, bisa dibilang cukup famous, dan kami merasa beruntung mendapatkan dia sebagai bagian dari TeamNXL.” Ucap Henry membahas strateginya seraya memberi sedikit bocoran soal apa yang sudah ia lakukan sejauh ini.

“Lebih lanjutnya, soon akan kami kerjakan tahun 2021. Sebagai awal yang baru bagi TeamNXL, kami tentu harus mempersiapkan lebih dulu plan marketing, dan hal lainnya. Tapi kalau untuk short-term, bisa dapat sponsor dan investment menjadi salah satu target utama.” Henry juga menjelaskan soal bagaimana ia akan mencapai dua target yang disebutkan sebelumnya.”

Nama TeamNXL memang terbilang cukup besar di Indonesia, terutama jika melihat rekam jejak prestasi mereka dalam sejarah esports Counter-Strike Indonesia. Namun demikian, nama TeamNXL terbilang meredup saat ada perubahan tren di skena esports lokal, dari PC menjadi mobile games. Tahun 2019 lalu, TeamNXL membuka NXL Esports Center, yang menjadi semacam hub bagi pemain esports PC, dan para penggemar TeamNXL.

Play video

3 June 2021

HY ESPORTS

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV