Dark
Light

Tampilan Baru Serta Perubahan Pada Layanan Kenalan di Gmail

1 min read
August 11, 2010

Setelah kabar tentang perubahan pada tampilan Gmail beberapa hari yang lalu, kini Google telah resmi melakukan beberapa perubahan di tampilan Gmail serta perbaikan pada area Kenalan yang ada di Gmail.

Perubahan tampilan yang terjadi antara lain pengelompokkan beberapa area seperti Tulis Surat, Kenalan serta Tugas yang sebelumnya terpisah, kini dikelompokkan di bagian kiri atas dibawah logo Gmail. Selain itu Google juga melakukan perbaikan pada area Kenalan di Gmail, yang merupakan salah satu perkembangan yang cukup banyak diminta oleh pengguna Gmail agar lebih mudah untuk digunakan.

Seperti yang diumumkan lewat blog resmi Google, beberapa perubahan yang dilakukan pada area Kenalan antara lain adalah kemudahan untuk mengurutkan berdasarkan nama belakang kenalan yang ada di Gmail, fitur cara pintas menggunakan papan ketik yang kini bisa dilakukan layaknya layanan Gmail lain, kustomisasi label untuk nomor telepon serta area lainnya, fungsi undo untuk mengembalikan perubahan yang sebelumnya dilakukan, penyimpanan secara otomatis, perubahan area catatan pada kotak kenalan yang kini menjadi lebih besar.

Selain itu Google juga kini menambahkan pilihan untuk menyembunyikan tautan Kenalan serta Tugas dengan melakukan klik pada pilihan dibagian ujung tautan Tulis Surat untuk menjadikannya semacam drop-down menu. Google juga menjelaskan bahwa mereka yang menggunakan Google Apps belum bisa melihat perubahan dari tampilan serta berbagai fitur Kenalan di Gmail ini, tapi mereka juga akan merilis perubahan serupa pada beberapa waktu kedepan.

Apakah perubahan ini telah ada pada akun Gmail Anda? Bagaimana pendapat Anda tentang perubahan yang ada?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

  1. gak suka UI yang baru.

    karena posisi sidebar yang bertahun-tahun gak berubah jadi berubah, saya beberapa kali salah arah kalau mau cek inbox. soalnya biasa kiri paling atas.

    trus lagi, “mark as read” dan teman-temannya, mesti 2 kali klik. padahal sebelumnya cukup sekali klik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Siap-siap Akuisisi Jambool

Next Story

Perkembangan Terbaru dari Disqus: Global Profiles dan Community Box

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan